China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

Oleh : Ridwan | Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

Ilustrasi Jaringan 5G
Ilustrasi Jaringan 5G

INDUSTRY.co.id - Shenzhen, ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan 5G pertama di dunia dengan menggunakan smartphone prototipe 5G ZTE, melalui uji coba lapangan 5G di Shenzhen. 

Tes ini juga menyelesaikan verifikasi beragam layanan, seperti panggilan suara grup Wechat, video online, dan penelusuran web. Prestasi ini telah menjadikan China Unicom are Shenzhen menjadi wilayah uji komersial pertama di dunia yang melakukan panggilan pertama dalam mode NSA dan sesuai dengan 3GPP Rel-15. 

Dikenal sebagai "Kota Inovasi", Shenzhen adalah salah satu kota percontohan 5G pertama di China Unicom. Shenzhen sepenuhnya memverifikasi kemampuan jaringan peralatan 5G, layanan khusus, roaming dan interkoneksi, dan pewarisan layanan yang ada secara bertahap, sehingga meletakkan dasar yang kuat untuk konstruksi komersial seluruh jaringan 5G.

Tes ini mengadopsi solusi 5G ZTE dari hulu ke hilir, termasuk jaringan akses radio, jaringan inti, jaringan transportasi dan perangkat cerdas, mewujudkan koneksi dengan smartphone prototipe 5G ZTE di lapangan. Sementara itu, tes ini telah memverifikasi beberapa teknologi kunci 5G seperti Massive MIMO, 5G NR, konektivitas ganda NSA, teknologi transportasi FlexE dan 5G Common Core.

Sebagai salah satu penyedia peralatan telekomunikasi terkemuka di dunia, ZTE telah memimpin dalam teknologi 5G, perlengkapan 5G, dan produk 5G. Panggilan pertama dari smartphone prototipe 5G ZTE dalam mode NSA yang dilakukan di China Unicom area Shenzhen telah berhasil. 

Solusi 5G ZTE telah lulus uji end-to-end dalam tiga bulan setelah rilis 3GPP Rel-15. Ini menampilkan kompetensi kuat ZTE dalam riset dan pengembangan 5G dan komersialisasi, serta menunjukkan peran ZTE sebagai mitra yang dapat diandalkan untuk operator 5G global dan pemain kunci dalam industri 5G.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rizal Ramli (dok RMOL)

Kamis, 25 April 2019 - 23:23 WIB

Rizal Ramli: Target Ekonomi Tahun 2020 Mediocre, Ngapain Jadi Presiden Lagi?

Target pertumbuhan ekonomi yang dipatok pemerintah Jokowi sebesar 5,3-5,6% untuk tahun 2020 sangat mengecewakan. Karena, angka itu nyaris sama dengan kinerjanya selama 4,5 tahun terakhir yang…

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita Kordinasi perunggasan

Kamis, 25 April 2019 - 23:08 WIB

Kementan Lakukan Koordinasi Bahas Strategi dan Kebijakan Perunggasan Nasional

Depok, Kementan terus lakukan koordinasi bahas Strategi kebijakan mendukung usaha perunggasan nasional, sejak diberlakukannya Permentan Nomor 32 tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran, dan…

 Lokasi pameran rangkaian sepeda motor Harley-Davidson dalam ajang IIMS 2019

Kamis, 25 April 2019 - 21:42 WIB

Ini Dia Deretan Motor Unggulan Harley Davidson di IIMS 2019

Harley-Davidson Motor Company kembali berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Ini merupakan keikutsertaannya yang kedua dalam dua tahun berturut-turut.

Ilustrasi transaksi bawang putih di pasar. (Foto: Halo Malang)

Kamis, 25 April 2019 - 21:24 WIB

Kemendag Izinkan Delapan Perusahaan Impor Bawang Putih

Kementerian Perdagangan mengeluarkan surat persetujuan impor bawang putih untuk delapan perusahaan seiring melonjaknya harga bawang putih dalam beberapa pekan terakhir ini.

Kapal yang terbakar

Kamis, 25 April 2019 - 19:14 WIB

Kapal MOS Meledak, Kemnaker Tuntut Bayar Hak Korban

Jakarta - Pengawas Ketenagakerjaan masih Selidiki Kecelakaan Kerja di Karimun Kepri, akibat terbakarnya kapal yang terjadi di PT Multi Ocean Shipyard (MOS), Karimun, Kepulauan Riau.