Terapkan Green Lifestyle, Produk Inovasi IPB Disukai Eropa dan Amerika

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 29 Januari 2019 - 18:58 WIB

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe
Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Hasil-hasil produk inovasi pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) mulai dilirik negara-negara Eropa dan Amerika. Produk-produknya sedang dalam proses uji kualitas untuk memenuhi standar ekspor ke negara-negara tersebut.

"Karena mereka sudah menyukai green product, hasil produk inovasi IPB mencerminkan green life style. Dengan green life style, maka pasar-pasar Eropa dan Amerika akan terbuka," kata Rektor IPB, Arif Satria usai acara 'Tindak Lanjut Hasil Rekomendasi Rakernas Kemenristekdikti 2019' di Hotel Millenium, Jalan Fachrudin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Januari 2019.

 Arif mengatakan, IPB telah menghasilkan 460 produk inovasi agrikultur. Produk-produknya sudah menembus pasar internasional, salah satunya varietas Pepaya Calina. "Calina itu unggul, manis, dan sekarang benihnya kami spin off (dikembangkan) ke enam provinsi dan 11 negara. Kemudian jambu kristal, sayuran, benih padi," ujar Arif.

Dari total 460 hasil inovasi tersebut, 39 persennya di antaranya dikembangkan di dalam negeri, dan telah dipasarkan ke berbagai daerah. Pengembangan produknya sebagian merupakan hasil kerja sama dengan swasta.

"Dari prospektif itu kemudian didorong untuk proses hilirisasi, sebagiannya spin off dan kerja sama dengan swasta," ujar Arif.

Inovasi varietas produk pertanian, salah satunya komoditas padi. Inovasi ini berhasil mendongkrak produksi hasil panen padi di setiap satu hektare. Produk varietas padi 3S (hasil inovasi IPB) misalnya, saat ini sudah berkembang dan menghasilkan 11,4 ton per hektare.

"Sekarang (IPB 3S) sudah diterapkan di 26 provinsi. Itu adalah hasil support Kemenristekdikti," papar Arif.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 Ferrari SF90 Stradale (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 15:00 WIB

Tur Eksklusif Ferrari Menjelajahi Capri Pantai Amalfi

Lebih dari 100 mobil Ferrari dari seluruh dunia bertemu di Campania untuk mengikuti Ferrari Cavalcade edisi ke-8

Tifanny Meilianti, Project Manager E-Learning GMT Institute

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:37 WIB

Menguasai Property Management Melalui E-Learning

Di era digitalisasi yang semakin berkembang, kebutuhan akan konsep suatu pembelajaran berbasis teknologi mulai diminati oleh banyak kalangan, mulai dari pendidik hingga pebisnis. 

Ilustrasi Bitcoin (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:00 WIB

Libra Bitcoin

Direktur Utama Bank BRI Suprajarto menjadi pembicara dalam salah satu forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berjudul Micro, Small and Medium-sized Enterprises (MSME) Day 2019 yang diselenggarakan…

Bedah rumah Kementerian PUPR

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:48 WIB

Tahun 2019, Bedah Rumah Kementerian PUPR Sasar 3.000 Rumah MBR di Bali

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki program peningkatan kualitas hunian masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui program Bantuan Stimulan Stimulan Perumahan…

Panen padi (Ist)

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:35 WIB

Berbagai Cara Petani Siasati Kekeringan

Jakarta - Beberapa wilayah sentra produksi pangan mulai menghadapi ancaman kekeringan dan gagal panen. Namun petani punya cara sendiri menyiasati agar padi yang mereka sudah tanam bisa tetap…