Kualitas Perguruan Tinggi Jadi Perhatian Khusus Capres Jokowi

Oleh : Herry Barus | Senin, 25 Februari 2019 - 09:00 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Sentul- Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo akan terua meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Tanah Air untuk mendukung munculnya sumber daya manusia berkelas premium.

"Saya akan terus meningkatkan kualitas perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan memperbaiki kualitas pembangunan di seluruh pelosok Tanah Air," kata Jokowi dalam pidato saat Konvensi Rakyat Optimis Indonesia Maju di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu  (24/2/2019).

Jokowi yang juga calon presiden petahana itu, mengatakan akan terus meningkatkan dana abadi pendidikan dan penelitian.

"Saat ini kita telah memiliki, telah memupuk dana abadi pendidikan sebesar Rp66 triliun. Ini jumlah yang besar sekali dan akan terus kita tingkatkan hingga mencapai Rp100 triliun dalam waktu lima tahun ke depan," katanya.

Pemerintah, katanya, juga telah memulai Rp1 triliun dana abadi penelitian. 

Ke depan Jokowi ingin meningkatkan dana abadi penelitian dan pengembangan hingga mencapai Rp55 triliun.

"Saya juga akan membentuk dana abadi untuk mendukung perguruan perguruan tinggi terbaik di Indonesia agar masuk dalam peringkat terbaik dunia," katanya.

Pada 2020, ia mengatakan akan memulai dengan alokasi dana kurang lebih Rp10 triliun.

"Saya optimis maju, setara dengan SDM premium, generasi muda atau milenial kita akan mampu bersaing dan eksis dalam kompetisi global," katanya.

Jokowi kemudian menceritakan empat unicorn Indonesia yang telah menembus skala global.

"Indonesia memiliki unicorn terbanyak di Asia Tenggara yang telah memberi manfaat bagi jutaan UKM untuk masuk ke pasar nasional dan regional serta global," katanya.

Ia mengatakan pemerintah telah memberikan "digital talent scholarship" untuk 1.000 orang pada 2018 dan ditargetkan hingga 20.000 orang pada 2020. 

"Saya yakin akan makin banyak `start up` (usaha rintisan, red.) baru melalui jejaring, tukar pikiran dan ide, dan saling percaya untuk bekerja sama. ?Saya yakin generasi milenal Indonesia mampu menembus pasar global," kata Jokowi. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CK Fong Presiden Direktur Treasure Bay Bintan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 15:00 WIB

Setahun, Treasure Bay Bintan Dikunjungi 180 Ribu Wisatawan

Objek wisata Treasure Bay yang ada di kawasan wisata Lagoi, Bintan masih menjadi objek wisata unggulan di Pulau Bintan bahkan di Kepri. Pada 2018 saja, resort yang dibangun dilahan seluas 338…

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto PuspenTNI)

Jumat, 19 April 2019 - 13:00 WIB

Aparat Keamanan akan Tindak Tegas Upaya Ganggu Ketetertiban Masyarakat

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap pihak-pihak yang berusaha mengganggu keamanan dan ketertiban. Apalagi, bila upaya itu dilakukan…

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:26 WIB

Kapolri Tito Karnavian Pastikan Pelaksanaan Pencoblosan Berlangsung Aman Terkendali

Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian menyebutkan tidak ada kejadian signifikan yang mengganggu pelaksanaan pencoblosan suara pada 17 April 2019.

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:19 WIB

Tetap Waspada, Potensi Hujan Lebat Masih akan Terjadi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan release peringatan dini cuaca terbaru mulai Kamis (18/4/2019) sampai 2 hari kedepan (20/4/2019). Berdasarkan pengamatan BMKG,…