Kualitas Perguruan Tinggi Jadi Perhatian Khusus Capres Jokowi

Oleh : Herry Barus | Senin, 25 Februari 2019 - 09:00 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Sentul- Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo akan terua meningkatkan kualitas perguruan tinggi di Tanah Air untuk mendukung munculnya sumber daya manusia berkelas premium.

"Saya akan terus meningkatkan kualitas perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan memperbaiki kualitas pembangunan di seluruh pelosok Tanah Air," kata Jokowi dalam pidato saat Konvensi Rakyat Optimis Indonesia Maju di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu  (24/2/2019).

Jokowi yang juga calon presiden petahana itu, mengatakan akan terus meningkatkan dana abadi pendidikan dan penelitian.

"Saat ini kita telah memiliki, telah memupuk dana abadi pendidikan sebesar Rp66 triliun. Ini jumlah yang besar sekali dan akan terus kita tingkatkan hingga mencapai Rp100 triliun dalam waktu lima tahun ke depan," katanya.

Pemerintah, katanya, juga telah memulai Rp1 triliun dana abadi penelitian. 

Ke depan Jokowi ingin meningkatkan dana abadi penelitian dan pengembangan hingga mencapai Rp55 triliun.

"Saya juga akan membentuk dana abadi untuk mendukung perguruan perguruan tinggi terbaik di Indonesia agar masuk dalam peringkat terbaik dunia," katanya.

Pada 2020, ia mengatakan akan memulai dengan alokasi dana kurang lebih Rp10 triliun.

"Saya optimis maju, setara dengan SDM premium, generasi muda atau milenial kita akan mampu bersaing dan eksis dalam kompetisi global," katanya.

Jokowi kemudian menceritakan empat unicorn Indonesia yang telah menembus skala global.

"Indonesia memiliki unicorn terbanyak di Asia Tenggara yang telah memberi manfaat bagi jutaan UKM untuk masuk ke pasar nasional dan regional serta global," katanya.

Ia mengatakan pemerintah telah memberikan "digital talent scholarship" untuk 1.000 orang pada 2018 dan ditargetkan hingga 20.000 orang pada 2020. 

"Saya yakin akan makin banyak `start up` (usaha rintisan, red.) baru melalui jejaring, tukar pikiran dan ide, dan saling percaya untuk bekerja sama. ?Saya yakin generasi milenal Indonesia mampu menembus pasar global," kata Jokowi. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perum Jamkrindo support pengobatan mata

Kamis, 27 Juni 2019 - 15:29 WIB

Perum Jamkrindo Beri Bantuan Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kacamata Gratis

Cirebon - Perum Jamkrindo mengadakan kegiatan bakti sosial berupa pemeriksaan mata gratis dan pemberian kacamata gratis kepada masyarakat Desa Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat, Kamis 27 Juni…

 Ferrari SF90 Stradale (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 15:00 WIB

Tur Eksklusif Ferrari Menjelajahi Capri Pantai Amalfi

Lebih dari 100 mobil Ferrari dari seluruh dunia bertemu di Campania untuk mengikuti Ferrari Cavalcade edisi ke-8

Tifanny Meilianti, Project Manager E-Learning GMT Institute

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:37 WIB

Menguasai Property Management Melalui E-Learning

Di era digitalisasi yang semakin berkembang, kebutuhan akan konsep suatu pembelajaran berbasis teknologi mulai diminati oleh banyak kalangan, mulai dari pendidik hingga pebisnis. 

Ilustrasi Bitcoin (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:00 WIB

Libra Bitcoin

Direktur Utama Bank BRI Suprajarto menjadi pembicara dalam salah satu forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berjudul Micro, Small and Medium-sized Enterprises (MSME) Day 2019 yang diselenggarakan…

Bedah rumah Kementerian PUPR

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:48 WIB

Tahun 2019, Bedah Rumah Kementerian PUPR Sasar 3.000 Rumah MBR di Bali

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki program peningkatan kualitas hunian masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui program Bantuan Stimulan Stimulan Perumahan…