Qlue Menerima Penghargaan Bergengsi di The 7th World Government Summit

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Februari 2019 - 09:02 WIB

Qlue Menerima Penghargaan Bergengsi di The 7th World Government Summit
Qlue Menerima Penghargaan Bergengsi di The 7th World Government Summit

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Sejak awal kemunculannya di tahun 2016, Qlue terus bersinar dengan  beragam pencapaian positif. Kali ini di hari jadinya yang ke 3, Qlue meraih penghargaan di tingkat internasional, The 7th World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab pada  tanggal 10-12 Februari 2019.

Di ajang bergengsi tersebut, Qlue berhasil mendapatkan anugerah  penghargaan Best Mobile Government Service untuk kategori Public Empowerment, menggeser 5 (lima)  nominator pesaingnya termasuk 2 (dua) diantaranya adalah aplikasi Pakistan Citizen Portal dari negara  Pakistan dan NYC 311 dari Amerika Serikat. Pemenang kategori ini diberikan kepada pengembang aplikasi  inovasi kreatif berbasis telepon selular yang berhasil membantu pemerintah dalam mewujudkan  perubahan positif di negara setempat atau bahkan di dunia. 

 Adapun Qlue dinilai sebagai aplikasi yang mampu mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam  membantu pemerintah untuk memperbaiki lingkungan sekitarnya. Aplikasi Qlue Smart City merupakan  platform berbasis media sosial yang digunakan warga Jakarta untuk menyalurkan pengaduan layanan  publik.

Warga dapat menyampaikan segala hal terkait pelayanan publik dengan disertai gambar dan lokasi  berbasis geotag. Keberadaan aplikasi ini turut memberikan kontribusi pada akuntabilitas pemerintahan  dengan menyelesaikan segala permasalahan yang diadukan.

Sepanjang 2018, sebanyak 102.594 laporan  disampaikan oleh warga DKI Jakarta melalui aplikasi Qlue dengan lebih dari 82% telah ditindaklanjuti oleh  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Disamping itu pula tingkat kepercayaan masyarakat meningkat menjadi sekitar 47 persen dan 61,4% persen permasalahan publik dapat terselesaikan.

 Pencapaian ini sungguh istimewa bagi Qlue, mengingat Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI saat ini, pernah mendapatkan penghargaan global sebagai Menteri Terbaik di dunia (Best Minister in the World Award) di perhelatan yang sama tahun 2018 lalu.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada World Government Summit untuk penghargaan yang diberikan kepada Qlue sebagai Best Mobile Government Service kategori Public Empowerment. Pencapaian ini merupakan sebuah kebanggaan sekaligus tantangan bagi kami untuk terus berinovasi dengan mengembangkan teknologi Smart City yang dapat membantu  masyarakat sesuai dengan misi Qlue,” kata Rama Raditya, pendiri sekaligus CEO Qlue.

Kebanggaan Qlue mendapatkan pengakuan dunia juga diungkapkan oleh Setiaji Irono selaku Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Kami bangga karena Qlue sebagai karya anak bangsa mendapatkan pengakuan dunia dengan  penghargaan Best Mobile Government Service. Ini semua tidak terlepas dari dukungan banyak pihak. Kedepannya, kami ingin aplikasi Qlue Smart City dapat terintegrasi dengan aplikasi dari pemerintah pusat sehingga pengaduan karena masalah pemerintah pusat dapat terselesaikan,” ucap Setiaji di Dubai belum lama ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin yang menjadi  pemimpin delegasi Indonesia pada World Government Summit, di Dubai, menyampaikan ucapan selamat  kepada Qlue. “Kami mengucapkan selamat kepada Qlue atas keberhasilannya meraih penghargaan dalam  World Government Summit untuk kategori Public Empowerment. Semoga penghargaan ini dapat  digunakan oleh pemerintah daerah untuk mengatasi isu lingkungan di wilayahnya serta bermanfaat bagi  masyarakat luas,” ujar Syafruddin di Dubai

 Ucapan selamat kepada Qlue secara resmi juga disampaikan oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di  Dubai, Ridwan Hassan, yang juga didampingi anggota delegasi Indonesia untuk World Government  Summit 2019, “Kami sebagai perwakilan Indonesia di Dubai, merasa sangat bangga melihat salah satu  aplikasi rintisan anak bangsa mendapatkan apresiasi dunia melalui penghargaan yang diperoleh Qlue  sebagai Best Mobile Government. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi generasi muda lainnya untuk  berkarya dan lebih meningkatkan kreatifitas”.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO CoinEx Haipo Yang

Kamis, 29 September 2022 - 20:54 WIB

Membaca Kiprah Crypto Exchange CoinEx untuk Donasi Kemanusiaan

Jakarta-Berkomitmen pada gagasan amal tanpa batas telah menjadi visi awal dari organisasi nirlaba yang dihadirkan bursa kripto CoinEx, CoinEx Charity.

Bank Sumut (Foto Ist)

Kamis, 29 September 2022 - 20:24 WIB

Perbesar Kredit ke Sektor Riil, Bank Sumut Siap Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Medan– Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, karena menjadi basis berbagai komoditas unggulan nasional serta sentra manufaktur di luar Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto Doc Golkar

Kamis, 29 September 2022 - 20:14 WIB

Ekonomi Digital Indonesia akan Capai 150 Miliar US di 2025, Pemerintah Harus Siapkan Infrastruktur dan Tingkatkan SDM

Jakarta - Pertumbuhan Ekonomi digital akan sangat dinikmati oleh kaum muda Indonesia. Untuk itu, pemerintah diminta tidak hanya menyiapkan infrastruktur, tetapi juga meningkatkan sumber daya…

Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu, namun tertunda. Doc DPR

Kamis, 29 September 2022 - 20:06 WIB

Pertemuan Airlangga-Puan Bakal Buka Peluang Koalisi Pilpres 2024

Jakarta- Ketua DPP PDIP Puan Maharani dalam waktu dekat akan segera bertemu dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sebelumnya, pertemuan kedua elite itu dijadwalkan pada bulan lalu,…

forum diskusi bertema “Kelola Rencana Keuangan Ala Milenial Miliki Properti,”

Kamis, 29 September 2022 - 19:48 WIB

Synthesis Huis Berikan Solusi Keuangan Bagi Executive Milenial untuk Miliki Rumah di Jakarta

Hadirnya Synthesis Huis di wilayah Cijantung, Jakarta Timur dapat dijadikan pilihan hunian bagi semua kalangan termasuk executive milenial. Hal ini diungkapkan oleh Managing Director Synthesis…