Buka Pameran IndoBuildTech, Darmin Tekankan Sertifikasi Profesi untuk Bersaing di Kancah Global

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 21 Maret 2019 - 12:53 WIB

Menko Perekonomian Darmin Nasution buka pameran IndoBuildTech Expo 2019
Menko Perekonomian Darmin Nasution buka pameran IndoBuildTech Expo 2019

INDUSTRY.co.id, Tangerang - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution hari ini, Kamis (21/3/2019) resmi membuka pameran IndoBuildTech Expo 2019 di ICE BSD City. 

Ia juga menyampaikan program sertifikasi menjadi bekal yang penting bagi para pekerja tenaga konstruksi tanah air untuk bersaing dikancah global.

"Presiden kemudian juga menyampaikan setelah fokus lima tahun membangun infrastruktur, ingin melengkapinya dengan pembangunan kapasitas SDM,"  ujarnya.

Sejak tahun 2016, pemerintah telah menetapkan 223 proyek dan 3 program strategis nasional. Hasilnya hingga saat ini adalah ada sebanyak 62 proyek dengan total nilai investasi Rp 320 triliun yang telah dibangun dan beroperasi penuh. 

"Infrastruktur diperlukan untuk meningkatkan konektivitas antar wilayah yang dapat memperkuat sistem logistik nasional sehingga dampak ekonomi dapat segera dirasakan," kata Darmin.

Tapi tidak hanya itu, bagi Darmin pembangunan infrastruktur juga mampu mengintensifkan berbagai kegiatan ekonomi dan dapat melahirkan transformasi ekonomi. Setelah fokus pada pembangunan infrastruktur, Pemerintah pun akan meningkatkan kapasitas SDM yang ditargetkan akan terlaksana secara penuh pada tahun 2020. 

Untuk itu, guna mempercepat pembangunan infrastruktur dan sekaligus mendukung kebijakan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), maka perlu didorong pengembangan dan penguatan industri konstruksi dalam negeri sehingga diharapkan dapat mengurangi ketergantungan kita pada bahan baku impor.

Pada acara pameran IndoBuildTech Expo di ICE BSD, Tangeran, Banten, terdapat penyerahan sertifikat ahli bidang konstruksi kepada 3.000 orang yang mayoritas merupakan anak kuliah.

Darmin berpesan kepada 3.000 orang yang telah disertifikasi sebagai tenaga kerja ahli konstruksi agar dapat memanfaatkan sertifikatnya dalam berkarya di bidang konstruksi. 

Sementara kepada 500 orang yang akan disertifikasi selama 5 hari ini, diharapkan dapat memanfaatkan peluang sertifikasi gratis yang disediakan oleh negara dengan sebaik-baiknya. 

Kemudian, kepada asosiasi profesi yang menjadi naungan bagi tenaga ahli konstruksi, Mantan Gubernur Bank Indonesia ini pun berharap agar melakukan peningkatan kapasitas anggota secara berkelanjutan, di antaranya melalui pembentukan lembaga pelatihan konstruksi.

"Acara ini patut diacungi jempol. Kementerian PUPR dan berbagai lembaga menjadi bagian dalam upaya pembangunan secara menyeluruh. Kita harus optimistis dan tetap percaya pada proses pembangunan Indonesia yang lebih baik," ujar dia.

Hadir dalam kesempatan ini antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin, perwakilan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional/Provinsi, perwakilan Asosiasi Profesi Bidang Konstruksi, perwakilan Kementerian/Lembaga terkait, dan Pemerintah Daerah setempat.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk, Maryono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 23:25 WIB

Hingga 31 Maret 2019, Bank BTN Salurkan Kredit Bernilai Total Rp242 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau Bank BTN hingga 31 Maret 2019 menyalurkan kredit dan pembiayaan sebesar Rp242,13 triliun, tumbuh 19,57% dibandingkan posisi hingga akhir 31 Maret 2018…

Rektor Universitas Muhammadiyah, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M (ketiga dari kiri) dan Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman (ke empat dari kiri)

Selasa, 23 April 2019 - 22:31 WIB

Direksi Telkom Berbagi Inspirasi dengan 3.000 Mahasiswa di Palembang

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Kementerian BUMN hadir memberikan inspirasi dan motivasi di depan sekitar 3.000 mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Palembang. 

GIICOMVEC ajang pameran kendaraan niaga siap hadir menyapa masyarakat di 2020

Selasa, 23 April 2019 - 22:15 WIB

Siap-siap Pameran Kendaraan Niaga Kembali Hadir

Pameran Business to Business (B2B), GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan berlangsung untuk kedua kalinya pada 5 hingga 8 Maret 2020, di Jakarta Convention…

Direktur Utama Finnet, Bona L. Parapat.

Selasa, 23 April 2019 - 21:09 WIB

Selaraskan Program Kementerian BUMN, Finnet Luncurkan Logo dan Tagline Baru

Finnet, salah satu entitas bisnis Telkom Group, meluncurkan logo baru Finnet dan Finpay di Hotel Alana, Yogjakarta, Selasa (23/04/2019). Kegiatan yang digelar bersamaan dengan gathering bersama…

Konferensi pers Grand Opening John Robert Powers Menara Astra Sudirman

Selasa, 23 April 2019 - 21:00 WIB

Pindah ke Menara Astra, John Robert Powers Indonesia Tawarkan Dua Program Baru

Sekolah kepribadian John Robert Powers (JRP) Indonesia hari ini resmi memindahkan kantor pusatnya dari Lippo Kuningan ke Menara Astra, Sudirman, Jakarta. Pemindahan kantor itu bertujuan untuk…