Sinar Mas Wakafkan Alquran di Depok

Oleh : Ridwan | Senin, 18 Februari 2019 - 15:55 WIB

Sinar Mas lanjutkan program Wakaf Quran bagi Negeri di kawasan Depok, Jawa Barat
Sinar Mas lanjutkan program Wakaf Quran bagi Negeri di kawasan Depok, Jawa Barat

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Langkah Sinar Mas mendukung pemenuhan kebutuhan mushaf Alquran di lembaga pendidikan, berlanjut saat program Wakaf Quran bagi Negeri menjangkau kawasan Depok, Jawa Barat. Kali ini, nushaf Alquran diberikan kepada Pondok Pesantren Cendekia Amanah Depok.

"Wakaf diperuntukkan bagi Ponpes Cendekia Amanah," ujar Ketua Umum Yayasan Muslim Sinar Mas, Saleh Husin seusai penyerahan simbolik mushaf Alquran kepada pengasuh Pondok Pesantren Cendekia Amanah, yang juga Ketua Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. M. Cholil Nafis di Depok (17/2).

Saleh mengungkapkan, di lingkup Sinar Mas terdapat lebih dari 300 sarana peribadatan Islam seperti mesjid dan mushala, dimana pihaknya berharap dapat menjadi wahana penyebarluasan nilai keislaman yang terbuka, damai, toleran dan peduli sesama. 

"Itu sebabnya, kami sembari bersilaturahim, menyerap ide dari organisasi, lembaga pendidikan serta sosok yang selama ini menjadi pusat syiar Islam moderat," terangnya.

Menurut KH Cholil Nafis, Alquran yang diberikan oleh Yayasan Muslim Sinarmas sangat membantu umat untuk belajar.

"Jadi ada cetaknya yang mudahkan kami menghapal.  Yang kedua, bagi mereka yang mau baca terjemahan, disebelahnya ada terjemahannya. jadi susunannya mudah untuk jadi penghafal. Yang kedua, bagi yang gak mengerti lebih mudah membaca terjemahannya," ujar nya. 

Adapun kegiatan ini dihadiri juga Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. Ia memberikan apresiasi tinggi kepada Yayasan Muslim Sinar Mas dalam komitmennya  mendukung langkah Pemerintah memperluas ketersediaan Alquran di masyarakat.

"Saya bersyukur, menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada siapapun pihak, yang telah mewakafkan Alquran dalam hal ini Sinar Mas. Mudah-mudahan apa yang dilakukan ini betul betul mampu meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan" Kata Menteri Agama Republik Indonesia, H. Lukman Hakim Saifuddin.

Selain pemberian Alquran ke Ponpes Cendekia Amanah, Yayasan Muslim Sinar Mas juga akan menyerahkan Alquran ke Masjid Universitas Indonesia.

"Pihak pengurus akan menyalurkannya ke mesjid dan mushola di sejumlah fakultas yang berada di UI. Semoga kegiatan ini dapat membantu memperluas akses umat terhadap mushaf Alquran," kata Saleh Husin.

Sebelumnya, ratusan mushaf juga telah diwakafkan bagi beberapa pondok pesantren di Jakarta. Sejak awal tahun ini, sudah lebih dari 1.000 wakaf Alquran diberikan.

Program Wakaf Quran untuk Negeri telah berlangsung sejak tahun 2008 dengan dukungan Asia Pulp & Paper Sinar Mas. Sepanjang kurun waktu tersebut, tersalurkan lebih dari 800 ribu mushaf Alquran, 50.000 buku panduan membaca Alquran dan Juz Amma, juga 300 set Alquran Braille bagi tuna netra, baik melalui mitra, maupun pilar bisnis Sinar Mas yang tersebar di berbagai wilayah. 

Menurut Saleh, kegiatan ini sekaligus menjadi kesempatan bagi Sinar Mas dalam menjalankan program corporate social responsibility mengedepankan produk dan merek andalan sendiri. 

Seluruh Alquran yang diwakafkan dicetak di atas kertas Sinar Tech atau lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP) yang dikembangkan oleh Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang Mills guna pencetakan kitab suci dan buku agama. Quran Paper yang memenuhi sertifikat halal dari MUI karena bahan baku dan proses produksinya memenuhi kaidah kehalalan ini, hingga 90 persen produksinya di ekspor ke berbagai negara Asia dan Afrika.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…