Cawapres Sandiaga: Teknologi Terkini Dapat Atasi Masalah Karhutla

Oleh : Herry Barus | Rabu, 06 Maret 2019 - 04:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru- Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno menilai penggunaan teknologi terkini menjadi jawaban dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), yang kini marak terjadi di Provinsi Riau.

"Pemanfaatan teknologi terkini kita pakai secara masif ke depan," kata Sandi kepada Antara di Pekanbaru, Selasa (5/2/2019)

Dia mencontohkan, teknologi terkini yang harus dimaksimalkan seperti penggunaan pesawat tanpa awak atau drone, serta satelit.

Dengan mengadopsi teknologi terkini itu, katanya, maka upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla dapat dilakukan secara tepat.

Selain itu, dia juga menyatakan perlunya menggandeng negara-negara sahabat serta perusahaan untuk bersama-sama menekan karhutla di Indonesia, terutama di Provinsi Riau.

Menurut dia, langkah proteksi pencegahan Karhutla di Riau harus dilakukan karena provinsi berjuluk "Bumi Lancang Kuning" itu merupakan paru-paru dunia.

"Riau adalah paru-paru dunia yang harus dijaga betul dari kebakaran," katanya seperti dilansir Antara.

Provinsi Riau sejak awal Januari 2019 lalu dilanda kebakaran lahan. Sebaran titik-titik api kebakaran terus meluas sepanjang Februari lalu.

Sejumlah wilayah pesisir Riau seperti Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir, Meranti, Indragiri Hilir, tak luput dilanda bencana yang terus terjadi selama 18 tahun terakhir tersebut.

Hingga kini, Satgas Karhutla Riau menyatakan total luas lahan yang terbakar mencapai lebih dari 1.400 hektare.

Upaya pemadaman masih terus dilakukan dengan melibatkan prajurit TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni serta masyarakat.

Lebih jauh, Sandi menilai perkembangan Riau yang dia sebut sebagai tanah kelahirannya tersebut mengalami perkembangan yang cepat. Hal itu tidak lepas dari kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia Provinsi berlokasi di tengah-tengah Pulau Sumatera tersebut.

Dia mengimbau kepada generasi muda untuk dapat bersama-sama terlibat dalam perkembangan yang begitu cepat di wilayah itu, selain menjaga lingkungan agar tetap lestari.

Sandiaga mengunjungi sejumlah kota di Provinsi Riau dalam dua hari safari politiknya di wilayah itu.

Siak menjadi kota pertama yang dikunjungi, yang dilanjutkan ke Kota Dumai, Duri dan berakhir di Pekanbaru.

Dia mengatakan akan kembali melanjutkan kegiatan kunjungannya ke Provinsi Sumatera Barat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…