Festival Tambora NTB Diselenggarakan 1-11 April

Oleh : Herry Barus | Kamis, 21 Maret 2019 - 13:00 WIB

Festival Tambora NTB (Foto Dok Industry.co.id)
Festival Tambora NTB (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Mataram- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali menggelar Festival Tambora pada 1-11 April 2019.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal di Mataram, Rabu (20/3/2019) mengatakan Festival Pesona Tambora ini merupakan pelaksanaan ke lima yang masuk dalam 100 kalender Wonderful Indonesia dari Kementerian Pariwisata.

"Kegiatan ini kita gelar untuk memperingati peristiwa meletusnya Gunung Tambora yang terjadi pada 11 April 1815," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk tema besar kali ini, yakni Dunia Menyapa Tambora.

"Jadi bukan Tambora menyapa dunia saat pertama kali di gelar pada 2015, tapi sekarang dunia menyapa Tambora," ucap Faozal, usai rapat koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kota di Pulau Sumbawa. Termasuk, dengan sejumlah pihak yang terlibat untuk menyukseskan kegiatan tersebut.

Menurut dia, kegiatan itu akan melibatkan seluruh kabupaten/kota di Pulau Sumbawa. Adapun rangkaian event tersebut, dimulai 2-3 April dengan kegiatan 'Semalam Dalama Loka' yang diselenggarakan di Kabupaten Sumbawa. Mantar Festival tanggal 6-7 di Kabupaten Sumbawa Barat. Tanggal 6-8 "Lawata Festival" di Kota Bima dan tanggal 7-11 "Teka Tambora di Bima dan Dompu di lokasi venue," ujarnya.

Selanjutnya, tanggal 8-11 'Festival Geopark Tambora I' di Bima dan Dompu serta diikuti oleh festival lainnya seperti 'Lanud Zam Tambora Golf Tounament' di Gec Rinjani Golf dan Lombok Golf Kasaido Country, kemudian 'Tambora Coulor Run' di kantor Bupati Dompu, tanggal 11 'Puncak Acara Fetival Tambora' di Doro Ncanga Bima, tanggal 02-30 juga dilaksanakan 'Taman Nasional Gunung Tambora' di Tambora dan terakhir 'Pacuan Kuda' di Dompu.

"Kita harap berlangsungnya acara ini, dapat meningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan ekonomi kreatif yang tentunya juga berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat itu sendiri," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:57 WIB

Usai Pemilu Investor Didorong Lirik 10 Saham Pilihan

Jakarta - Mengawali pekan pertama paska perhelatan besar pemilu, kondisi kepastian yang mulai terbentuk akan menjadi salah satu faktor pendorong untuk kembali naiknya IHSG hingga beberapa waktu…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:32 WIB

Awal Pekan IHSG Bertahan di Atas 6500

Jakarta - Pergerakan IHSG secara teknikal cenderung membentuk pola bearish counter attack dengan indikasi kembali mengalami konsolidasi cenderung tertekan diarea level psikologis 6500.

Kapal Ternak (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 05:37 WIB

Kapal Ternak Sebagai Wujud Implementasi Program Tol Laut

Jakarta, Pemerintah telah mencanangkan program Nawa Cita salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dengan implementasi Program Tol Laut yang secara umum dilatarbelakangi…

Sekjen Kementan Syukur Iwantoro di MIA Expo

Senin, 22 April 2019 - 05:28 WIB

MIA Percepat Tumbuhkan Generasi Petani Melenial

Jakarta - Masa depan sektor pertanian sangat bergantung dengan generasi muda Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) siap untuk memfasilitasi dan mendukung para agropreneur muda…

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…