ASDP Pastikan Layanan KMP Ihan Batak Utamakan Aspek Keselamatan dan Kenyamanan

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 02 Maret 2019 - 18:00 WIB

 Ira Puspadewi Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) (Foto Dok Industry.co.id)
Ira Puspadewi Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Toba Samosir --- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyatakan siap menghadirkan layanan KMP Ihan Batak yang memprioritaskan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi seluruh pengguna jasa, khususnya masyarakat sekitar serta para wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, sejak peluncuran awal KMP Ihan Batak pada 27 Desember 2018, antusiasme pengguna jasa sangat tinggi dengan kehadiran kapal berukuran 300 Gross Tonage (GT) yang dibangun pertama kali oleh Kementerian Perhubungan di Kawasan Danau Toba tersebut.

"Kami mengapresiasi kepercayaan yang diberikan Pemerintah kepada ASDP dalam mengoperasikan KMP Ihan Batak untuk melayani lintas penyeberangan antar kabupaten yang menghubungkan Kabupaten Toba Samosir, dengan Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara yang berjarak 9 mil. Tentu ketersediaan sarana dan prasarana transportasi yang memadai, aman, dan nyaman sangat didambakan oleh masyarakat dalam mobilitas sehari-hari," tutur Ira, ditengah acara peresmian KMP Ihan Batak oleh Menko Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Pelabuhan Ajibata, Sabtu (2/3/2019).

Respon positif atas layanan KMP Ihan Batak diungkapkan sejumlah pengguna jasa di kawasan Danau Toba, dan ASDP berkomitmen untuk terus menghadirkan layanan penyeberangan yang kini semakin nyaman, aman dan selalu memprioritaskan aspek keselamatan.

KMP Ihan Batak dibangun Kementerian Perhubungan dengan biaya APBN selama 2 (dua) tahun oleh PT Dok Bahari Nusantara di Desa Parparean II Porsea Tobasa memiliki kapasitas penumpang 280 orang, kendaraan campuran sebanyak 32 unit, yang akan melayani lintasan Ajibata-Ambarita dengan operator PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Sibolga.

Kapal ini beroperasi sebanyak 8 trip per hari dengan jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Penyeberangan Ajibata, di Toba Samosir pukul 08.00 WIB, pukul 11.00 WIB, pukul 14.00 WIB dan pukul 17.00 WIB. Sebaliknya, jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Penyeberangan Ambarita, Pulau Samosir pukul 09.30 WIB, pukul 12.30 WIB, pukul 15.30 WIB dan terakhir pukul 18.30 WIB.

Dalam mendukung program KSPN Wilayah Danau Toba, pemerintah pusat khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melakukan pembangunan sarana dan prasana penyeberangan. Untuk kapal, selain KMP Ihan Batak, akan dibangun lagi 2 unit tambahan kapal Ro-ro dan 1 unit Bus Air yang nantinya akan beroperasi di Danau Toba. Sedangkan untuk prasarana juga dibangun pelabuhan penyeberangan di 8 Lokasi pelabuhan utama (Ajibata, Ambarita, Simanindo, Tigaras, Muara, Balige, Tongging dan Marbun Toruan).

Terkait tarif penumpang dan kendaraan di atas KMP Ihan Batak, tarif yang dikenakan untuk pejalan kaki dewasa sebesar Rp 9.000,-, diikuti tiket anak sebesar Rp 6.000,-

Adapun tarif tiket kendaraan yang dikenakan sebagai berikut:

Gol I (sepeda dayung) Rp 13.000,-

Gol II (sepeda motor) Rp 22.000,-

Gol III (becak, sepeda motor 500 cc ke atas) Rp 45.000,-

Gol IV (minibus/sedan) Rp 135.000,-

Gol IV (Pick Up) Rp 120.000,-

Gol V (bus sedang) Rp 287.000,-

Gol V (colt diesel 5-7 m) Rp 234.000,-

Gol VI (Bus besar) Rp 487.000,-

Gol VI (Fuso 7-10 meter) Rp 384.000,-

Gol VII (Tronton) Rp 483.000,-

Gol VIII (Trailer) Rp 715.000,-

Gol IX (Trailer diatas 16 m) Rp 1.065.000,-

"Dengan adanya KMP Ihan Batak ini, diharapkan tidak hanya  memperlancar konektivitas antarpulau, tetapi juga meningkatkan pelayanan transportasi penyeberangan serta peningkatan pertumbuhan ekonomi di sekitar kawasan Danau Toba. Apalagi Danau Toba diarahkan menjadi destinasi pariwisata yang bertaraf internasional," tutur Ira lagi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…