Anchor Food Professionals Gelar Anchor Chef Competition 2019

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 23 Februari 2019 - 12:56 WIB

Pemenang Anchor Chef Competition 2019/ foto Hersa Anwari.
Pemenang Anchor Chef Competition 2019/ foto Hersa Anwari.

INDUSTRY.co.id, Denpasar–Anchor Food Professionals (AFP), bisnis foodservice dari Fonterra Brands Indonesia, menggelar Anchor Chef Competition 2019 yang diadakan pada 21 Februari 2019 di Taman Bhagawan, Bali. Kompetisi ini bertujuan untuk mengembangkan talenta para Chef dan potensi kuliner Indonesia, khususnya di pulau Bali dengan menyajikan resep dan hidangan terbaik menggunakan produk olahan susu dari AFP. Anchor Chef Competition 2019 merupakan bentuk komitmen AFP dalam meningkatkan inovasi pada  industri makanan dan minuman di Indonesia.

Brian Juan, Marketing Manager, PT Fonterra Brands Indonesia, mengatakan, “Kami memilih Bali menjadi salah satu area fokus AFP karena memiliki potensi kuliner yang sangat menjanjikan, termasuk sajian berbasis produk olahan susu dan komunitas Chef yang kuat. Hal ini semakin diperkuat oleh pernyataan dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia pada tahun 2018 lalu, yang telah menetapkan Bali sebagai salah satu destinasi kuliner Indonesia.”

“Melalui tema ‘Indonesian Fusion’, kami ingin mendorong para Chef untuk berkreasi maksimal demi meningkatkan inovasi hidangan Indonesia dengan kombinasi bahan berbasis produk olahan susu dari AFP yang berkualitas tinggi,” tambah Brian Juan.

Anchor Chef Competition 2019 terdiri dari dua kategori yaitu Pastry Challenge dan Culinary Challenge yang melibatkan maksimal 20 partisipan dari masing-masing kategori. Para juri terdiri dari perwakilan Chef AFP Regional, perwakilan Indonesian Chef Association di Bali, dan pakar kuliner Indonesia. Kriteria penilaian mencakup aspek: Mise en Place (perencanaan dan persiapan kegiatan memasak), Correct Professional Preparation (persiapan profesional yang tepat), Service (pelayanan), Presentation & Innovation (penyajian & inovasi), dan Taste (rasa).

Chef Steven Ong, Anchor Food Professionals Regional Advisory Chef untuk Bakery, menyampaikan, “Tren pastry and bakery di Indonesia secara keseluruhan sangat tinggi dengan menjamurnya kafe, food-preneur start-up, dan bahkan online shop bakery. Hal ini otomatis akan memacu kreativitas Chef dalam menciptakan kreasi makanan yang menarik dan tentunya kualitas rasa yang tinggi dengan menggunakan produk olahan susu terbaik dari Anchor Food Professionals. Saya yakin Anchor Chef Competition 2019 akan menjadi sebuah program bergengsi untuk menemukan talenta luar biasa di bidang pastry and bakery dan menjadikan Chef Indonesia sebanding dengan Chef terbaik dunia.”

Chef Henry Alexie Bloem, President of Indonesian Chef Association, menjelaskan, “Saya selalu optimis terhadap kuliner Indonesia dan bangga sekali dapat menjadi bagian dari Anchor Chef Competition 2019 ini. Saya sangat menantikan kreativitas Chef dalam mengombinasikan hidangan tradisional dengan bahan istimewa seperti produk olahan susu, karena dapat memperkaya cita rasa dan menaikkan kelas hidangan tersebut. Saya berharap kompetisi ini dapat mendorong para Chef berbakat, terutama di Bali, untuk terus melestarikan hidangan khas Indonesia.”

Selain Anchor Chef Competition 2019, AFP juga telah sukses menggelar sejumlah kompetisi serupa sebagai bentuk kontribusi terhadap industri foodservice Indonesia yaitu antara lain ‘Fonterra Pastry Chef Competition 2007 – Jakarta’, ‘Fonterra Pastry Competition 2008 – Jakarta’, ‘Fonterra Pastry Chef Challenge 2010 & 2011 – Jakarta’, ‘Pastry Chef Challenge 2012 – Jakarta’, dan ‘Pastry Chef Challenge 2013 – Bali’.

AFP merupakan penyedia foodservice terkemuka di Indonesia yang mensuplai ke 8.000 customer aktif dengan produk olahan susu berkualitas tinggi dari New Zealand seperti mentega, susu, keju alami dan olahan, krim keju, krim UHT untuk baking dan memasak. Dengan tim berdedikasi yang meliputi teknisi berpengalaman, koki, dan tenaga pemasaran profesional, AFP juga memberikan solusi terintegrasi dalam memenuhi kebutuhan customer di semua segmen pasar foodservice termasuk hotel, restoran, bakeries, katering, dan pelaku industri makanan minuman lainnya.

Sebagai perusahaan produk nutrisi susu dan turunannya yang berasal dari Selandia Baru, Fonterra Brands Indonesia telah mensuplai kebutuhan nutrisi susu terbaik untuk keluarga Indonesia selama lebih dari 30 tahun melalui brand Anlene, Anmum, Anchor Boneeto, dan Anchor Food Professionals. Fonterra Brands Indonesia berkomitmen untuk memberikan kualitas tinggi bagi setiap produknya melalui prinsip Trusted Goodness™ dan menjamin proses rantai pasokan mulai dari ‘rumput hingga ke gelas’ berstandar kelas dunia.

“Komitmen tersebut yang memacu kami untuk terus meningkatkan potensi industri makanan dan minuman Indonesia serta menginspirasi keluarga Indonesia hidup maksimal dengan nutrisi susu yang terpercaya demi Indonesia yang lebih sehat, kuat, dan bahagia,” tutup Brian Juan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja (Foto Ist)

Rabu, 24 Juli 2019 - 07:00 WIB

Euromoney Nobatkan BCA sebagai Bank Terbaik

Kinerja, pencapaian, dan transformasi layanan perbankan yang dilakukan BCA menuai pengakuan hingga ke kancah internasional. Melalui ajang Euromoney Awards for Excellence 2019, PT Bank Central…

PT Jasa Marga

Rabu, 24 Juli 2019 - 07:00 WIB

Semester I 2019, Jasa Marga Catat EBITDA Sebesar Rp 3,34 Triliun

Pada Semester I Tahun 2019, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. berhasil mencatat EBITDA sebesar Rp3,34 triliun, tumbuh sebesar 15,4% dibandingkan dengan Semester I tahun lalu. Jasa Marga pada periode…

 Cabai di Pasar

Rabu, 24 Juli 2019 - 06:58 WIB

Program Simantri Sukses Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Manggarai - Pelbagai upaya dilakukan Kementerian Pertanian guna meningkatkan kesejahteraan petani. Salah satunya SIMANTRI. SIMANTRI adalah Kegiatan Sistem Manajemen Pertanian Terintegrasi yang…

Direktur Konsumer Bank Bukopin Rivan A Purwantono dengan Presiden Direktur KB Insurance Cho Jeong Lae dan Direktur Operasional KB Insurance Hasan dengan disaksikan oleh Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo

Rabu, 24 Juli 2019 - 06:45 WIB

Bank Bukopin-KB Insurance Kerja Sama Asuransi Kerugian

Jakarta – PT Bank Bukopin Tbk dan PT KB Insurance Indonesia hari ini melaksanakan penandatanganan kerja sama penjualan Bancassurance Referensi dalam rangka produk bank untuk Asuransi Kendaraan…

Sriwijaya Air Dukung Pergelaran Jambore Sahabat Anak XXII

Rabu, 24 Juli 2019 - 06:00 WIB

Sambut HAN, Sriwijaya Air Dukung Pergelaran Jambore Sahabat Anak XXII

Sebagai salah satu bentuk kegiatan sosial dan bentuk kasih kepada penerus bangsa, Sriwijaya Air hadir dan turut mendukung kegiatan Jambore Sahabat Anak XXII. Kegiatan yang diprakarsai oleh Komunitas…