DRP: Angkutan Tol Laut Bisa Ditingkatkan

Oleh : Herry Barus | Minggu, 03 Maret 2019 - 17:00 WIB

Tol Laut (Foto Dok Industry.co.id)
Tol Laut (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Sidoarjo- Legislator DPR RI Bambang Haryo meminta kepada Pemerintah untuk memperhatikan angkutan tol laut yang selama ini dinilainya masih belum bisa berjalan dengan maksimal terutama dari barang yang diangkut.

"Kalau saya melihat selama ini barang yang diangkut itu masih belum bisa 100 persen, hanya pada kisaran 30 persen saja. Oleh karena itu, harus ditargetkan supaya bisa 100 persen," katanya di sela kegiatan pembagian CSR PT Dharma Lautan Utama di Waru, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (2/3/2019)

Ia menilai jika sarana transportasi tol laut ini juga masih kurang maksimal dicapai, karena banyak perusahaan yang bergerak di bidang kemaritiman gulung tikar.

"Oleh karena itu, keberadaan tol laut ini diharapkan bisa membantu menjaga disparitas harga bahan-bahkan kebutuhan pokok yang selama ini banyak diperlukan oleh masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan, jangan sampai daerah yang tidak dilalui oleh tol laut harga bahan kebutuhan pokoknya bisa jauh lebih murah dibandingkan dengan daerah yang dilalui oleh tol laut.

"Hal ini yang perlu diperhatikan oleh pemerintah supaya masyarakat benar-benar merasakan manfaat dari keberadaan tol laut ini," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Dharma Lautan Utama Erwin Poedjono seperti dilansir Antara mengatakan jika sejak awal pihaknya memang sudah melakukan penyeberangan dan pelayaran lintas panjang dengan rute tetap selama 24 jam, yang menghubungkan sabuk utara, tengah dan juga selatan.

"Itu artinya kami sudah laksanakan sebelum digulirkan program tol laut oleh pemerintah. Namun demikian, pemerintah hendaknya selain memilih lintasan prioritas juga menerbitkan keberangkatan kapal logistik, supaya maksimal dalam rangka perputaran barang dan dinamika pergerakan manusia," katanya.

Dalam kegiatan itu, sedikitnya 250 anak kurang mampu dan juga warga kurang mampu dari Desa Kureksari Waru Sidoarjo mendapatkan bantuan berupa uang tunai dan juga bahan kebutuhan pokok.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno (tengah)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Penguatan Peran Perempuan di Sektor Pariwisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan pihaknya berkomitmen mendukung penguatan peran perempuan dalam pengembangan dan kepemimpinan di sektor…

Ilustrasi sampah plastik

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:35 WIB

Riset Terbaru Sebut Produsen Makanan-Minuman Nasional Ini Masuk Daftar Pencemar Global

Produsen makanan dan minuman global, termasuk Coca-Cola, Nestle dan Danone, memuncaki daftar perusahaan penyumbang terbesar sampah plastik di dunia, menurut sebuah laporan riset anyar yang diterbitkan…

Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Sabtu, 04 Mei 2024 - 16:25 WIB

Fadil Jaidi dan Pak Muh Seru-seruan di Grand Opening Roti Keset Condet Kemang

Youtuber Fadil Jaidi dan ayahnya Pak Muh menjadi bintang tamu pada Grand Opening Roti Keset Condet Kemang, Rabu (1/5/2024). Lokasinya di Jalan Kemang Selatan VIII No.56A Jakarta Selatan.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Sabtu, 04 Mei 2024 - 15:21 WIB

Pacu Kualitas dan Kuantitas Pendidikan Vokasi Industri, Menperin Agus Resmikan JARVIS 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalankan program pendidikan vokasi yang menjadi pelopor dual system di Indonesia. Program tersebut bertujuan untuk memenuhi dan mengantisipasi kebutuhan…

Pembukaan Business Matching IKM Pangan dan Furnitur dengan HIPPINDO

Sabtu, 04 Mei 2024 - 14:48 WIB

Menperin Agus Jodohkan IKM Pangan dan Furnitur dengan Ritel Lewat Gelaran Temu Bisnis

Upaya Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong kemandirian Industri Kecil Menengah (IKM) salah satunya dilakukan melalui dukungan terhadap kemitraan antara IKM dengan berbagai sektor…