Lombok-Sumbawa Great Sale Ramadhan Tambah Kunjungan Wisata NTB

Oleh : Herry Barus | Senin, 11 Maret 2019 - 12:00 WIB

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)
Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)

INDUSTRY.co.id - Mataram - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Nusa Tenggara Barat H Rosiady Sayuti mengaku optimistis jika Lombok Sumbawa Great Sale (LSGS) bisa dilaksanakan saat ulan Ramadhan akan menambah kunjungan wisatawan ke Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTB).

Karena itu, pihaknya mendorong penyelenggaraan Lombok Sumbawa Great Sale (LSGS) bisa dilaksanakan saat Ramadhan 2019.

"Kegiatan 'great sale 'yang sudah tradisi ini bisa kita kreasikan, tidak hanya satu bulan dalam setahun, tapi bisa saja waktu lain, katakan lah waktu selama Ramadhan atau usai Ramadhan yang secara tradisi biasanya okupansi hotel turun," katanya di Mataram, Minggu (10/3/2019)

Untuk itu, ia berharap para pelaku wisata di NTB bisa memikirkan bagaimana kegiatan seperti LSGS bisa dilakukan di kawasan Senggigi.

"Yang kita genjot pesona Ramadhan. Karena kalau ditambah dengan great sale saya yakin bisa menambah kunjungan ke sini (NTB)," katanya.

Mantan Kepala Bappeda NTB in, mengaku kesuksesan LSGS tidak hanya berhenti sampai Maret. Namun, diharapkan promo seperti itu dapat terus berlanjut.

"Yang jelas great sale sebulan belum cukup. Jadi saya sarankan 'tenant-tenant' secara mandiri melanjutkan great sale dengan 'branding' lain seperti 'super great sale' lainnya," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal mengakui penyelenggaraan LSGS yang dimulai sejak Januari hingga Maret 2019, berhasil menggairahkan pariwisata di provinsi itu pascagempa.

"LSGS menggerakkan kita dari sisi okupansi hotel dan kegiatan belanja sudah mulai bergairah selama sebulan ini," ujarnya.

Ia mengakui, selama berlangsungnya LSGS, total transaksi yang berhasil dibukukan mencapai Rp10,5 miliar.

"Transaksi ini terjadi di semua tenant yang mengikuti LSGS," kata Faozal.

Faozal menyebutkan, jumlah yang terlibat dalam LSGS ini mencapai 120 tenant. Terdiri atas biro perjalanan wisata, hotel, restoran, pusat kerajinan dan lain-lain.

"Ada peningkatan 50 persen dari jumlah tenant yang mengikuti pelaksanaan LSGS tahun 2018," katanya seperti dilansir Antara.

Meski demikian, Faozal berjanji akan melakukan evaluasi pelaksanaan LSGS 2019 sehingga ke depan pada pelaksanaan LSGS berikutnya bisa lebih baik.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PLN Hentikan 11 Proyek Pembangkit Listrik Kapasitas 147 MW

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:27 WIB

Libur Lebaran, PLN Matikan 20 Pembangkit Listrik

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero akan mematikan 20 pembangkit listrik miliknya menyusul adanya potensi penurunan daya listrik di Hari Raya Lebaran.

Saleh Husin Ketua Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:00 WIB

Jelang Pemilihan Rektor UI, Majelis Wali Amanat Bentuk Panitia Penjaringan Kandidat

Guna menjaring kandidat terbaik dalam pemilihan rektor, Panitia Khusus Pemilihan Rektor Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia telah membentuk Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor…

BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:58 WIB

Perkuat Layanan dan Bisnis Logistik, BGR Logistics Jalin Kerjasama dengan PTP

Nota kesepahaman tersebut berisikan tentang pelayanan kegiatan bongkar muat dan integrasi sistem logistik.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:30 WIB

Sesalkan Aksi Pembakaran Mapolsek Tambelangan, Khofifah Dukung Polri Usut Tuntas

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyesalkan aksi pembakaran Mapolsek Tambelangan, Sampang, Jawa Timur. Khofifah mendorong Polisi segera memproses hukum siapapun pelaku dan provokator…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 24 Mei 2019 - 12:00 WIB

Digelar BCA Autoshow Padang 2019, Pelayanan Kebutuhan pada Kendaraan Bermotor

Inisiatif PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam memberikan pelayanan kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor kembali diwujudnyatakan dalam gelaran BCA Autoshow 2019 pada tanggal 21 Mei…