Terapkan Green Lifestyle, Produk Inovasi IPB Disukai Eropa dan Amerika

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 29 Januari 2019 - 18:58 WIB

Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe
Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Hasil-hasil produk inovasi pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) mulai dilirik negara-negara Eropa dan Amerika. Produk-produknya sedang dalam proses uji kualitas untuk memenuhi standar ekspor ke negara-negara tersebut.

"Karena mereka sudah menyukai green product, hasil produk inovasi IPB mencerminkan green life style. Dengan green life style, maka pasar-pasar Eropa dan Amerika akan terbuka," kata Rektor IPB, Arif Satria usai acara 'Tindak Lanjut Hasil Rekomendasi Rakernas Kemenristekdikti 2019' di Hotel Millenium, Jalan Fachrudin, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Januari 2019.

 Arif mengatakan, IPB telah menghasilkan 460 produk inovasi agrikultur. Produk-produknya sudah menembus pasar internasional, salah satunya varietas Pepaya Calina. "Calina itu unggul, manis, dan sekarang benihnya kami spin off (dikembangkan) ke enam provinsi dan 11 negara. Kemudian jambu kristal, sayuran, benih padi," ujar Arif.

Dari total 460 hasil inovasi tersebut, 39 persennya di antaranya dikembangkan di dalam negeri, dan telah dipasarkan ke berbagai daerah. Pengembangan produknya sebagian merupakan hasil kerja sama dengan swasta.

"Dari prospektif itu kemudian didorong untuk proses hilirisasi, sebagiannya spin off dan kerja sama dengan swasta," ujar Arif.

Inovasi varietas produk pertanian, salah satunya komoditas padi. Inovasi ini berhasil mendongkrak produksi hasil panen padi di setiap satu hektare. Produk varietas padi 3S (hasil inovasi IPB) misalnya, saat ini sudah berkembang dan menghasilkan 11,4 ton per hektare.

"Sekarang (IPB 3S) sudah diterapkan di 26 provinsi. Itu adalah hasil support Kemenristekdikti," papar Arif.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

Rabu, 24 April 2019 - 23:26 WIB

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

BNI Syariah turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam pembiayaan sindikasi pembangunan proyek jalan tol.Terbaru, BNI Syariah ikut…

Iffan Suryanto-President Director Electrolux Indonesia, bersama Barli Asmara-Indonesia Fashion Designer dan Chandra Yudasswara-Electrolux Chef.

Rabu, 24 April 2019 - 23:18 WIB

Electrolux100YearsOfBetterLiving Wujudkan Hidup Lebih Baik bersama Electrolux

Tepat satu abad sudah Electrolux mendampingi pelanggan di seluruh dunia dengan berbagai inovasinya, membantu membentuk kehidupan yang lebih membahagiakan dan berkelanjutan bagi ratusan juta…

Direktur Utama Bank, BTN, Maryono, sedang memberikan kuliah umum di kampus Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/04/2019)

Rabu, 24 April 2019 - 22:38 WIB

Bank BTN Berharap Dunia Kampus dapat Beradaptasi dengan Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menilai dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan…

Sriyono pengrajin kain pantai Sukoharjo yang mendunia

Rabu, 24 April 2019 - 22:09 WIB

Kisah Sukses Sriyono Pengrajin Kain Pantai Sukoharjo yang Mendunia

Di Kabupaten Sukoharjo banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usahanya setelah mendapat pinjaman bunga lunak dari LPDB melalui BPR Kartarsura Makmur.

Hoshino Resorts Aomoriya

Rabu, 24 April 2019 - 22:00 WIB

Hoshino Resorts Aomoriya Terpilih Jadi Salah Satu dari 20 Ryokan Terbaik di Jepang

Perusahaan Manajemen Hotel, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, dinobatkan untuk pertama kalinya dalam "Top20 Ryokans in Japan by International Travelers…