Siloam Hospitals Buton Gelar Diskusi Sayangi Ginjal Anda

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 Maret 2019 - 16:00 WIB

dr Denny Emilius Resident Medical Officer Siloam Hospotal Buton (Foto Dok Industry.co.id)
dr Denny Emilius Resident Medical Officer Siloam Hospotal Buton (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Buton-Hidup sehat saat ini sudah merupakan tren di kalangan umum Urban, banyak keuntungan yang bisa diperoleh khususnya untuk menjaga kesehatan organ organ tubuh. Salah satu penyakit kronis yang kerap diderita kaum urban adalah ginjal kronis, yang merupakan salah satu masalah kesehatan global.

Penyebab paling umum dari penyakit ginjal adalah diabetes dan hipertensi yang timbul dari gaya hidup yang malas bergerak, perubahan diet atau kebiasaan pola makan yang salah dan bertambahnya usia.

"Sayangi Ginjal Anda" Merupakan sub tema dari media gathering yang diadakan Siloam Hospitals Buton, kota Bau Bau Sulawesi Tenggara dalam rangka hari ginjal sedunia pada tanggal 14 Maret 2019, yang dibawakan oleh dr Denny Emilius selaku Resident Medical Officer.

Lebih dalam dijelaskan oleh dr Denny pembahasan materi ini yaitu mengenai pentingnya menjaga fungsi ginjal dan mengontrol tekanan darah dan diabetes dalam mencegah progresivitas kerusakan pada ginjal.

"Untuk mencegah penyakit yang menyebabkan kerusakan organ tubuh setiap orang mulai kini harus sadar akan makanan sehat dan pentingnya rutin berolahraga,"sarannya, Minggu (17/3/2019)

"Kasus pasien gagal ginjal meningkat seiring berjalannya waktu setiap bulan muncul 4 sampai 5 kasus yang mana sampai saat ini ada ratusan pasien yang terdiagnosa mengalami gagal ginjal, dan puluhan pasien (40) yang melakukan cuci darah rutin setiap bulannya di SHBN", tambahnya.

Pemicunya disebabkan oleh faktor tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dan penggunaan obat-obatan jangka panjang yang bersifat nefrotoksik. Serta adanya faktor bawaan yang sudah lanjut usia dan adanya kista pada ginjal, bahkan genetik.

Gejala yang timbul pada umumnya saat pasien datang ke rumah sakit dengan kondisi sesak nafas, muntah-muntah, bengkak pada pergelangan kaki, serta didapatkan anemis atau kadar HB menurun, kemudian diikuti dengan hasil pemeriksaan ureum dan kreatin yang menunjukkan ke arah fungsi ginjal yang menurun, jelasnya.

“Untuk itu kami (SHBN) ikut berperan dalam melakukan pencegahan yaitu; seperti melakukan penyuluhan mengenai pentingnya menjaga ginjal dan pentingnya untuk rutin memeriksakan diri ke dokter dalam mengevaluasi fungsi ginjal, “pungkas dr Denny.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk, Maryono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 23:25 WIB

Hingga 31 Maret 2019, Bank BTN Salurkan Kredit Bernilai Total Rp242 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau Bank BTN hingga 31 Maret 2019 menyalurkan kredit dan pembiayaan sebesar Rp242,13 triliun, tumbuh 19,57% dibandingkan posisi hingga akhir 31 Maret 2018…

Rektor Universitas Muhammadiyah, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M (ketiga dari kiri) dan Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman (ke empat dari kiri)

Selasa, 23 April 2019 - 22:31 WIB

Direksi Telkom Berbagi Inspirasi dengan 3.000 Mahasiswa di Palembang

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Kementerian BUMN hadir memberikan inspirasi dan motivasi di depan sekitar 3.000 mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Palembang. 

GIICOMVEC ajang pameran kendaraan niaga siap hadir menyapa masyarakat di 2020

Selasa, 23 April 2019 - 22:15 WIB

Siap-siap Pameran Kendaraan Niaga Kembali Hadir

Pameran Business to Business (B2B), GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan berlangsung untuk kedua kalinya pada 5 hingga 8 Maret 2020, di Jakarta Convention…

Direktur Utama Finnet, Bona L. Parapat.

Selasa, 23 April 2019 - 21:09 WIB

Selaraskan Program Kementerian BUMN, Finnet Luncurkan Logo dan Tagline Baru

Finnet, salah satu entitas bisnis Telkom Group, meluncurkan logo baru Finnet dan Finpay di Hotel Alana, Yogjakarta, Selasa (23/04/2019). Kegiatan yang digelar bersamaan dengan gathering bersama…

Konferensi pers Grand Opening John Robert Powers Menara Astra Sudirman

Selasa, 23 April 2019 - 21:00 WIB

Pindah ke Menara Astra, John Robert Powers Indonesia Tawarkan Dua Program Baru

Sekolah kepribadian John Robert Powers (JRP) Indonesia hari ini resmi memindahkan kantor pusatnya dari Lippo Kuningan ke Menara Astra, Sudirman, Jakarta. Pemindahan kantor itu bertujuan untuk…