Jual Hunian untuk Komersial, Bos Pengembang Kuningan Place Jadi Terdakwa Kasus Pidana Penipuan di PN Jaksel

Oleh : Wiyanto | Kamis, 21 Februari 2019 - 14:24 WIB

Ilustrasi Properti
Ilustrasi Properti

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Pemilik PT Brahma Adhiwidia (PT BAW) menceritakan persoalan pembelian properti yang berujung penipuan. Dua lantai yang dibeli di Tower Kuningan Place, khusunya Lumina Tower, Jakarta, pada November 2011, seluas 2.000 meter persegi di lantai 7 dan 8 Lumina Kuningan Place.

Semua berawal dari saat Indri Gautama mengundang Billyani Thania, pemilik PT Brahma Adhiwidia (PT BAW) makan siang sekaligus menawarkan Lumina Tower Kuningan Place untuk perkantoran komersial. Billyani bersedia membeli bahkan membayar lunas lantaran dijanjikan sertifikat dari properti yang dibelinya akan segera selesai.

Meskipun telah membayar lunas pembelian area sampai kini konsumen belum juga menerima sertifikat dari pengembang sehingga ruang kantor tersebut tidak bisa digunakan oleh konsumen.

"Sayangnya meski pembayaran sudah dilunasi, PT KMP tak juga memberikan sertifikat atas ruang kantor yang sudah dibeli PT BAW," kata dia di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Ia menjelaskan, tanpa adanya sertifikat, PT BAW pun tak bisa menggunakan dua lantai ruang tersebut untuk kegiatan bisnisnya. Kondisi ini diperparah oleh langkah PT KMP yang menggandeng sebuah yayasan untuk memakai ruang tersebut untuk sekolah dan tanpa sepengetahuan dan ijin PT BAW sebagai pemilik 2 lantai, PT KMP bersama Evelyn Nadeak merubah peruntukan 2 lantai tersebut sebagai sekolah.Permohonan izin yang kacau balau itu makin memojokan PT BAW hingga tak bisa menggunakan area seluas dua lantai di Lumina Tower Kuningan Place tersebut. Lantaran sampai bertahun tahun sertifikat yang dijanjikan tak juga diperoleh, akhirnya PT BAW mengadukan PT KMP, Yusuf Valent dan Indri Gautama ke polisi.

PT BAW mengadukan PT KMP, Yusuf Valent dan Indri Gautama dengan tuduhan telah melakukan penipuan. Hingga kini sidang tindak pidana tersebut masih berjalan di PN Jakarta Selatan dengan terdakwa Yusuf Valent.

Persoalan lain yang mencuat adalah Kuningan Place yang dipasarkan Direktur Utama PT Kemuliaan Megah Perkasa (PT KMP) Yusuf Valent bersama Indri Gautama sebagai area komersial ternyata izin peruntukan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah hunian.

Hal ini terungkap dari keterangan saksi ahli yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yakni Yuli Astuti, staf Bidang Pengawasan Bangunan Dinas Cipta Karya DKI Jakarta, dalam sidang dugaan tindak pidana penipuan dengan terdakwa Direktur Utama PT KMP Yusuf Valent di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (13/2/2019). Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Asiadi Sembiring, Rabu (13/2/2019).

Dalam sidang, saksi menjelaskan bahwa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Kuningan Place diterbitkan tahun 2008 oleh Dinas P2P DKI Jakarta yang dilengkapi dengan gambar maket. IMB Nomor 7404 itu adalah untuk hunian dan fasilitasnya.

Ketua Majelis Hakim Asiadi Sembiring pun menanyai keterangan saksi dengan detail. Sidang pun berjalan lancar. Yuli menyebutkan, perubahan fungsi itu diketahui setelah dilakukan pengawasan lapangan pada tahun 2015. "Kami sudah melakukan tindakan dan meminta developer untuk melakukan perubahan IMB," tegas Yuli.

Bukan itu saja, Yuli juga menyebutkan bahwa IMB yang diajukan PT KMP hanya untuk 2 tower yaitu Infinia setinggi 25 lantai dan Ultima setinggi 14 lantai plus tiga basement.

Namun, kata dia, Direktur Utama PT KMP Yusuf Valent, pengembang Kuningan Place, bersama Indri Gautama tetap menawarkan area Lumina Tower sebagai lokasi kantor komersial senilai Rp 34,6 miliar kepada konsumen. KMP, Yusuf Valent, bersama-sama Indri Gautama tak kunjung menyerahkan sertifikat kepada konsumen sejak tahun 2011 hingga kini.

Kita tetap membayar biaya service charge sebesar Rp 88 juta per bulan,"

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…