Bappenas Perkuat Pendidikaan Vokasi Hadapi Industri 4.0

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 Januari 2019 - 07:20 WIB

Bambang Brodjonegoro (Foto/Rizki Meirino)
Bambang Brodjonegoro (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro ingin memperkuat pendidikan vokasi dan mendorong kewirausahaan di lembaga pendidikan dalam rangka menghadapi Revolusi Industri 4.0.


"Kita ingin memperkuat yang namanya pendidikan vokasi yang langsung terkait dengan dunia kerja dan kemudian mendorong juga kewirausahaan dalam pendidikan vokasi tersebut," ujar Bambang usai menghadiri seminar dan dialog nasional "Kesiapan Tenaga Kerja Indonesia", di Jakarta, Senin (14/1/209)

Bambang mengatakan intinya pemerintah akan fokus pada produktivitas, namun yang menjadi prioritas sekarang adalah memperkuat pendidikan vokasi. Sedangkan untuk pendidikan umum akan diarahkan ke "link and match" yang lebih baik dengan dunia kerja.

"Infrastruktur terkait kalau untuk pendidikan vokasi pasti sarana dan prasarana terutama laboratorium atau bengkel yang diperlukan. Sedangkan untuk pendidikan umum, saya pikir yang paling penting adalah mendorong yang namanya riset dan pengembangan antara perguruan tinggi dengan dunia usaha," kata Kepala Bappenas seperti dilansir Antara.

Sebelumnya Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Jusuf Kalla menilai Revolusi Industri 4.0 merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dan harus dijalani.

"Ini (Industri 4.0) adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, negara kita masih cukup (jumlahnya) tenaga kerjanya dan ini malah menjadi keuntungan," kata Wapres Jusuf Kalla kepada awak media.

Wapres juga menyebut bahwa otomatisasi yang merupakan bagian dari Industri 4.0 tidak bisa dihindari, namun dirinya berpesan bahwa Indonesia juga harus berhati-hati dalam menyikapi otomatisasi untuk hal-hal tersebut karena tidak semua Industri 4.0 harus robot.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rizal Ramli (dok RMOL)

Kamis, 25 April 2019 - 23:23 WIB

Rizal Ramli: Target Ekonomi Tahun 2020 Mediocre, Ngapain Jadi Presiden Lagi?

Target pertumbuhan ekonomi yang dipatok pemerintah Jokowi sebesar 5,3-5,6% untuk tahun 2020 sangat mengecewakan. Karena, angka itu nyaris sama dengan kinerjanya selama 4,5 tahun terakhir yang…

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita Kordinasi perunggasan

Kamis, 25 April 2019 - 23:08 WIB

Kementan Lakukan Koordinasi Bahas Strategi dan Kebijakan Perunggasan Nasional

Depok, Kementan terus lakukan koordinasi bahas Strategi kebijakan mendukung usaha perunggasan nasional, sejak diberlakukannya Permentan Nomor 32 tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran, dan…

Ilustrasi transaksi bawang putih di pasar. (Foto: Halo Malang)

Kamis, 25 April 2019 - 21:24 WIB

Kemendag Izinkan Delapan Perusahaan Impor Bawang Putih

Kementerian Perdagangan mengeluarkan surat persetujuan impor bawang putih untuk delapan perusahaan seiring melonjaknya harga bawang putih dalam beberapa pekan terakhir ini.

Kapal yang terbakar

Kamis, 25 April 2019 - 19:14 WIB

Kapal MOS Meledak, Kemnaker Tuntut Bayar Hak Korban

Jakarta - Pengawas Ketenagakerjaan masih Selidiki Kecelakaan Kerja di Karimun Kepri, akibat terbakarnya kapal yang terjadi di PT Multi Ocean Shipyard (MOS), Karimun, Kepulauan Riau.

Art Moments Jakarta Akan Digelar 3-5 Mei 2019 - foto Candra/industry.co.id

Kamis, 25 April 2019 - 15:24 WIB

Art Moments Jakarta Akan Digelar 3-5 Mei 2019

Art moments jakarta gandeng para pelajar