BNI Syariah – Ciputra Group Perluas Kerjasama Proyek Perumahan CitraRaya

Oleh : Wiyanto | Minggu, 03 Maret 2019 - 07:14 WIB

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Direktur PT Ciputra Residence, Mary Octo Sihombing (kanan).
Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Direktur PT Ciputra Residence, Mary Octo Sihombing (kanan).

INDUSTRY.co.id

Tangerang - Melanjutkan sinergi bisnis segmen konsumer, BNI Syariah perluas kerja sama dengan PT. Ciputra Residence (anak perusahaan Ciputra Group) dalam fasilitasi pembiayaan kepemilikan rumah di proyek CitraRaya melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang ditandatangani oleh Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo bersama Director PT. Ciputra Residence, Mary Octo Sihombing bertempat di Citra Raya Management Office, Tangerang.

Turut hadir SEVP Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi; Associate Director PT. Ciputra Residence, Soegianto Mihardja; Associate Director PT. Ciputra Residence, Yance Onggo; General Manager Keuangan PT. Ciputra Residence, Muliaman Bustam. Pada kesempatan ini dilakukan Penandatanganan PKS terhadap 6 proyek dari PT. Ciputra Residence yang berada di wilayah Tangerang, Lebak, Banten dan Malang. Kerjasama ini merupakan kelanjutan dari sinergi sebelumnya BNI Syariah telah menandatangani PKS untuk proyek-proyek Ciputra Group sebanyak 12 proyek CitraGarden di wilayah Jakarta Barat, Jambi, Palembang, Banten, Pontianak, Samarinda, Depok, Cengkareng dan Batam. Serta 22 proyek Ciputra Development (Sub Holding 2) yang tersebar di wilayah Cibubur, Makassar, Manado, Surabaya, Lampung, Semarang, Yogyakarta, Sidoarjo, dan Medan. Sedangkan untuk lokasi 6 proyek yang dikerjasamakan pada proyek CitraRaya terdiri dari 3 (tiga) lokasi proyek Citra Raya di Tangerang, 2 (dua) lokasi proyek Citra Maja Raya di Lebak, dan 1 (satu) proyek Citra Garden City di Malang. Target yang diharapkan dari kerjasama dengan PT. Ciputra Residence (CitraRaya) ini untuk tahun 2019 sebesar Rp 200 Miliar.

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo menyampaikan, “Sebagai institusi perbankan syariah yang mengusung value preposition Hasanah Banking Partner, BNI Syariah berkomitmen untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mewujudkan impian untuk memiliki rumah idaman yang nyaman dan tentram sesuai prinsip syariah, sehingga Insya Allah berkah. Melalui sinergi dengan Ciputra Group, kami berharap dapat memberikan alternatif perumahan sesuai kebutuhan masyarakat.”

Penandatanganan PKS untuk proyek CitraRaya ini merupakan salah satu langkah BNI Syariah dalam rangka meningkatkan portofolio pembiayaan griya, dimana per Desember 2018 sebesar Rp 11,86 Trilun meningkat sebesar 10,81 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, dengan komposisi pembiayaan perumahan sebesar 41,92 persen dibandingkan dengan total pembiayaan BNI Syariah. Saat ini, BNI Syariah telah bekerja sama dengan lebih dari 920 developer di seluruh Indonesia. Pada Tahun 2019 BNI Syariah menargetkan pertumbuhan bisnis konsumer di atas 9%, dengan porsi terbesar produk BNI Griya iB Hasanah yang fokus pada segmen nasabah fixed income dan memperluas channel pemasaran dengan mengoptimalkan kerjasama dengan developer.

BNI Syariah menyediakan fasilitas pembiayaan BNI Griya iB Hasanah untuk nasabah dengan maksimum pembiayaan Rp 25 miliar, angsuran yang tetap, bebas biaya administrasi, bebas biaya provisi, bebas biaya appraisal serta bebas denda. Jangka waktu pembiayaan yang fleksibel sampai dengan 20 tahun untuk nasabah fix-income dan 15 tahun untuk nasabah non fix-income.

Untuk pembelian rumah atau apartemen, fasilitas pembiayaan yang digunakan memiliki jangka waktu paling lama 20 tahun dan untuk pembiayaan ruko atau rukan jangka waktu maksimal 15 tahun. Sementara untuk fasilitas pembiayaan yang digunakan untuk pembelian tanah paling lama adalah 10 tahun. CitraRaya Tangerang sendiri merupakan The Largest Integrated Township Development by Ciputra Group. Proyek terbesar Ciputra Group seluas 2,760 Hektar (Ha) ini merangkum hunian, komersil dan fasilitas umum yang lengkap dan modern. Sebagai kota mandiri modern yang mulai dikembangkan sejak tahun 1994, CitraRaya telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan mencatatkan diri sebagai Regional and Business Center yang kuat di Tangerang. Pengembangan kawasan CitraRaya semakin meningkat dengan komitmennya untuk mengedepankan konsep kota yang berwawasan lingkungan yang berkesinambungan, melalui peluncuran program EcoCulture di tahun 2011. Tak salah bila kini CitraRaya telah menjadi rumah bagi lebih dari 65 ribu jiwa yang menempati lebih dari 51 cluster perumahan dan 1.800 unit komersial, menjadikannya sebagai salah satu perumahan terbesar di Tangerang.

Dikesempatan yang sama, Director PT. Ciputra Residence, Mary Octo Sihombing mengatakan, “Penandatanganan Perjanjian Kerjasama ini merupakan langkah awal yang baik serta sinergi yang kuat bagi kedua perusahaan. Kerjasama penyediaan fasilitas pembiayaan pemilikan properti berbasis syariah tentunya memberikan manfaat yang besar serta memberikan pilihan yang beragam yang dapat ditawarkan kepada konsumen kami. Kerjasama ini juga merupakan tanda, bahwasanya produk properti Ciputra Group mendapatkan pengakuan yang baik dari konsumen serta perbankan. Tanpa kepercayaan itu, akan sangat sulit bagi konsumen untuk mendapatkan beragam fasilitas pembiayaan perbankan. Utamanya fasilitas pembiayaan berbasis syariah.”

PT Ciputra Residence meyakini, kerjasama ini mampu memberikan kemudahan bagi para konsumen serta memberikan beragam pilihan dalam penyediaan fasilitas pembiayaan pemilikan properti dengan memanfaatkan fasilitas pembiayaan pemilikan properti berbasis syariah. Khususnya untuk produk properti dari PT Ciputra Residence. “Kami sangat berterimakasih kepada Bank BNI Syariah yang telah berkenan untuk menjalin kerjasama dengan kami, yang diawali dengan penandatanganan perjanjian kerjasama yang dilaksanakan hari ini. Tentunya, Kami juga bangga, produk properti kami, di berbagai proyek PT Ciputra Residence mendapatkan kepercayaan dari BNI Syariah, untuk memberikan fasilitas pembiayaan pemilikan properti kepada konsumen kami,” kata Octo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…