Ini Kiat Mendapatkan Tiket Kereta untuk Mudik Lebaran

Oleh : Hariyanto | Jumat, 01 Maret 2019 - 19:24 WIB

Penumpang Kereta Api (ist)
Penumpang Kereta Api (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penjualan tiket kereta api untuk perjalanan mudik lebaran sudah resmi dijual PT KAI pada 25 Februari lalu, baik di situs resmi PT KAI atau pun platform penjualan tiket kereta api online.

Tahun ini PT KAI menyediakan kereta api sebanyak 393 kereta api, naik 3 persen dibanding tahun lalu. Agar tidak kehabisan tiket kereta api saat mudik tahun ini, ada baiknya Anda untuk mengikuti beberapa kiat yang diberikan ShopBack.

Tentukan tanggal keberangkatan.

Hal yang paling penting adalah menentukan tanggal perjalanan mudik Anda. Meskipun pemerintah belum menetapkan tanggal cuti bersama. Namun, kamu sudah bisa mengira-ngira kapan waktu yang pas untuk mudik lebaran tahun ini. Jika sudah menentukan tanggal, cek jadwal reservasi dan pembelian kereta yang sudah ditentukan oleh PT KAI.

Siapkan Data Identitas

Jika Anda ingin membeli tiket mudik secara kolektif untuk keluarga atau rekan sejawat, pastikan Anda memiliki semua identitas mereka, seperti nomor KTP dan Nama Lengkap. Sempatkan waktu untuk memindahkan data identitas tersebut ke dalam note atau microsoft word. Sehingga, saat pembelian tiket kamu tidak direpotkan untuk mencari data identitas mereka.

Cara yang lebih mudah, jika Anda suka memesan tiket dari salah satu platform online travel agent (OTA), Anda bisa mendaftarkan data penumpang di platform tersebut.

Pesan Dini Hari

Untuk mewujudkan lebaran bersama keluarga tahun ini, tidak ada salahnya berkorban untuk begadang mencari tiket kereta untuk mudik. Biasanya pada jam dini hari masih sedikit orang mengakses platform pembelian tiket kereta untuk mudik. Peluang Anda untuk mendapatkan tiket mudik akan lebih besar. Jangan lupa untuk memastikan jaringan internet Anda dalam kondisi yang stabil dan bagus.

Pilih Metode Pembayaran Instan

PT KAI menetapkan waktu 60 menit batas pembayaran saat pemesanan tiket kereta untuk mudik tahun ini. Jika dalam masa tersebut Anda tidak melakukan pembayaran, makan tiket yang Anda pesan, akan dijual kembali. Nah, agar tiket segera dapat ditangan, pilih metode pembayaran yang instan dan memudahkan Anda, seperti kartu kredit, mobile banking atau digital payment lainnya.

Jangan Bergantung Pada Satu Platform

Rumornya, setiap platform resmi penjualan tiket kereta online memiliki kuota. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan baik dan jangan bergantung pada satu platform saja. Walaupun Anda sudah setia dengan satu platform pembelian tiket online, tidak ada salahnya untuk mencoba platform online lain untuk mendapatkan tiket kereta mudik yang Anda inginkan. 

Apalagi di beberapa platform online tersebut juga memiliki promo potongan harga menarik atau cashback, jika pemesanan dilakukan dari ShopBack. Sehingga Anda pun dapat berhemat untuk mudik tahun ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aktifitas bongkar muat pelabuhan

Selasa, 02 Juni 2020 - 20:19 WIB

PT Pelabuhan Indonesia II (IPC) Berhasil Cetak Pendapatan Rp3,5 triliun Periode Januari-April 2020

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) / IPC membukukan pendapatan sebesar Rp. 3,5 triliun selama periode Januari-April 2020. Dengan capaian ini, IPC masih optimistis pendapatan usaha perseroan…

Rapat pleno Pengurus PWI Pusat

Selasa, 02 Juni 2020 - 20:13 WIB

PWI Pusat Dorong Dewan Pers Proses Secara Hukum Pembuat Sertifikat UKW Palsu

Perbuatan pemalsuan sertifikat UKW tersebut merupakan tindak pidana. Hal ini tidak boleh didiamkan.

Ketua Umum Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) Edy Suyanto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:30 WIB

Industri Keramik Kalang Kabut Harga Gas Tak Kunjung Turun, Asaki Beri Ultimatum PGN Hingga Menkeu

Asosiasi Aneka Keramik Indonesia (Asaki) mendesak PT Perusahaan Gas Negara Tbk. (PGN) sebagai suplier utama gas untuk industri agar segera bisa menyesuaikan sesuai Keputusan Menteri (Kepmen)…

Petani sedang garap sawah menggunakan traktor

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:28 WIB

BPS: Ekspor Pertanian Tumbuh 12,66 Persen

Di tengah melemahnya ekonomi nasional akibat wabah pandemi virus corona, ekspor pertanian tetap memperlihatkan kinerja yang baik. Tercatat, ekspor pertanian April 2020 sebesar US$ 0,28 miliar…

Ilustrasi jamaah haji. (Pradita Utana/NurPhoto)

Selasa, 02 Juni 2020 - 18:12 WIB

Haji 2020 Batal Demi Kesehatan, Pemerintah Pastikan Dana yang Sudah di Setor akan Disimpan dan Dikelola

Karena pandemi covid-19, Pemerintah resmi memutuskan untuk membatalkan pemberangkatan jamaah Ibadah Haji 1441 Hijriah dari Indonesia. "Pemerintah memutuskan untuk tidak memberangkatkan Ibadah…