Penduduk Desa Makin Sejahtera dan Inflasi Pangan Rendah

Oleh : Wiyanto | Kamis, 17 Januari 2019 - 10:22 WIB

Mentan Amran Sulaiman di persawahan
Mentan Amran Sulaiman di persawahan

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis indikator strategis terkini terkait Perkembangan Ekspor dan Impor Indonesia selama bulan Maret dan Desember 2018. BPS merilis soal perkembangan upah pekerja atau buruh, profil kesejahteraan dan tingkat ketimpangan pengeluaran penduduk Indonesia.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, upah nominal harian buruh tani pada Bulan Desember 2018 lalu naik 0,19 persen. Kenaikan ini cukup bagus jika dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya Rp 53.056,00 per hari. Di sisi lain upah riil juga mengalami penurunan sebesar 0,38 persen.

"Dengan demikian persentase penduduk miskin pada September 2018 menurun 0,16 persen dari angka sebelumnya 9,66 persen," katanya di Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Suhariyanto mengatakan, jumlah penduduk miskin pada September 2018 mencapai 25,67 juta orang. Angka itu merupakan angka ril dalam jumlah penurunan yang mencapai 0,28 juta orang. Kemudian pada bulan Maret, penurunan mencapai 0,91 juta.

"Yang jelas, persentase penduduk miskin di Perdesaan dan perkotaan pada bulan Maret 2018 turun secara signifikan. Angka tersebut misalnya kemiskinan 7,02 persen turun menjadi 6,89 persen," katanya.

Menurut Suhariyanto, angka tersebut jika dirinci secara rinci mencakup penurunan penduduk miskin di perdesaan dengan angka sebesar 13,10 persen. Kemudian penurunan penduduk miskin di perkotaan yang tadinya mencapai 13,1 ribu orang turun menjadi 10,14 juta orang. Ini mengindikasikan kesejahteraan penduduk di perdesaan meningkat.

Sementara itu, Nilai Tukar Petani (NTP) pada September 2018 juga mengalami kenaikan sebesar 1,21 persen. Kenaikan itu cukup signifikan jika dibandingkan bulan Maret yang hanya 101,94 menjadi 103,17. Secara umum, Inflasi selama periode Maret-September cukup rendah yaitu sebesar 0,94 persen.

Pada periode itu, lanjut Suhariyanto, harga eceran beberapa komoditas pokok secara nasional mengalami penurunan. Beberapa harga eceran itu misalnya untuk komoditas pokok seperti beras, daging sapi, minyak goreng, dan gula pasir.

"Kalau dirinci untuk harga beras turun 3,28 persen, Daging Sapi turun 0,74 persen, Minyak Goreng turun 0,92 persen dan Gula Pasir turun 1,48 persen," pungkasnya.

Kondisi di atas menggambarkan inflasi bahan pangan sangat terjaga pada tahun 2018.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andi menyampaikan, data yang dirilis BPST merupakan hasil kerja keras bersama selama 4 tahun. Dan program-program Kementan terbukti berhasil menyejahterakan petani di pedesaan.

Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian 2019 di Jakarta Senin (14/1) lalu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko PutroSandjojo menyampaikan, bahwa pertanian mendongkrak perekonomian pedesaan. Khususnya dengan program-program terobosan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam…

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Sabtu, 20 April 2019 - 18:40 WIB

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Huawei Indonesia mendorong pengguna memandang dengan lebih luas melalui smartphone mereka lewat HUAWEI Next Image Masterclass

Direktur Kesehatan Hewan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa bertemu produsen obat hewan

Sabtu, 20 April 2019 - 18:24 WIB

Dorong ekspor, Kementan ajak produsen tingkatkan kualitas obat hewan Indonesia

Jakarta - Kementerian Pertanian mengajak seluruh Produsen Obat Hewan Indonesia untuk terus memperluas akses pasar melalui peningkatan kualitas obat hewan dengan penerapan Cara Pembuatan Obat…