Menteri Rini: Jawa Barat Punya Kereta Cepat Pertama se-ASEAN di 2021

Oleh : Herry Barus | Minggu, 10 Maret 2019 - 15:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Bandung-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pagi ini menghadiri acara Fun Walk HUT ke-21 BUMN yang diadakan PT Kereta Api Indonesia. Acara Fun Walk digelar di Lapangan Upakarti, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (10/3/2019)

Pada acara ini, Menteri Rini berkesempatan mengikuti jalan sehat sepanjang 5 km bersama dengan keluarga karyawan BUMN.  

Sesekali Menteri Rini meladeni permintaan vlog dan selfie para millenials BUMN yang ikut acara ini. Kurang lebih 1 jam mengikuti jalan sehat, Menteri Rini pun sampai di finish. Kemudian bersama peserta Fun Walk HUT ke-21 BUMN berfoto bersama di garis finish.

Saat memberikan sambutan usai mengikuti fun walk, Menteri Rini mengatakan acara di Soreang ini adalah rangkaian acara HUT BUMN yang jatuh pada tanggal 13 April. Soreang menjadi tempat pertama untuk memulai rangkaian acara HUT ini.

"Sebetulnya ulang tahun BUMN 13 April tapi kita memulai di Kabupaten Bandung ini dari sekarang. Bahwa BUMN di pemerintahan Presiden Joko Widodo berkembang dengan pesat. Pada kesempatan ini, saya sebagai Menteri BUMN mengucapkan terima kasih kepada karyawan dan keluarga BUMN," ucap Menteri Rini.

"Kalau keluarga tak mendukung suami atau isteri di BUMN tak mungkin kita seperti ini. Kita harus terus menjaga BUMN ke depan makin maju dan makin baik. Pak Sekda, kantor pusat kereta ini ada di Bandung. Di Jawa Barat, Pak Presiden memang mendorong agar jalur-jalur kereta api yang sudah mati diaktifkan lagi," lanjut dia.

Menteri Rini lalu menuturkan Jawa Barat akan mempunyai kereta cepat dari Jakarta ke Bandung pada tahun 2021. Menteri Rini berharap di usia ke-21, BUMN bisa semakin semangat untuk membangun negeri.

"Saya ingin keluarga besar BUMN di Kabupaten Jawa Barat maupun di Jawa Barat, harus bangga di Jawa Barat ini dibangun kereta cepat  se-ASEAN. Insya Allah 2021 akan ada kereta cepat Jakarta-Bandung. Terus semangat. BUMN!" ucap Menteri Rini Soemarno.

Selain itu pada kegiatan ini PT KAI mengadakan program Pasar Murah KAI 'Paket Pangan Murah' yang merupakan penjualan paket sembako murah kepada masyarakat. KAI memberikan potongan harga paket sembako senilai Rp 42.500, yang dapat dibeli oleh masyarakat hanya dengan Rp 10.000. 

Tersedia 1.000 paket sembako yang masing-masing paket terdiri dari beras 1 kg, gula pasir 450 gram, minyak goreng 1 liter, garam 250 gram, sarden 420 gram, dan sekaligus mensosialisasikan program aplikasi LinkAja.

Pada kesempatan yang sama, untuk memberdayakan perekonomian masyarakat, KAI mengajak 10 UMKM mitra binaan KAI di yang menekuni bidang makanan, mode, dan kerajinan tangan, untuk turut serta memeriahkan kegiatan Fun Walk HUT BUMN 2019. Salah satu UMKM tersebut adalah Imah Batik, yang pernah diikutsertakan oleh KAI pada kegiatan pameran di Malaysia. Selain itu hadir pula UMKM Nusasari, yang produknya adalah makanan ringan olahan keripik yang telah dipasarkan sampai ke luar negeri.

“Program Pasar Murah dan pemberdayaan UMKM ini merupakan bagian dari CSR KAI sebagai wujud BUMN Hadir untuk Negeri. Semoga program-program CSR ini dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat,” tutur Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Sebelum meninggalkan lokasi acara, Menteri Rini sempat membeli beberapa barang yang dijual di booth-booth yang tersedia seperti jaket kulit warna hitam hingga makanan dan minuman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…

Gedung BNI

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:28 WIB

BNI Terbitkan Global Bond Senilai USD500 Juta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berencana melakukan penerbitan surat utang senior dalam denominasi Dolar Amerika Serikat senilai USD500 juta atau sekitar Rp7,94 triliun (kurs…

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…