Ilham Habibie: Kawasan Industri Jababeka Punya Segalanya Songsong Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Kamis, 07 Maret 2019 - 10:35 WIB

Chairman ICT National Council (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie bersama Chairman PT Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Chairman ICT National Council (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie bersama Chairman PT Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Chairman National ICT Council (Wantiknas) Ilham Akbar Habibie menilai Kawasan Industri Jababeka telah sangat siap menyongsong era industri 4.0.

Hal tersebut disampaikan Ilham Akbar Habibie saat menjadi narasumber dalam diskusi bertajuk "Remaking Indonesia: Industry 4.0" di Menara Batavia, Jakarta (6/3).

"Kawasan industri Jababeka sudah sangat siap, mereka sudah punya segalanya," katanya.

Ditambahkan Ilham, pengelola kawasan industri Jababeka sudah menyiapkan semua aspek sejak tahun 2014, mulai dari aspek infrastruktur hingga sumber daya manusia (SDM).

"Dari segi infrasturktur mereka sudah sangat siap dengan menyediakan teknologi berbasis fiber optic dan survei atau ence system," terangnya.

Sementara dari segi SDM, tambah Ilham, mereka (Jababeka) melalui Presiden University telah memulai sistem pendidikan tinggi dan kurikulum mahasiswa sesuai dengan era industri 4.0.

"SDM menjadi tantangan yang paling krusial untuk Indonesia dalam menyongsong era industri 4.0, dan Jababeka sudah persiapkan itu semua," ungkap Ilham.

Hal senada diungkapkan oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, apabila Indonesia menerapkan industri 4.0 dengan didukung SDM yang kompeten, diyakini berpotensi mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional yang cukup signifikan. 

"Apalagi, SDM kita sangat menarik, karena anak-anak muda saat ini lebih fleksibel dalam beradaptasi dengan teknologi baru," tuturnya.

Airlangga optimistis, melalui konsep industri 4.0, Indonesia sedang menuju pendapatan per kapita sebesar USD31.000 pada tahun 2045. Sehingga ditargetkan mampu menempati peringkat keempat sebagai negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia.

"Pertanyaannya, adakah yang sudah memperoleh income perkapita sebesar USD31.000 hari ini di Indonesia? Jawabnya, ada. Kita pergi saja ke kawasan industri di Jababeka atau Cikarang dan sekitarnya, itu dengan jumlah satu juta orang. Di sana itu adalah Detroit-nya Indonesia," tutur Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk, Maryono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 23 April 2019 - 23:25 WIB

Hingga 31 Maret 2019, Bank BTN Salurkan Kredit Bernilai Total Rp242 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau Bank BTN hingga 31 Maret 2019 menyalurkan kredit dan pembiayaan sebesar Rp242,13 triliun, tumbuh 19,57% dibandingkan posisi hingga akhir 31 Maret 2018…

Rektor Universitas Muhammadiyah, Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M (ketiga dari kiri) dan Direktur Human Capital Management Telkom Herdy Harman (ke empat dari kiri)

Selasa, 23 April 2019 - 22:31 WIB

Direksi Telkom Berbagi Inspirasi dengan 3.000 Mahasiswa di Palembang

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Kementerian BUMN hadir memberikan inspirasi dan motivasi di depan sekitar 3.000 mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Palembang. 

GIICOMVEC ajang pameran kendaraan niaga siap hadir menyapa masyarakat di 2020

Selasa, 23 April 2019 - 22:15 WIB

Siap-siap Pameran Kendaraan Niaga Kembali Hadir

Pameran Business to Business (B2B), GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) akan berlangsung untuk kedua kalinya pada 5 hingga 8 Maret 2020, di Jakarta Convention…

Direktur Utama Finnet, Bona L. Parapat.

Selasa, 23 April 2019 - 21:09 WIB

Selaraskan Program Kementerian BUMN, Finnet Luncurkan Logo dan Tagline Baru

Finnet, salah satu entitas bisnis Telkom Group, meluncurkan logo baru Finnet dan Finpay di Hotel Alana, Yogjakarta, Selasa (23/04/2019). Kegiatan yang digelar bersamaan dengan gathering bersama…

Konferensi pers Grand Opening John Robert Powers Menara Astra Sudirman

Selasa, 23 April 2019 - 21:00 WIB

Pindah ke Menara Astra, John Robert Powers Indonesia Tawarkan Dua Program Baru

Sekolah kepribadian John Robert Powers (JRP) Indonesia hari ini resmi memindahkan kantor pusatnya dari Lippo Kuningan ke Menara Astra, Sudirman, Jakarta. Pemindahan kantor itu bertujuan untuk…