Perancang Dian Pelangi Tampil di New York Fashion Week 2019

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 16 Februari 2019 - 12:00 WIB

Dian Pelangi perancang busana (Foto Dok Industry.co.id)
Dian Pelangi perancang busana (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - New York- Panggung New York Fashion Week (NYFW) - The Shows, di Industria Studio, Manhattan kembali menampilkan koleksi busana fesyen dari Indonesia, akhir minggu lalu. Empat perancang mode yaitu Dian Pelangi, Alleira Batik, Itang Yunaz dan 2Madison Avenue, bersama-sama menampilkan karya terbaru untuk sesi musim gugur 2019 dalam tema Indonesian Diversity.

"Ini adalah pagelaran ke enam bagi perancang mode Indonesia tampil di NYFW," kata Teti CEO Indonesia Fashion Gallery (IFG), New York, yang bekerjasama dengan Lori Riviere dari Rivierie Agency, mengkoordinasi para desainer Indonesia tampil di NYFW sejak 2016.

Keragaman tekstur, kain, asesoris hingga pola busana yang ditampilkan, membuat pertujukan gaya fesyen Indonesia berbeda dengan gaya desainer-desainer Amerika dan Eropa yang mendominasi. Didukung oleh kosmetik dan make up dari Wardah, pagelaran fesyen ini dipenuhi oleh lebih dari 600 tamu yang datang dari industri fashion New York.

Perancang mode Dian Pelangi membawa koleksi desain bertema Social Love (cinta sosial) yang terinspirasi dari dunia sosial media.

"Saya banyak menggunakan warna-warna cerah, dan ada typography juga. Ini adalah adaptasi dari energi sosial media yang sekarang sedang populer. Social media is everywhere," kata Dian Pelangi kepada VOA, setelah pergelaran fesyen berakhir.

"Saya berharap semua orang merasakan energi ini karena social media is everywhere. Ini platform yang bagus untuk menunjukkan evolusi baru dari modest fesyen," tambah Dian yang terus memperhatikan penampilan setiap model dibalik panggung.

Sementara itu, desainer Itang Yunaz menampilkan koleksi elegan dengan desain penutup kepala bernuasa etnik. Kekuatan tekstur tradisional modern dipadu dengan kombinasi warna-warna yang lembut, menunjukkan keanggunan dan keragaman wajah budaya fesyen Indonesia.

Berbeda dengan Itang, 2Madison menampilkan perpaduan koleksi bernuansa pop-art dalam pola fesyen tradisional yang modern, unik dan megah. Dominasi warna pink sebagaicolor balance memperkuat kesan fesyen ready to wear yang sangat cocok untuk musim gugur di Amerika dan Eropa.

"Target market fesyen saya bukan Amerika atau Eropa, tetapi perempuan, any race, suka travelling, berpendidikan, ingin tampil berbeda dan unik serta mengerti the beauty of wearing something that has a meaning," jelas Maggie Hutauruk, desainer fesyen pemilik 2 Madison.

Kemudian ciri motif Batik Indonesia muncul dalam karya desain Alleira Batik. Brand yang mempunyai desain batik termasuk mulai dari pakaian, asesoris, tas hingga perhiasan ini hadir dengan koleksi busana yang berkesan, bisa dipakai oleh siapa saja.

"Kita membuat rancangan ready to wear atau casual yang cocok dengan publik kota New York. Bisa dipakai untuk kerja atau kegiatan sehari-hari bahkan untuk kumpul-kumpul sambil ngopi-ngopi. Motifnya juga ringan," kata Zakaria Hamzah, COO Alleira Batik.

"Komitmen Alleira adalah fesyen yang east meets west. Kita percaya kalau Indonesia mampu bersaing dengan desainer internasional," tambah Zakaria.

Bagi Janelle Langford, Fashion Publicist dan konten kreator fesyen yang hadir, perpaduan busana mix-match yang ditampilkan sangat bagus.

"Luar biasa, saya menyukai perpaduan antara bahan cetak dan pola, juga tekstur dalam kombinasi yang tidak seimbang, tapi indah. Ini adalah representasi keanekaragaman budaya yang sangat bagus," komentarJanelle Langford yang cukup yakin bahwa produk-produk ini bisa mendapatkan pasar di Amerika.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.