Lombok NTB Percepat Pemulihan Pariwisata Pascagempa

Oleh : Herry Barus | Senin, 11 Maret 2019 - 19:30 WIB

Pariwisata Lombok
Pariwisata Lombok

INDUSTRY.co.id - Mataram- Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, mempercepat upaya pemulihan setelah gempa bumi agar wisatawan kembali ramai berkunjung ke berbagai destinasi wisata.

"Kami sedang mempercantik diri, dengan melaksanakan penataan objek wisata pascagempa dan yang berada di Pulau Lombok, guna memberikan wajah yang baru kepada wisatawan asing yang berlibur di Lombok," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Barat, Lalu Ahmad Satriadi, di Lombok Barat, Senin.(11/3/2019)

Ia mengatakan pihaknya juga mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan objek wisata agar bersih dari sampah dan membuat destinasi wisata baru.

Dengan begitu, kata Ahmad, diharapkan wisatawan semakin penasaran ingin datang ke Lombok. Misalnya dengan adanya destinasi wisatawan di Sekotong dan air terjun di Narmada.

Ia menambahkan tidak kalah penting juga bagaimana membuat wisatawan mancanegara yang datang merasa nyaman dan aman. "Khususnya pelayanan dan keramahan travel atau pemandu perjalanan dengan memberikan kenyamanan saat menggunakan jasa transportasi dan jasa pemandu perjalanan," ujar Ahmad.

Namun, menurut dia, ada beberapa kendala selain masa pemulihan setelah gempa yang menhadi tantangan kebangkitan pariwisata Lombok Barat, yakni harga tiket pesawat yang masih relatif tinggi.

"Maka kami dinas pariwisata melakukan koordinasi dengan semua pihak. Pariwisata ini bukan milik dinas pariwisata saja. Harapan kami semua terlibat untuk memajukan pariwisata, ucapnya pula.

Sementara itu, General Manager Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Lembar, Erry Ardiyanto  seperti dilansir Antara mengatakan selaku penyedia jasa jepelabuhanan untuk kapal pesiar, pihaknya turut aktif berperan dalam rangka mewujudkan Lombok untuk bangkit kembali.

Pelindo III juga saat ini sedang mempersiapkan fasilitas penunjang lainya berupa dermaga di Terminal Gili Mas sepanjang 300 meter lebih agar kapal pesiar yang membawa wisatawan asing dapat langsung sandar dan dapat menikmati indahnya pemandangan alam di Pelabuhan Lembar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLN Hentikan 11 Proyek Pembangkit Listrik Kapasitas 147 MW

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:27 WIB

Libur Lebaran, PLN Matikan 20 Pembangkit Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan mematikan 20 pembangkit listrik miliknya menyusul adanya potensi penurunan daya listrik di Hari Raya Lebaran.

Saleh Husin Ketua Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:00 WIB

Jelang Pemilihan Rektor UI, Majelis Wali Amanat Bentuk Panitia Penjaringan Kandidat

Guna menjaring kandidat terbaik dalam pemilihan rektor, Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia telah membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor…

BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:58 WIB

Perkuat Layanan dan Bisnis Logistik, BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Nota kesepahaman tersebut berisikan tentang pelayanan kegiatan bongkar muat dan integrasi sistem logistik.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:30 WIB

Sesalkan Aksi Pembakaran Mapolsek Tambelangan, Khofifah Dukung Polri Usut Tuntas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur. Khofifah mendorong Polisi segera memproses hukum siapapun pelaku dan provokator…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:00 WIB

Digelar BCA Autoshow Padang 2019, Pelayanan Kebutuhan pada Kendaraan Bermotor

Inisiatif PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor kembali diwujudnyatakan dalam gelaran BCA Autoshow 2019 pada tanggal 21 Mei…