Mitsubishi Luncurkan Medium Duty Truck Fuso Fighter Dalam Sembilan Varian

Oleh : Hariyanto | Jumat, 25 Januari 2019 - 14:40 WIB

Medium Duty Truck (MDT) Fuso Fighter
Medium Duty Truck (MDT) Fuso Fighter

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi Mitsubishi di Indonesia resmi meluncurkan Medium Duty Truck (MDT) Fuso Fighter.

Sebanyak sembilan varian Fighter terdiri dari konfigurasi 4X2, 6X2, dan 6X4 yang sudah disesuaikan beragam tipe karoseri untuk memenuhi berbagai bisnis seperti kargo, logistik, perkebunan, pertambangan, dan infrastruktur.

"Fighter sebenarnya sudah dipasarkan terbatas di area Sumatera pada tahun lalu. Produk ini pernah dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2018," kata Atsushi Kurita, Presiden Direktur KTB pada acara peluncuran Fighter di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Fighter merupakan generasi baru penerus truk medium Mitsubishi sebelumnya yang bernama Fuso. Beda dari Fuso yang menggunakan mesin diesel konvensional, Fighter sudah mengaplikasikan teknologi common rail dengan standar Euro 3.

KTB juga menyiapkan Fighter yang dirakit di dalam negeri bisa beradaptasi dengan pilihan bahan bakar Biodiesel 20 (B20) karena sudah dilengkapi saringan udara ganda.

Ada dua pilihan mesin pada Fighter yakni 6M60-1AT1 (237 hp dan torsi 686 Nm) dan 6M60-1AT2 (267 hp dan 785 Nm). Sedangkan pilihan transmisi ada tiga, yakni 6-percepatan (M8S6), 9-percepatan (Eaton ES-11109), dan 10-percepatan (M8S2X5).

Pihak KTB memaparkan ada dua kelebihan Fighter dibanding Fuso yaitu kabin yang didesain lebih nyaman buat pengemudi dan penumpang serta desain bagian sasis mempermudah kerja karoseri.

Kelebihan pada kabin yaitu, didesain lebih luas, terdapat suspensi udara pada kursi pengemudi yang dapat disesuaikan, kaca depan luas dan lampu sudut (cornering lamp) yang menghasilkan visibilitas pengemudi lebih baik, serta semakin kedap suara.

Pada sasis, terdapat rivet atau paku pengencang yang terletak di bagian samping sasis dan tambahan soket listrik buat memudahkan desain dan pemasangan karoseri seperti dump, bak terbuka, flat bed, wing box, tangki, hi-blow, dan lain-lain. "Kami berencana menambah varian hingga 16 varian Fighter pada tahun ini," papar Kurita.

Sembilan varian Fuso Fighter adalah GVW 16 ton dengan FM65FS HiGear (4x2), FM65FS (4x2), FM65FL HiGear (4x2) dan FM65FL (4x2). Sementara GVW 26 dengan FN61FM HD (6x2), FN61FS (6x2), FN62F (6x4), FN62F HD (6x4). Sedangkan GVW 26 ton dan 36 ton dengan FN62FTH (6x4).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya ekosistem digital.

Senin, 05 Desember 2022 - 23:26 WIB

Indonesia Butuh 9 Juta SDM Digital, Mendesak Kolaborasi Pendidikan dan Industri

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia membutuhkan jutaan tenaga kerja dalam bidang digital. Peluang yang besar ini mengingat tumbuh suburnya…

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres).

Senin, 05 Desember 2022 - 22:58 WIB

Pengamat: Munculnya Dinamika Pencapresan di KIB Hal Wajar

Jakarta- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memprioritaskan kader internal sebagai tokoh yang akan dimajukan sebagai calon presiden (capres). Hal itu diungkap Ketum PAN Zulkifli Hasan, yang mengatakan…

Ilustrasi TV produksi Panasonic terbaru

Senin, 05 Desember 2022 - 20:19 WIB

Panasonic Produksi OLED TV & Smart TV 4K Terbaru

PT Panasonic Gobel Indonesia tak henti menghadirkan inovasi teknologi Televisi. Guna memberikan kepuasan mendapatkan informasi dan hiburan dengan performa dan kualitas produk yang terbaik, Panasonic…

RiaMiranda Tenth Annual Show

Senin, 05 Desember 2022 - 19:21 WIB

Ria Miranda Perkenalkan Tren Koleksi 2023 Lewat RiaMiranda Tenth Annual Show

Brand Moslem fashion RiaMiranda menggelar acara tahunannya yang ke-10, RiaMiranda Tenth Annual Show dipersembahkan oleh BRI serta didukung oleh Somethinc sebagai Official Beauty Partner di Grand…

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf bersama Kasatpol PP Kabupaten Pasuruan

Senin, 05 Desember 2022 - 19:20 WIB

Pasuruan Optimalkan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Sepanjang tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pasuruan terus memaksimalkan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH-CHT). Tujuannya sudah pasti, mendukung penuh pelaksanaan program-program…