Pacu Ekspor, Semen Indonesia Bidik Pasar Baru di Luar Negeri

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 01 Maret 2019 - 11:07 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  PT Semen Indonesia Tbk mencatatkan pertumbuhan penjualan 5,8 persen pada tahun 2018 dibanding tahun sebelumnya. Volume penjualan pada 2018 mencapai 33,2 juta ton, meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya mencapai 31,3 juta ton.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Semen Indonesia, Sigit Wahono menjelaskan, dari pertumbuhan sepanjang 2018, kontribusi yang paling besar pertumbuhannya adalah penjualan ke luar negeri. "Pada 2018 pertumbuhan penjualan semen di pasar ekspor mencapai 68,7 persen, sedangkan pasar domestik hanya tumbuh 1,2 persen," kata Sigit di Gresik, belum lama ini.

Sigit mengaku, lesunya pertumbuhan penjualan di pasar domestik tak lepas dari kondisi yang oversupply, di mana perusahaan di sektor produksi semen bertambah. Maka dari itu, lanjut Sigit, demi meningkatkan pertumbuhan penjualan pada 2019, pihaknya akan terus mendorong penjualan ekspor.

"Kami siapkan pengembangan pasar-pasar baru seperti di Australia. Tahun lalu kami sudah ekspor ke sana dan responnya positif," ujar Sigit.

Selain Australia, lanjut Sigit, pasar luar negeri yang juga potensial untuk pemasaran semen adalah Sri Lanka, Bangladesh, Filifina, dan beberapa negara di Afrika. Negara-negara tersebut dijadikan target karena produksi semen di sana terbilang masih kurang. Sehingga negara-negara tersebut mengimpor semen dari negara lain, dan salah satu yang diminati adalah semen dari Indonesia

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Irwan Prayitno Gubernur Sumatera Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 22:30 WIB

Bazar Ramadhan Menjaga Stabilitas Harga Kebutuhan Bahan Pokok Masyarakat

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka bazar Ramadhan di halaman Kantor Gubernur mulai tanggal 21-24 Mei 2019. Bazar ini diadakan setiap tahunnya dalam rangka menjaga stabilitas harga…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 22:00 WIB

Ketua DPR: Sikapi Rekapitulasi Akhir Pemilu dengan Arif dan Bijaksana

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo bersyukur tahapan akhir Pemilu 2019 telah selesai ditandai dengan diumumkannya hasil rekapitulasi suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa dini hari (21/05/19).…

Dari kiri ke kanan: Manager Komunikasi Internal BNI Syariah, Alyusri; Pgs Manager Koordinator BNI Syariah, Iqbal Taqiudin; Sekretaris Perusahaan BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari.

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:52 WIB

Green Ramadhan, BNI Syariah Gelar Serangkaian Kegiatan dan Promo

Green Ramadhan, BNI Syariah Gelar Serangkaian Kegiatan dan Promo

Menhan Ryamizard Ryacudu-foto RiauOnline.com

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:30 WIB

Menhan Ryacudu Pastikan Kondisi Aksi 22 Mei Kondusif Stabil

Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizad Ryacudu memastikan kondisi keamanan menjelang aksi 22 Mei 2019 berjalan kondusif dan stabil.

Kemensos Pastikan Ida Faridha Mendapatkan PKH

Selasa, 21 Mei 2019 - 21:20 WIB

Kemensos Pastikan Ida Faridha Mendapatkan PKH

Pemerintah mengabulkan harapan Ida Faridha (54) warga Kawarang untuk mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengaku telah menelusuri keberadaan…