BI Dukung Akselerasi Perekonomian Provinsi Kepri melalui Penguatan Potensi Sektor Unggulan​

Oleh : Wiyanto | Jumat, 22 Maret 2019 - 15:33 WIB

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi Indonesia

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mendukung akselerasi perekonomian Kepulauan Riau (Kepri) melalui penguatan potensi sektor unggulan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"BI memandang terdapat 3 (tiga) potensi prioritas yang dapat dikembangkan di Provinsi Kepri" demikian lansir Bank Indonesia di Jakarta, Jumat (22/3/2019)

Pertama, pengembangan industri pariwisata di Provinsi Kepri yang saat ini masuk sebagai tiga besar pintu masuk wisatawan mancanegara ke Indonesia. Langkah yang dapat dilakukan antara lain dengan mendorong peningkatan length of stay dan pengeluaran wisatawan mancanegara. Kedua, memaksimalkan potensi maritim Provinsi Kepri mencakup industri perkapalan, pelayaran, perikanan, dan pariwisata Bahari. Ketiga, penguatan sumber daya manusia yang mendukung pengembangan sektor unggulan. Demikian disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi, dalam serah terima jabatan (sertijab) Kepala Perwakilan BI Provinsi Kepri hari ini (22/03) di Batam. Sertijab dilakukan kepada Fadjar Marjadi, sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi Kepri yang baru, menggantikan Gusti Raizal Eka.

Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, Bank Indonesia senantiasa melakukan langkah-langkah penguatan peran Kantor Perwakilan Bank Indonesia. Pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri tahun 2018 sebesar 4,56% (yoy), menguat dibandingkan tahun 2017 yang tumbuh sebesar 2,00% (yoy). Peningkatan kinerja ekonomi Provinsi Kepri terutama ditopang oleh konsumsi rumah tangga yang tumbuh menguat serta meningkatnya kinerja ekspor migas Provinsi Kepri. Sementara itu, secara sektoral pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri ditopang oleh kinerja lapangan usaha industri pengolahan, lapangan usaha perdagangan dan lapangan usaha pertambangan penggalian.

Lebih lanjut, Rosmaya Hadi menyampaikan 4 (empat) pesan kepada Pimpinan BI Provinsi Kepri yang baru. Pertama, pimpinan BI Provinsi Kepri yang baru diharapkan dapat meneruskan dan meningkatkan kontribusi Bank Indonesia di daerah, menjalankan peran sebagai strategic advisor yang kredibel dan andal, dan meningkatkan sinergi. Kedua, memperkuat peran Bank Indonesia dalam memenuhi kebutuhan uang Rupiah di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu, dan dalam kondisi yang layak edar. Ketiga, mendukung pengembangan sektor riil secara konsisten dan berkelanjutan dan mendukung penurunan defisit transaksi berjalan. Keempat, senantiasa menerapkan prinsip-prinsip good governance.

Pesan-pesan tersebut menjadi bekal bagi pimpinan baru BI Kepri dalam mengemban amanah, menjalankan peran dan tugas BI di daerah secara optimal di tengah berbagai tantangan, antara lain peningkatan nilai tambah serta menurunkan biaya logistik di industri pengolahan, mendorong berkembangnya industri melalui pemberian kemudahan perizinan dan insentif fiskal, dan konektivitas di wilayah Kepri yang berbentuk kepulauan. Ke depan, BI akan senantiasa mengoptimalkan peran tugasnya guna menata sekaligus memperkuat peran kantor Bank Indonesia di daerah dengan memperhatikan perkembangan, tantangan, dan potensi ekonomi di wilayah setempat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:57 WIB

Usai Pemilu Investor Didorong Lirik 10 Saham Pilihan

Jakarta - Mengawali pekan pertama paska perhelatan besar pemilu, kondisi kepastian yang mulai terbentuk akan menjadi salah satu faktor pendorong untuk kembali naiknya IHSG hingga beberapa waktu…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:32 WIB

Awal Pekan IHSG Bertahan di Atas 6500

Jakarta - Pergerakan IHSG secara teknikal cenderung membentuk pola bearish counter attack dengan indikasi kembali mengalami konsolidasi cenderung tertekan diarea level psikologis 6500.

Kapal Ternak (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 05:37 WIB

Kapal Ternak Sebagai Wujud Implementasi Program Tol Laut

Jakarta, Pemerintah telah mencanangkan program Nawa Cita salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dengan implementasi Program Tol Laut yang secara umum dilatarbelakangi…

Sekjen Kementan Syukur Iwantoro di MIA Expo

Senin, 22 April 2019 - 05:28 WIB

MIA Percepat Tumbuhkan Generasi Petani Melenial

Jakarta - Masa depan sektor pertanian sangat bergantung dengan generasi muda Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) siap untuk memfasilitasi dan mendukung para agropreneur muda…

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…