Dorong Tumbuhnya SDM Kompeten, Toyota Fokus Kembangkan Kurikukum Vokasi Industri

Oleh : Ridwan | Selasa, 19 Maret 2019 - 10:05 WIB

Ilustrasi Toyota
Ilustrasi Toyota

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Toyota Indonesia turut mendukung program pemerintah dalam mengembangkan dan menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di sektor industri.

Dalam hal ini, Toyota Indonesia menyumbang mobil dan mesin masing-masing 5 unit kepada Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Sumbangan tersebut diberikan untuk alat bantu praktikum pendidikan kepada 5 SMK binaan Toyota dalam serangkaian program pendidikan vokasi industri dari Kemenperin di wilayah Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Tengah, hingga Jawa Barat.

Selain itu, Toyota juga memberikan kontribusinya kepada para pengajar melalui penyerahan simbolik sertifikasi "Peningkatan Profesionalitas Guru" kepada 30 guru dari 6 SMK yang menjadi sekolah binaan Toyota di Jawa Barat.

Selain menghibahkan alat peraga pendidikan dan paket peningkatan profesionalitas guru, Toyota Indonesia akan fokus pada pengembangan kurikulum untuk bisa diadopsi oleh sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam rangka penguatan pendidikan vokasi industri.

Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengatakan bahwa kurikulum pendidikan yang saat ini tersedia di Akademi Komunitas Toyota Indonesia (AKTI) akan dikembangkan untuk bisa diadopsi oleh SMK.

"Ke depannya, pengembangan kurikulum akan menjadi fokus kami," ujar Bob dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (18/3).

Bob menjelaskan bahwa adopsi kurikulum pendidikan Toyota oleh SMK binaan akan membuat para lulusannya mendapatkan pembekalan keterampilan yang kekinian sehingga dapat langsung diserap oleh dunia kerja. 

"Langkah ini menjadi bagian dari konsistensi Toyota Indonesia memberikan dukungan terhadap program pemerintah dalam mengembangkan kompetensi SDM," terang Bob.

Pengembangan vokasi untuk menghadapi revolusi industri 4.0 menjadi perhatian khusus pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan SDM berkualitas dalam mencapai industri dalam negeri yang berdaya saing tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:57 WIB

Usai Pemilu Investor Didorong Lirik 10 Saham Pilihan

Jakarta - Mengawali pekan pertama paska perhelatan besar pemilu, kondisi kepastian yang mulai terbentuk akan menjadi salah satu faktor pendorong untuk kembali naiknya IHSG hingga beberapa waktu…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:32 WIB

Awal Pekan IHSG Bertahan di Atas 6500

Jakarta - Pergerakan IHSG secara teknikal cenderung membentuk pola bearish counter attack dengan indikasi kembali mengalami konsolidasi cenderung tertekan diarea level psikologis 6500.

Kapal Ternak (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 05:37 WIB

Kapal Ternak Sebagai Wujud Implementasi Program Tol Laut

Jakarta, Pemerintah telah mencanangkan program Nawa Cita salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dengan implementasi Program Tol Laut yang secara umum dilatarbelakangi…

Sekjen Kementan Syukur Iwantoro di MIA Expo

Senin, 22 April 2019 - 05:28 WIB

MIA Percepat Tumbuhkan Generasi Petani Melenial

Jakarta - Masa depan sektor pertanian sangat bergantung dengan generasi muda Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) siap untuk memfasilitasi dan mendukung para agropreneur muda…

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…