Ini Kiat Mendapatkan Tiket Kereta untuk Mudik Lebaran

Oleh : Hariyanto | Jumat, 01 Maret 2019 - 19:24 WIB

Penumpang Kereta Api (ist)
Penumpang Kereta Api (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penjualan tiket kereta api untuk perjalanan mudik lebaran sudah resmi dijual PT KAI pada 25 Februari lalu, baik di situs resmi PT KAI atau pun platform penjualan tiket kereta api online.

Tahun ini PT KAI menyediakan kereta api sebanyak 393 kereta api, naik 3 persen dibanding tahun lalu. Agar tidak kehabisan tiket kereta api saat mudik tahun ini, ada baiknya Anda untuk mengikuti beberapa kiat yang diberikan ShopBack.

Tentukan tanggal keberangkatan.

Hal yang paling penting adalah menentukan tanggal perjalanan mudik Anda. Meskipun pemerintah belum menetapkan tanggal cuti bersama. Namun, kamu sudah bisa mengira-ngira kapan waktu yang pas untuk mudik lebaran tahun ini. Jika sudah menentukan tanggal, cek jadwal reservasi dan pembelian kereta yang sudah ditentukan oleh PT KAI.

Siapkan Data Identitas

Jika Anda ingin membeli tiket mudik secara kolektif untuk keluarga atau rekan sejawat, pastikan Anda memiliki semua identitas mereka, seperti nomor KTP dan Nama Lengkap. Sempatkan waktu untuk memindahkan data identitas tersebut ke dalam note atau microsoft word. Sehingga, saat pembelian tiket kamu tidak direpotkan untuk mencari data identitas mereka.

Cara yang lebih mudah, jika Anda suka memesan tiket dari salah satu platform online travel agent (OTA), Anda bisa mendaftarkan data penumpang di platform tersebut.

Pesan Dini Hari

Untuk mewujudkan lebaran bersama keluarga tahun ini, tidak ada salahnya berkorban untuk begadang mencari tiket kereta untuk mudik. Biasanya pada jam dini hari masih sedikit orang mengakses platform pembelian tiket kereta untuk mudik. Peluang Anda untuk mendapatkan tiket mudik akan lebih besar. Jangan lupa untuk memastikan jaringan internet Anda dalam kondisi yang stabil dan bagus.

Pilih Metode Pembayaran Instan

PT KAI menetapkan waktu 60 menit batas pembayaran saat pemesanan tiket kereta untuk mudik tahun ini. Jika dalam masa tersebut Anda tidak melakukan pembayaran, makan tiket yang Anda pesan, akan dijual kembali. Nah, agar tiket segera dapat ditangan, pilih metode pembayaran yang instan dan memudahkan Anda, seperti kartu kredit, mobile banking atau digital payment lainnya.

Jangan Bergantung Pada Satu Platform

Rumornya, setiap platform resmi penjualan tiket kereta online memiliki kuota. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan baik dan jangan bergantung pada satu platform saja. Walaupun Anda sudah setia dengan satu platform pembelian tiket online, tidak ada salahnya untuk mencoba platform online lain untuk mendapatkan tiket kereta mudik yang Anda inginkan. 

Apalagi di beberapa platform online tersebut juga memiliki promo potongan harga menarik atau cashback, jika pemesanan dilakukan dari ShopBack. Sehingga Anda pun dapat berhemat untuk mudik tahun ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:57 WIB

Usai Pemilu Investor Didorong Lirik 10 Saham Pilihan

Jakarta - Mengawali pekan pertama paska perhelatan besar pemilu, kondisi kepastian yang mulai terbentuk akan menjadi salah satu faktor pendorong untuk kembali naiknya IHSG hingga beberapa waktu…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:32 WIB

Awal Pekan IHSG Bertahan di Atas 6500

Jakarta - Pergerakan IHSG secara teknikal cenderung membentuk pola bearish counter attack dengan indikasi kembali mengalami konsolidasi cenderung tertekan diarea level psikologis 6500.

Kapal Ternak (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 05:37 WIB

Kapal Ternak Sebagai Wujud Implementasi Program Tol Laut

Jakarta, Pemerintah telah mencanangkan program Nawa Cita salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dengan implementasi Program Tol Laut yang secara umum dilatarbelakangi…

Sekjen Kementan Syukur Iwantoro di MIA Expo

Senin, 22 April 2019 - 05:28 WIB

MIA Percepat Tumbuhkan Generasi Petani Melenial

Jakarta - Masa depan sektor pertanian sangat bergantung dengan generasi muda Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) siap untuk memfasilitasi dan mendukung para agropreneur muda…

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…