Ini Kiat Mendapatkan Tiket Kereta untuk Mudik Lebaran

Oleh : Hariyanto | Jumat, 01 Maret 2019 - 19:24 WIB

Penumpang Kereta Api (ist)
Penumpang Kereta Api (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penjualan tiket kereta api untuk perjalanan mudik lebaran sudah resmi dijual PT KAI pada 25 Februari lalu, baik di situs resmi PT KAI atau pun platform penjualan tiket kereta api online.

Tahun ini PT KAI menyediakan kereta api sebanyak 393 kereta api, naik 3 persen dibanding tahun lalu. Agar tidak kehabisan tiket kereta api saat mudik tahun ini, ada baiknya Anda untuk mengikuti beberapa kiat yang diberikan ShopBack.

Tentukan tanggal keberangkatan.

Hal yang paling penting adalah menentukan tanggal perjalanan mudik Anda. Meskipun pemerintah belum menetapkan tanggal cuti bersama. Namun, kamu sudah bisa mengira-ngira kapan waktu yang pas untuk mudik lebaran tahun ini. Jika sudah menentukan tanggal, cek jadwal reservasi dan pembelian kereta yang sudah ditentukan oleh PT KAI.

Siapkan Data Identitas

Jika Anda ingin membeli tiket mudik secara kolektif untuk keluarga atau rekan sejawat, pastikan Anda memiliki semua identitas mereka, seperti nomor KTP dan Nama Lengkap. Sempatkan waktu untuk memindahkan data identitas tersebut ke dalam note atau microsoft word. Sehingga, saat pembelian tiket kamu tidak direpotkan untuk mencari data identitas mereka.

Cara yang lebih mudah, jika Anda suka memesan tiket dari salah satu platform online travel agent (OTA), Anda bisa mendaftarkan data penumpang di platform tersebut.

Pesan Dini Hari

Untuk mewujudkan lebaran bersama keluarga tahun ini, tidak ada salahnya berkorban untuk begadang mencari tiket kereta untuk mudik. Biasanya pada jam dini hari masih sedikit orang mengakses platform pembelian tiket kereta untuk mudik. Peluang Anda untuk mendapatkan tiket mudik akan lebih besar. Jangan lupa untuk memastikan jaringan internet Anda dalam kondisi yang stabil dan bagus.

Pilih Metode Pembayaran Instan

PT KAI menetapkan waktu 60 menit batas pembayaran saat pemesanan tiket kereta untuk mudik tahun ini. Jika dalam masa tersebut Anda tidak melakukan pembayaran, makan tiket yang Anda pesan, akan dijual kembali. Nah, agar tiket segera dapat ditangan, pilih metode pembayaran yang instan dan memudahkan Anda, seperti kartu kredit, mobile banking atau digital payment lainnya.

Jangan Bergantung Pada Satu Platform

Rumornya, setiap platform resmi penjualan tiket kereta online memiliki kuota. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan baik dan jangan bergantung pada satu platform saja. Walaupun Anda sudah setia dengan satu platform pembelian tiket online, tidak ada salahnya untuk mencoba platform online lain untuk mendapatkan tiket kereta mudik yang Anda inginkan. 

Apalagi di beberapa platform online tersebut juga memiliki promo potongan harga menarik atau cashback, jika pemesanan dilakukan dari ShopBack. Sehingga Anda pun dapat berhemat untuk mudik tahun ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…