Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)
Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

INDUSTRY.co.id - Mataram- Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga pekerjaan yang harus diselesaikan.

Pertama pembangunan pelabuhan. Kedua pembangunan jalan dari Bandara Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid ke Mandalika. Ketiga, memperpanjang runway Bandara Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid.

"Ini pekerjaan Menteri PU dan Menhub, sudah saya perintah. Mulai tahun ini, tahun depan Insyaallah selesai," kata Presiden Jokowi di Lingkungan Pengempel Indah, Kelurahan Bertais, Kecamatan Sandubaya, Kota Mataram, Jumat (22/3/2019).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kesiapan Indonesia untuk menyelenggarakan MotoGP tahun 2021 mendatang, di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kesiapan ini, selain organisasi, juga termasuk infrastruktur untuk penyelenggaraan MotoGP 2021 itu.

“Saya sampaikan bahwa kita siap,” tegas Presiden Jokowi kepada wartawan usai menerima menerima Chief Executive Officer (CEO) Dorna, Carmelo Ezpeleta, dan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoer, dan beberapa Pembalap MotoGP, di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3/2019).

Menurut Presiden, kedatangan CEO Dorna itu ingin mendapatkan keyakinan kesiapan Indonesia, baik dalam organisasi maupun infrastruktur menuju ke sana, karena sudah ada tanda tangan kerja sama antara ITDC dan Dorna terkait penyelenggaraan MotoGP 2021 mendatang.

Presiden mengingatkan, menyelenggarakan event sebesar Asian Games yang diikuti peserta dari 35 negara saja kita siap. Karena itu, untuk MotoGP 2021 ini, Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk optimistis. “Kita harus optimis, harus optimis,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan Indonesia siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP 2021. Ini disampaikannya usai bertemu CEO Dorma, Carmelo Ezpeleta dan Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer.

"Saya sampaikan kita siap," kata Jokowi di Istana Presiden, Bogor, Jawa Barat, Senin (11/3).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, Indonesia harus optimis terkait dengan ajang yang akan dilakukan pada 2021 nanti. Sebab Indonesia pernah menyelenggarakan Asian Games yang telah mendatangkan banyak atlet. "Kita harus optimis, harus optimis," ungkapnya.

Jokowi menyebut, diselenggarakan ajang Moto GP tersebut akan menambah manfaat. Manfaat pertama yaitu olahraga dan pariwisata. Dia menilai, sirkuit Moto GP di Mandalika akan menjadi salah satu sirkuit terindah bagi para pembalap.

"Ini berarti kita akan dapat dua kemanfaatan selain olahraga, pariwisata kita juga akan secara brand akan terangkat. Dan Mandalika mendapatkan arena investasi ini," tutupnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Norwegia Apresiasi Cara Indonesia Atasi Sampah Laut

Senin, 04 Juli 2022 - 10:47 WIB

Hebat! Norwegia Apresiasi Cara Indonesia Atasi Sampah Laut

Lisbon- Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan komitmennya dalam mengurai permasalahan sampah di laut, salah satunya dengan merilis program Bulan Cinta…

Jalan Alternatif Lingkar Timur Kuningan

Senin, 04 Juli 2022 - 10:46 WIB

Jalan Alternatif Lingkar Timur Kuningan Selesai Dibangun, Kurangi Kemacetan Ruas Cirebon-Kuningan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan sepanjang 7,24 kilometer (km) di Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

MG 5 GT Menarik Perhatian Masyarakat di GIIAS Surabaya

Senin, 04 Juli 2022 - 10:43 WIB

GIIAS Talk Ajang Inspirasi Pegiat Sektor Otomotif

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) akan kembali dilaksanakan pada semester kedua 2022 ini di empat kota strategis di Indonesia, yaitu BSD City - Tangerang, Surabaya, Medan, dan…

Saat melepas tim relawan, Direktur Polbangtan Malang, Setyabudi Udrayana berpesan agar dapat menjalankan tugas dengan baik

Senin, 04 Juli 2022 - 10:34 WIB

Tangani PMK di Tulungagung, Kementan Turunkan Tim Relawan

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjamin pelaksanaan kegiatan Iduladha akan berjalan aman dan lancar meski di tengah wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak…

 Elnusa Petrofin Gelar Khitanan Massal untuk Anak-anak di Pontianak

Senin, 04 Juli 2022 - 10:30 WIB

Ulang Tahun ke 26, Elnusa Petrofin Gelar Khitanan Massal untuk Anak-anak di Pontianak

PT Elnusa Petrofin Anak Usaha PT Elnusa Tbk (ELSA) melalui Petrofin Peduli kembali menggelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka rangkaian Syukuran Hari Ulang Tahun Perusahaan…