Kenaikan Harga Gula Dikhawatirkan Gencet Industri Kecil

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 19 Februari 2019 - 11:00 WIB

Ilustrasi Gula (Antaranews.com)
Ilustrasi Gula (Antaranews.com)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah belum memutuskan besaran kenaikan harga gula di tingkat petani. Meski sebelumnya para petani yang tergabung dalam Andalan Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta kenaikan harga tersebut.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (Gapmmi), Adhi S Lukman, mengungkapkan kenaikan harga gula di tingkat petani akan berdampak pada sektor industri, khususnya industri skala kecil.

"Kita (industri besar) tidak terpengaruh, tapi industri kecil iya. Ada sebagian yang tidak bisa pakai gula rafinasi karena keterbatasan volume. Mau tidak mau mereka mengalami kenaikan pasti," ungkap dia di Cikupa, Tangerang, Banten, Senin (18/2/2019).

Namun demikian, kebutuhan gula petani sebagai bahan baku industri dinilai kecil, yaitu hanya sekitar 10 persen dari total kebutuhan gula di industri makanan dan minuman.

"(Volume kebutuhan) Perkiraan saya sekitar 300 ribuan ton setahun. Kira-kira 10 persen lah dari total pemakaian yang besar," jelas dia.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan, kenaikan harga gula petani ini masih akan dibahas dalam rapat terbatas (ratas). "Belum. Masih ratas, ratas belum selesai. Nanti. Kalau sudah, kita ketemu lagi dengan petani tebu," ujar dia.

Namun demikian, Presiden Jokowi menyatakan ingin agar masalah kenaikan harga gula petani ini segera diputuskan. "(Janjinya sepekan) Karena belum rampung. Pengennya kerja sesuai target tapi kan belum rampung. Saya pengennya cepat, kalau perlu sehari rampung lebih senang saya," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Booth PT Fajar Gelora lnti atau lebih dikenal dengan nama Fagetti di IndoBuildTech 2019, JCC.(Andi Mardana)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 16:07 WIB

Datang ke IndoBuildTech, Arsitek Bisa Diskusi dengan Master of Art Stone

Beberapa kreasi teknologi marmer tersebut akan ditampilkan di booth Fagetti di IndoBuildTech yang mengambil tema "Determining the Latest Trends in Marble Architecture".

President Director PT. Fajar Gelora Inti, Ferdinand Gumanti (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:54 WIB

Rubah Marmer Lebih Artistik, Fagetti Hadirkan Teknologi Terbaru IndoBuildTech 2019

PT Fajar Gelora Inti (Fagetti) meluncurkan teknologi marmer terbaru di lndoBuildTech 2019 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada tanggal 21-25 Agustus 2019.

Arsitek Delution, hadir di acara IndoBuildTech Jakarta The 2nd Phase di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/8).(Andi Mardana)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:36 WIB

Jakarta Architecture Installation Festival 2019 Hadir di JCC

Sebuah pameran mahakarya instalasi arsitek terkemuka di Hall A Jakarta Convention Center (JCC).

BNI Syariah di Islamic Tourism

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:36 WIB

BNI Syariah Gelar Acara Islamic Tourism Expo 2019

Jakarta - BNI Syariah menebar promo umroh murah dan beragam program menarik pada perhelatan Islamic Tourism Expo 2019. Pameran Umroh Haji & Wisata Halal terbesar dan terlengkap ini diselenggarakan…

Arena permainan olahraga di booth ISEF 2019 (Anto: Industry.co.id)

Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:10 WIB

ISEF 2019, Gelar Lomba Berhadiah Rp50 Juta

Jakarta - Secara khusus, Dinas-dinas Pemuda dan Olahraga-Kemenpora dari berbagai wilayah di Indonesia berpartisipasi di ISEF sebagai representasi spirit dan komitmen peningkatan prestasi olahraga,…