Saatnya Bangun Infrastruktur Untuk Mendorong Pariwisata Banten

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 Februari 2019 - 10:47 WIB

Pantai Tanjung Lesung (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Pantai Tanjung Lesung (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - 28 tahun yang lalu, Joop Ave, Menteri Pariwisata dan Postel di masa kepemimpinan Presiden Soeharto, telah merencanakan Tanjung Lesung akan menjadi Nusa Dua-nya Banten berkat keindahan dan kecantikan pantainya.

Joop Ave yang merupakan motor pengembangan pariwisata di Bali khususnya kawasan Nusa Dua, meyakini Pariwisata Tanjung Lesung di kabupaten Pandeglang akan turut meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan Rakyat di Banten Selatan yang sejauh ini tertinggal dibanding kabupaten Tanggerang.

Saat ini, dibalik derita pasca  tsunami pada 22 Desember 2018 lalu, telah menjadikan Tanjung Lesung sebagai Kawasan pariwisata yang paling banyak diperbincangkan di seluruh pelosok dunia.
 
"Sekarang kecantikan pantai Tanjung Lesung di Banten sudah sangat terkenal ke seluruh dunia," ujar Chairman Dan Founder PT Jababeka Tbk, Setyono Djuandi Darmono, di Pandeglang Banten beberapa waktu lalu.

Saat ini menurutnya, Bupati Pandeglang bersama Gubernur Banten harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membangun infrastruktur secara besar-besaran seperti Aceh pasca tsunami.

Selain infrastruktur, pemerintah daerah Banten juga perlu membentuk Tourism Development center (TDC) atau Pusat Pengembangan Pariwisata agar mampu dengan cepat membangun sektor pariwisata di Banten. 

"Seperti apa yang dulu dilakukan Joop Ave membuat Bali terkenal keseluruh dunia dengan membentuk TDC Bali membangun Nusa Dua dengan mengajak para pengusaha besar membangun Infrastruktur pariwisata dan membangun hotel-hotel berbintang lima seperti Sheraton, Hilton, dan Grand Hyatt," ujarnya.

"Dengan begitu, sektor pariwisata akan mendorong Banten menjadi daerah yang maju dan menyumbang bagian yang sangat besar untuk pendapatan daerah Banten," jelas Darmono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosial Media (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 23 Mei 2019 - 10:26 WIB

Masih Down, Media Sosial WhatsApp Belum Bisa Unggah Foto/Video

Pengguna media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram dan Twitter masih sulit diakses pada Kamis (23/5/2019).

Gerbang tol Cikampek Utama

Kamis, 23 Mei 2019 - 10:25 WIB

Transaksi di GT Cikarut Pindah ke GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama Mulai Hari Ini

Perubahan sistem transaksi Jalan Tol Jakarta-Cikampek akan berlaku pada tanggal 23 Mei 2019 pukul 00.00 WIB.

GoJek Indonesia (Foto : Anisa Triyuli)

Kamis, 23 Mei 2019 - 10:03 WIB

Cegah Perang Tarif, Pemerintah Bakal Atur Tarif Promo Ojek Online

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengatur program diskon atau tarif promo yang dikeluarkan oleh aplikator ojek online (ojol). Langkah ini untuk menghindari 'perang harga' yang tidak…

teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives mulai dibuka tanggal 20 Juni – 20 Desember 2019 di Gandaria City, Jakarta

Kamis, 23 Mei 2019 - 09:50 WIB

Sorak Gemilang Entertainment Hadirkan Teamlab Future Park And Animals Of Flowers

TeamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives adalah pameran seni interaktif terbesar di Jakarta menggunakan teknologi digital. Pameran ini mengangkat tema utama ‘Co-Creation’…

Kapal pengangkut batu bara (ist)

Kamis, 23 Mei 2019 - 09:30 WIB

Trans Power Marine Bagikan Dividen Tunai Sekitar 64% Dari Laba Bersih Tahun 2018

Jakarta-Pada tahun 2018, volume produksi batu bara nasional mengalami kenaikan sekitar 15% menjadi 528 juta ton yang didukung oleh peningkatan permintaan aktivitas ekspor batu bara, sehingga…