Darmono: Pendidikan Tinggi Wajib Berubah Hadapi Revolusi Industri 4.0

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 23 Januari 2019 - 14:44 WIB

SD Darmono, Founder President University
SD Darmono, Founder President University

INDUSTRY.co.id, Jakarta -   Founder President University, SD. Darmono berharap proses perizinan berdirinya fakultas kedokteran pada President University segera diterbitkan.  Hadirnya fakultas kedokteran di kawasan industri tersebut bisa membantu pemerintah dalam bidang kesehatan.

“Sudah lama kita ajukan untuk dirikan fakultas kedokteran tapi belum mendapatkan izin tersebut.  Padahal ada 10 RS di Cikarang, dan kita punya President Medical klinik. Sehingga dengan adanya sekolah kedokteran yang bisa berbahasa asing, kita bisa datangkan devisa dari bidang kesehatan,” ujar Darmono yang juga Chairman Jababeka Group, dalam acara penerimaan akreditasi institusi President University dengan akreditasi A dari BAN PT, di President Lounge, Rabu (23/1/2019).

Dirinya juga berpesan dengan diraihnya akreditasi A tersebut tanggung jawabnya lebih besar. Dosen harus banyak belajar lagi, kurikulum akan terus diperbaiki mutunya dan dan bidang lain yang belum tersentuh harus diperbaiki.

Terlebih menurutnya, saat ini dunia sedang dihadapi dengan era industri 4.0, maka pendidikan tinggi harus lebih banyak kompetensi di berbagai bidang yang disebut multitasking.

“Sebab dengan perubahan yang mendadak ini kita tidak tahu skill apa yang dibutuhkan pasar. Jadi lulusan universitas harus bisa kerja apapun sebab kita tidak tahu 4.0 apa dampaknya,” ujarnya

Lanjutnya, akan banyak lapangan kerja tradisional yang hilang. Kalau pun hilang strategi kerja seperti apa yang harus disiapkan, perlu ditingkatkan apa yang robot dan mesin tidak dilakukan. Karena sebagian kerja diambil mesin maka banyak waktu luang maka perlu up skilling harus bisa multitasking.

“Pendidikan kita harus menjurus ke sana, jurusan yang spesialisasi itu nanti misal jurusan mesin yang merawat 4.0 itu. Generalis spesialis,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor President University, Jony Oktavian Haryanto mengatakan program magang juga menjadi unggulan President University dimana lulusannya 90% lebih langsung diserap di dunia kerja setelah mereka lulus. 

Tidak berhenti disitu, Jony pun menyatakan ingin terus mengembangkan luasan kampusnya yang saat ini terletak di dalam kawasan industri seluas 5.600 hektar. Kerja sama pun akan terus ditingkatkan dengan perusahaan maupun perguruan tinggi lainnya, baik di seluruh Indonesia maupun di luar negeri. 

”Kita juga sekarang telah kerja sama student exchange dengan Babson College yang merupakan universitas entrepreneurship terbaik di dunia. Selain itu kita juga bekerja sama dengan Universiti Utara Malaysia, HAN University of Applied Sciences di Belanda, RMIT di Australia dan sebagainya. Hal tersebut menunjukan bahwa President University telah dikenal luas dikalangan global, dan diperhitungkan baik di dalam negeri maupun di luar negeri," tutupnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…