Perayaan Nyepi, Tol Bali Mandara Tutup 32 Jam

Oleh : Herry Barus | Rabu, 06 Maret 2019 - 08:03 WIB

Tol Bali Mandara (Foto Dok Industry.co.id)
Tol Bali Mandara (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Tol Bali Mandara yang menghubungkan Kota Denpasar-Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai- kawasan Nusa Dua, Kabupaten Badung, akan ditutup operasionalnya selama 32 jam terkait perayaan Hari Suci Nyepi pada 7 Maret mendatang.

"Penutupan dimulai hari Rabu (6/3/2019) pukul 23:00 Wita, dan akan dibuka kembali pada hari Jumat (8/3/2019) mulai pukul 07.00 Wita," kata Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol Enkky Sasono AW dalam keterangan persnya yang diterima Antara, di Denpasar, Bali, Senin (5/3/2019)

Menurut Enkky, kebijakan penutupan sementara tol di atas perairan tersebut, sama seperti tahun-tahun sebelumnya untuk menghormati perayaan hari besar keagamaan umat Hindu di Bali karena PT Jasamarga Bali Tol (JBT) secara kelembagaan senantiasa menghormati kearifan lokal.

Hal tersebut juga memperhatikan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 003.1/11367/PK/BKD, tanggal 21 November 2018, tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2019.

Enkky pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung kebijakan penghentian sementara pengoperasian tol tersebut.

"Dalam kesempatan yang baik ini, kami atas nama seluruh Jajaran Komisaris, Direksi, dan Karyawan PT Jasamarga Bali Tol mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1941, semoga kedamaian dan kesejahteraan selalu menyertai kita semua," ujar Enkky.

Meskipun tol ditutup pada waktu yang sudah ditentukan itu, tidak menutup kemungkinan tol akan dipergunakan dalam situasi keadaan darurat seperti mobil ambulans, pemadam kebakaran, dan lainnya.

Walaupun ada pengecualian itu, pihaknya menyarankan agar pengemudi kendaraan yang dikategorikan darurat itu selalu didampingi oleh pecalang. Hal ini sebagai salah satu langkah sesuai SOP yang sudah ada.

Sementara itu, General Manager Operation & Maintenance PT Jasamarga Bali Tol, Ahmad Izzi, mengatakan bahwa dalam mendukung kegiatan masyarakat pada kegiatan upacara Melasti (salah satu rangkaian Nyepi) di Teluk Benoa, patroli jalan tol telah membantu pengaturan lalu lintas dari perempatan Pesanggaran ke arah Pelabuhan Benoa sampai ke lokasi melasti.

Izzi mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian dan pecalang (petugas pengamanan adat) membuat contra flow sementara jalan akses Pelabuhan Benoa, pada hari Senin (4/3) mulai dari pukul 06.00- 14.00 Wita.

"Jadi, jalan akses dari depo Pertamina ke arah Pelabuhan Benoa sampai dengan lokasi melasti dipakai khusus masyarakat yang akan melaksanakan upacara Melasti. Sedangkan jalur sebaliknya, dari Pelabuhan Benoa ke arah Pesanggaran difungsikan dua arah," ucapnya.

PT Jasamarga Bali Tol juga menyiagakan petugas kebersihan di sekitar lokasi upacara dan ambulans jalan tol yang siaga di depan SPBU Jalan Pelabuhan Benoa.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.