Gerakan Busana Sarung Sebagai Pakaian Resmi Indonesia

Oleh : Herry Barus | Senin, 04 Maret 2019 - 06:30 WIB

Menko PMK Puan Maharani (Foto Dok Industry.co.id)
Menko PMK Puan Maharani (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menyatakan dukungannya terhadap gerakan masyarakat dalam upaya pelestarian sarung sebagai salah satu model pakaian resmi Indonesia.

Puan dalam keterangan  tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu (3/2/2019)   mengatakan busana sarung dapat menjadi pakaian resmi untuk nasional yang dapat dipakai paling tidak satu kali dalam seminggu.

“Selain batik, sarung tentu bisa jadi pilihan lain dalam kita berpakaian resmi karena sarung juga bisa dipadupadankan dengan busana lain,” kata Puan.

Menurut Puan, sarung adalah kekayaan Indonesia yang setiap daerah memilikinya. “Dengan memakai sarung, kita bisa bangga sekaligus menunjukkan kekayaan budaya Indonesia di samping memang dapat mengangkat penghasilan para perajin dan pelaku UMKM yang memproduksi sarung. Ini yang harus selalu kita dukung,” tambah Puan.

Ketua Umum Panitia Pelaksana Festival Sarung Indonesia yang diselenggarakan di Senayan, IGK Manila mengatakan sarung merupakan salah satu budaya dan memiliki sejarah panjang yang menyertai bangsa ini.

Hampir di berbagai pelosok Indonesia menggunakan sarung untuk berbagai keperluan baik untuk ritual ibadah, upacara adat ataupun busana sehari-hari.  

Di tempat yang sama Presiden Joko Widodo akan menetapkan salah satu hari menjadi 'Hari Sarung'. Pernyataan itu disampaikan pada saat Jokowi menghadiri acara 'Sarung Fest Festival Sarung Indonesia 2019' di Plaza Tenggara Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (3/3/2019).

"Kami akan tentukan setiap hari tertentu dalam satu bulan kita memakai sarung bersama-sama. Mau tidak? Setuju tidak? Bisa seminggu sekali, bisa dua minggu sekali, bisa sebulan sekali. Kita lihat nanti. Nanti lama-lama setiap hari pakai sarung," kata Jokowi kepada awak media.

Upaya penetapan 'Hari Sarung' itu akan dilakukan apabila Jokowi terpilih sebagai presiden Republik Indonesia untuk periode 2019-2024. Menurut dia, sarung merupakan kekayaan budaya Indonesia yang harus dilestarikan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 21:00 WIB

Anita , Mengembalikan Kejayaan Musik Mandarin di Indonesia

Jika menyimak tren yang ada, saat ini Indonesia sedang dilanda demam artis, musik dan drama Korea. Para promotor musik di Indonesia berlomba mendatangkan penyayi Korea yang sedang digandrungi…

Peresmian Pabrik PT Pegatron Technology Indonesia

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:05 WIB

Menperin Apresiasi Investasi Pegatron di Batam

Kementerian Perindustrian memberikan apresiasi terhadap realisisasi investasi dari Pegatron selaku perusahaan teknologi asal Taiwan, yang secara resmi telah mengoperasikan pabriknya di Batam,…

Lion Air (Ist)

Sabtu, 20 Juli 2019 - 18:00 WIB

Lion Air Ajak Turis Milenial Lebih Luas Eksplorasi Destinasi Unggulan

Sulawesi Selatan (Sulsel) berlokasi strategis telah menyimpan tujuan wisata memukau, asyik dan keren. Spot popular antara lain Pantai Losari dan Trans Studio Makassar.

DFSK Glory 560

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:48 WIB

Mudahkan Pengunjung Miliki Kendaraan, DFSK Hadirkan Program Leasing

DFSK turut meramaikan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dengan menampilkan seluruh jajaran kendaraannya lengkap lengkap beserta program penjualan yang menguntungkan bagi…

Bendungan Sei Gong

Sabtu, 20 Juli 2019 - 17:33 WIB

Bendungan Sei Gong Mulai Diisi Untuk Pasok Air Baku Kota Batam

Bendungan yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dibangun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan air baku yang mendesak, baik untuk domestik maupun industri di…