Singapore Art Week dan Design Orchard Bagi Pecinta Seni dan Mode

Oleh : Herry Barus | Kamis, 24 Januari 2019 - 19:00 WIB

Singapore Art Week dan Design Orchard (Foto Dok Industry.co.id)
Singapore Art Week dan Design Orchard (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Singapura– Design Orchard dibuka pada 25 Januari 2019 di Singapura, menyatukan lebih dari 60 merek lokal di Orchard Road dan wilayah sekitarnya. Terletak di persimpangan Orchard Road dan Cairnhill Road, bangunan 2,5 lantai ini memiliki ruang pameran ritel di lantai pertama, ruang inkubasi di lantai dua dan area atap (rooftop), serta ruang acara di area atap.

Dipelopori oleh Enterprise Singapore, JTC dan Singapore Tourism Board (STB), Design Orchard merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Pemerintah Singapura untuk mengubah Orchard Road menjadi tujuan destinasi gaya hidup (lifestyle), menawarkan pengalaman ritel yang menarik di tengah taman hijau yang subur. Proyek ini bertujuan untuk memunculkan talenta baru di sektor gaya hidup dan fesyen, serta mempersiapkan mereka untuk memasarkan produknya ke luar negeri.

Salah satu ritel lokal, Naiise, akan mengoperasikan pameran ritel yang akan memamerkan 61 merek baru dan terkemuka, seperti Artisan of Sense, JEWELS, QLOTHÈ, SoftRock Living dan The Animal Project. Merek-merek tersebut mewakili dari berbagai kategori produk, seperti pakaian, kecantikan dan kesehatan, oleh-oleh, dan perabotan rumah kecil.

Naiise juga akan menjalankan program bimbingan yang mencakup bidang-bidang seperti pemasaran, merchandising dan perencanaan ekspansi, untuk merek-merek di pameran ritel. Berbagai pengusaha terkenal, termasuk pendiri Unlisted Collection Loh Lik Peng, pendiri Spa Esprit Group Cynthia Chua, dan pendiri Motherswork Sharon Wong, akan ambil bagian dalam program bimbingan tersebut. Mereka akan berbagi pengetahuan dan pengalaman melalui sesi pendampingan pribadi dan sesi kelompok.

Ms. Ranita Sundra, Direktur Retail & Dining STB mengatakan, “Singapura adalah rumah bagi berbagai merek global. Ketika merek-merek ini semakin menjamur, kami melihat semakin banyak masyarakat tertarik pada produk lokal dengan latar belakang cerita Singapura. Design Orchard merupakan kesempatan yang menarik bagi kami untuk menampilkan bakat-bakat terbaik Singapura di bawah satu atap di lokasi yang terkenal di dunia, Orchard Road. Pengunjung lokal dan internasional dapat menyaksikan Orchard Road yang lebih hidup dan lebih menarik, dengan adanya perkembangan baru ini.”

The Textile and Fashion Federation Singapore (TaFF) akan mengoperasikan The Cocoon Space, ruang inkubasi di lantai kedua yang ditargetkan untuk para perancang busana dan gaya hidup lokal. TaFF akan membina para perancang busana independen dan bisnis fesyen dengan menawarkan ruang kerja bersama dengan mitra seperti Studio Makers, dengan peralatan menjahit profesional dan perpustakaan kain (Fabric Library), serta peluang kolaborasi dan jaringan dengan para pelaku industri. Para perancang busana akan didorong untuk berinovasi dan merancang produk dengan prinsip keberlanjutan.

TaFF juga akan menjalankan program inkubasi, The Bridge Fashion Incubator, untuk calon perusahaan fesyen (fashion startup) dari Singapura dan seluruh kawasan. Berfokus pada  keberlanjutan, inovasi dan teknologi, program ini akan memenuhi kebutuhan bisnis dan teknis para perancang busana yang mencakup pengembangan bakat, pelatihan, dan studi banding ke luar negeri untuk mendapatkan sumber daya dan produksi.

Sementara itu Mr. Alan Yeo, Direktur Retail & Design di Enterprise Singapore mengatakan, “The Cocoon Space menyediakan fasilitas bersama di bawah satu atap bagi para calon perancang busana Singapura, memungkinkan mereka untuk menguji dan merealisasikan ide-ide mereka, serta mengasah keterampilan bisnis mereka lebih cepat. Lebih penting lagi, kami ingin bekerja bersama mereka untuk menciptakan produk yang selaras dengan tren industri dan kebutuhan konsumen. Inilah sebabnya program inkubasi TaFF difokuskan pada teknologi fesyen dan keberlanjutan.”

Pengembangan ikonik di sepanjang Orchard Road

Design Orchard dikembangkan oleh JTC, yang menunjuk perusahaan lokal WOHA Architects dan Sunray Woodcraft Construction untuk merancang dan membangun masing-masing pengembangan.

Dengan elemen desain beton, kaca, kayu, dan lanskap yang bersih dan modern, bangunan ini menampilkan bakat terbaik Singapura dengan menambahkan keragaman pada pemandangan jalanan Orchard. Gerbang bundar pada dinding beton memberikan tampilan yang unik terhadap bangunan sekaligus memberikan pandangan sekilas ke ruang ritel.

Bangunan ini memiliki atap miring dengan tanaman hijau subur dan kursi kayu, menawarkan tempat istirahat publik dari kesibukan di Orchard Road. Ruang atap, dengan amfiteaternya (teater terbuka), juga berfungsi sebagai ruang unik untuk berbagai acara yang berlatar belakang Orchard Road.

Ms. Wee Pei Yean, Direktur Produk JTC kepada awak media mengatakan, “Design Orchard, dengan arsitekturnya yang berani dan ruang atap umum menandai rumah baru dan desain lokal. Kami berharap Design Orchard dapat menginspirasi talenta lokal untuk bergabung dengan komunitas, di mana mereka dapat menumbuhkembangkan merek mereka dengan akses ke mentor, program, dan fasilitas ruang yang dinamis di sepanjang Orchard Road.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…

Penampakan Booth Suzuki di PRJ

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:45 WIB

Usung Tema 100% Buat Indonesia, Suzuki Turut Ramaikan Jakarta Fair 2019

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-492, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merk Suzuki di Indonesia turut berpartisipasi pada acara tahunan Jakarta Fair Kemayoran…

Samsung Smart Learning Class

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:19 WIB

Samsung dan IGI Makassar Perluas Manfaat Samsung Smart Learning Class Menjadi Paperless School

PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan.…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:15 WIB

Industri Manufaktur Sumbang Signifikan ke PMDN dan PMA

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong realisiasi dari komitmen para investor sektor industri yang telah menyatakan minatnya untuk menanamkan modal di Indonesia.