Triawan Munaf Dukung Marcella Zalianty Bangun Bioskop Rakyat

Oleh : Amazon Dalimunthe | Minggu, 10 Maret 2019 - 09:00 WIB

Triawan Munaf, kepala Badan Ekonomi Kreatif (Foto: Hitsss)
Triawan Munaf, kepala Badan Ekonomi Kreatif (Foto: Hitsss)

INDUSTRY.co.id - JAKARTA-- Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Bekraf RI)  Triawan Munaf  sangat mengapresiasi upaya Keana Pictures di bawah pimpinan Marcella Zalianty yang membangun bioskop yang dapat menjangkau kalangan masyarakat bawah yang selama ini belum tersentuh oleh kalangan pemilik bioskop berjaringan.

Hal ini disampaikan oleh Triawan Munaf saat meninjau lokasi  bioskop yang diberi label Indiskop yang terletak di PD Pasar Jaya Pasar Teluk Gong  di kawasan Jakarta Utara, Jumat (8 Maret) siang.

Pada kesempatan itu Triawan menyatakan bahwa upaya yang dilakukan oleh Marcella adalah bagian dari upaya menumbuhkan ekosistem perfilman terutama yang menyangkut pertumbuhan penonton. “ Kita tahu jumlah penonton film kita terus tumbuh. Tapi itu masih di bagian kelas menengah ke atas. Dengan adanya Bisokop seperti ini, maka pertumbuhan jumlah penonton akan terus naik. Karena terdorong dengan tumbuhnya penonton dari kalangan bawah, “ kata Triawan Munaf.

Ditambahkan oleh Triawan dengan adanya Indiskop yang juga dipadukan dengan kegiatan kreatif lainnya di lokasi yang sama, merupakan hal yang baru pertama kali ada di Indonesia. “Ini bentuk terobosan baru. Masyarakat di sekitar bioskop bisa melakukan berbagai aktivitas kreativ dengan menggunakan ruang-ruang yang disediakan. Ini kegiatan yang saling menunjang,” katanya.

Sementara itu Direktur Utama Keana Pictures, Marcella Zalianty mengatakan bahwa saat ini persiapan pembangunan fisik dari Indiskop yang bekerja sama dengan PD Pasar Jaya dan KADIN saat ini mencapai 70 persen. “ Hari ini kita sedang melakukan ujicoba proyektor dan layar.  Pokoknya, Insya Allah akhir April, Indiskop ini sudah bisa kita luncurkan sebagai model untuk bioskop sejenis di berbagai daerah di Indonesia, “ kata  Marcella Zalianty

Menurutnya, sudah banyak daerah daerah lain di Indonesia yang ingin dibuatkan bioskop sejenis. “Tapi saya katakan, tunggu yang ini berjalan dulu. Kami akan pelajari dulu dimana keunggulan dan kelemahannya yang harus diperbaiki. Sebab model bioskop yang memadukan dengan kegiatan yang bersifat ekonomi kreatif ini baru pertama ada di Indonesia, “ katanya.

Harga tanda Masuk  (HTM) untuk menyaksikan pertunjukan film di Indiskop menurut Marcella untuk hari biasa Senin hingga Jumat sebesar Rp. 20.000 dan untuk akhir pecan Sabtu-Minggu sebesar Rp 25.000.

Sebagai salah satu pengurus KADIN Pusat, Marcella juga mengajak rekan rekannya untuk ikut berinvestasi dalam pembangunan Bisokop Rakyat dengan harga terjangkau bagi masyarakat.

“Jangan lihat Investasi dana yang di tanam, Tapi lihatlah investasi sumber daya manusia yang bisa tumbuh dari aktivitas penunjangnya. Di tambah dengan pertumbuhan jumlah penonton film Indonesia yang terus naik, Insya Allah, ini tetap akan menguntungkan kok,” ujar Marcella.

Lokasi bioskop Indiskop perdana terletak di Lt 3 Gedung PD Pasar Teluk Gong dan menempati area seluas 2000 M persegi. Di dalamnya terdapat dua gedung biskop berkapasitas 112 orang penonton.  Lalu ada area terbuka dengan tribun yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan. Ini masih ditambah lagi dengan deretan kios kios yang diperuntukkan bagi UKM yang berbasis kreativ seperti penjualan Makanan dan Minuman Khas, kriya, Fotografi, dan lain-lain. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…