Ilham Habibie: Kawasan Industri Jababeka Punya Segalanya Songsong Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Kamis, 07 Maret 2019 - 10:35 WIB

Chairman ICT National Council (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie bersama Chairman PT Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Chairman ICT National Council (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie bersama Chairman PT Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Chairman National ICT Council (Wantiknas) Ilham Akbar Habibie menilai Kawasan Industri Jababeka telah sangat siap menyongsong era industri 4.0.

Hal tersebut disampaikan Ilham Akbar Habibie saat menjadi narasumber dalam diskusi bertajuk "Remaking Indonesia: Industry 4.0" di Menara Batavia, Jakarta (6/3).

"Kawasan industri Jababeka sudah sangat siap, mereka sudah punya segalanya," katanya.

Ditambahkan Ilham, pengelola kawasan industri Jababeka sudah menyiapkan semua aspek sejak tahun 2014, mulai dari aspek infrastruktur hingga sumber daya manusia (SDM).

"Dari segi infrasturktur mereka sudah sangat siap dengan menyediakan teknologi berbasis fiber optic dan survei atau ence system," terangnya.

Sementara dari segi SDM, tambah Ilham, mereka (Jababeka) melalui Presiden University telah memulai sistem pendidikan tinggi dan kurikulum mahasiswa sesuai dengan era industri 4.0.

"SDM menjadi tantangan yang paling krusial untuk Indonesia dalam menyongsong era industri 4.0, dan Jababeka sudah persiapkan itu semua," ungkap Ilham.

Hal senada diungkapkan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, apabila Indonesia menerapkan industri 4.0 dengan didukung SDM yang kompeten, diyakini berpotensi mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional yang cukup signifikan. 

"Apalagi, SDM kita sangat menarik, karena anak-anak muda saat ini lebih fleksibel dalam beradaptasi dengan teknologi baru," tuturnya.

Airlangga optimistis, melalui konsep industri 4.0, Indonesia sedang menuju pendapatan per kapita sebesar USD31.000 pada tahun 2045. Sehingga ditargetkan mampu menempati peringkat keempat sebagai negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia.

"Pertanyaannya, adakah yang sudah memperoleh income perkapita sebesar USD31.000 hari ini di Indonesia? Jawabnya, ada. Kita pergi saja ke kawasan industri di Jababeka atau Cikarang dan sekitarnya, itu dengan jumlah satu juta orang. Di sana itu adalah Detroit-nya Indonesia," tutur Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Senin, 24 Februari 2020 - 06:00 WIB

Wapres Ma'ruf Amin dan Ketua MPR RI Hadiri Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan begitu banyak filosofi bikers yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan keseharian. Seorang biker harus menjaga keseimbangan agar dapat melaju…

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Senin, 24 Februari 2020 - 05:37 WIB

Mengupas Saham Pilihan Awal Pekan

IHSG masih terlihat berusaha untuk keluar dari fase konsolidasi wajarnya, memanfaatkan momentum koreksi wajar masih bisa dijadikan peluang oleh investor. IHSG akan berada di level 5821 - 6024.

Ilustrasi ATM BCA (Foto Ist)

Senin, 24 Februari 2020 - 05:28 WIB

IHSG Konsolidasi, Enam Saham Jadi Perhatian

Secara teknikal seakan pulled back Moving Average 20 hari dan upper bollinger bands dengan konfirmasi break out support Moving Average 5 hari dilevel 5900. indikator Stochastic terkonsolidasi…

Fintech payment aplikasi Cashbac

Senin, 24 Februari 2020 - 05:05 WIB

Berburu Cashbac Reward 4 Kali Lipat

Tahun Kabisat (leap year) adalah tahun spesial, karena tahun ini tidak terdiri dari 365 hari akan tetapi 366 hari. Inilah keunikan lain dari bulan Februari yang membuatnya kian spesial. Tahun…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Senin, 24 Februari 2020 - 04:00 WIB

Bakamla RI Tindak Lanjuti Arahan Presiden Dalam Penguatan Indonesian Coast Guard

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., langsung menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo tentang Penguatan Bakamla RI menjadi Indonesian Coast Guard dengan melaksanakan…