BMKG: Gelombang Laut Laut Sawu NTT Diprediksi Capai 3,5 Meter

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 Maret 2019 - 04:44 WIB

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)
Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

INDUSTRY.co.id - Kupang- Badan Meteorologi, Klimatologi dan dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi yang terjadi pada beberapa wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini, akibat siklon tropis Veronika (Tropical Syclon Veronika).

"Gelombang tinggi di perairan NTT saat ini karena tekanan rendah yang terbentuk di Laut Sawu beberapa hari lalu, bergerak ke wilayah selatan dan sekarang menjadi siklon tropis Veronika," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun El Tari Kupang, Ota Welly Jenni Thalo kepada Antara di Kupang, Kamis (21/3/2019)


Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan adanya gelombang tinggi yang terjadi di sejumlah wilayah perairan laut di provinsi berbasis kepulauan itu, selama dua hari terakhir ini.

Menurut dia, gelombang tinggi di wilayah Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Timur, Selatan Sumba, Laut Sawu pada Minggu (24/3/2019) bisa mencapai 3,5 meter.

Sedangkan untuk wilayah perairan laut Samudra Hindia selatan NTT, tinggi gelombang mencapai 5.0 meter, katanya.

Selain itu, potensi gelombang setinggi 1,5-2,5 meter juga terjadi di wilayah perairan Laut Timor selatan NTT, Selat Sape, perairan laut selatan Kupang, Pulau Rote dan Selat Sumba.

Dengan kondisi gelombang laut yang cukup tinggi dibeberapa wilayah perairan laut di NTT, maka BMKG mengimbau masyarakat, untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayanan pada moda transportasi.

"Khususnya bagi nelayan dan kapal-kapal yang beraktivitas di sekitar wilayah yang berpotensi mengalami gelombang tinggi," katanya menambahkan.

General Manager ASDP Indonesia Fery Cabang Kupang, Burhan Zahim secara terpisah mengatakan, pihaknya telah menghentikan sementara pelayaran, terutama yang melintasi wilayah perairan laut Sawu. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk, Maryono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 23:25 WIB

Hingga 31 Maret 2019, Bank BTN Salurkan Kredit Bernilai Total Rp242 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau Bank BTN hingga 31 Maret 2019 menyalurkan kredit dan pembiayaan sebesar Rp242,13 triliun, tumbuh 19,57% dibandingkan posisi hingga akhir 31 Maret 2018…

Rektor Universitas Muhammadiyah, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M (ketiga dari kiri) dan Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman (ke empat dari kiri)

Selasa, 23 April 2019 - 22:31 WIB

Direksi Telkom Berbagi Inspirasi dengan 3.000 Mahasiswa di Palembang

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Kementerian BUMN hadir memberikan inspirasi dan motivasi di depan sekitar 3.000 mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Palembang. 

GIICOMVEC ajang pameran kendaraan niaga siap hadir menyapa masyarakat di 2020

Selasa, 23 April 2019 - 22:15 WIB

Siap-siap Pameran Kendaraan Niaga Kembali Hadir

Pameran Business to Business (B2B), GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan berlangsung untuk kedua kalinya pada 5 hingga 8 Maret 2020, di Jakarta Convention…

Direktur Utama Finnet, Bona L. Parapat.

Selasa, 23 April 2019 - 21:09 WIB

Selaraskan Program Kementerian BUMN, Finnet Luncurkan Logo dan Tagline Baru

Finnet, salah satu entitas bisnis Telkom Group, meluncurkan logo baru Finnet dan Finpay di Hotel Alana, Yogjakarta, Selasa (23/04/2019). Kegiatan yang digelar bersamaan dengan gathering bersama…

Konferensi pers Grand Opening John Robert Powers Menara Astra Sudirman

Selasa, 23 April 2019 - 21:00 WIB

Pindah ke Menara Astra, John Robert Powers Indonesia Tawarkan Dua Program Baru

Sekolah kepribadian John Robert Powers (JRP) Indonesia hari ini resmi memindahkan kantor pusatnya dari Lippo Kuningan ke Menara Astra, Sudirman, Jakarta. Pemindahan kantor itu bertujuan untuk…