Awal Pekan IHSG Berpotensi Tertekan

Oleh : Wiyanto | Senin, 14 Januari 2019 - 06:02 WIB

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)
Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - IHSG secara teknikal bergerak menguji upper bollinger bands dengan pola terkonsolidasi. Candlestick membentuk northern star dengan indikasi terkoreksi jangka pendek menutup gap. Indikator stochastic terkonsolidasi dan Momentum RSI pada area overbought menjadi pemberat pergerakan diawal pekan depan.

"Sehingga di perkirakan IHSG akan bergerak cenderung tertekan dengan support resistance 6302-6370," kata analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Ia sodorkan saham - saham yang masih dapat dicermati diantarnya INKP, TKIM, TPIA, INTP, TLKM.

Sebelumnya, IHSG (+0.52%) menguat 32.75 poin kelevel 6361.46 dengan sektor Industri Dasar (+1.48%) dan Aneka Industry (+1.29%) memimpin penguatan sektoral. Saham CPIN (+3.57%) dan INTP (+5.25%) memimpin penguatan saham-saham sektor Industri dasar sedangkan Saham ASII (+1.22%) memimpin penguatan saham-saham sektor aneka industri.

Kebijakan pemerintah mengenai DP 0% untuk kredit kendaraan roda dua dan empat menjadi sentimen positif. Investor asing yang kembali tercatat net buy cukup besar 812.66 miliar rupiah melanjutkan trend capital inflow mendorong pergerakan saham kembali optimis. Rupiah terpantau tertahan dengan menguat 0.04% kelevel Rp 14.048 per USD.

Mayoritas indeks saham Asia menutup pekan dengan penguatan. Indeks Nikkei (+0.97%), TOPIX (+0.51%), Hangseng (+0.55%) dan CSI (+0.72%) naik cukup optimis hingga akhir sesi perdagangan. Investor masih uforia terhadap nada yang lebih dovish pada kebijakan moneter The Fed serta lanjutan pembicaraan perdagangan AS-China yang lebih cerah. Pelemahan greenback untuk kerugian minggu keempat setelah Jerom Powell lebih sabar pada tingkat suku bunga mendasari optimisme penguatan mayoritas aset di Asia. Wakil Perdana Menteri China Liu He dijadwalkan akan mengunjungi Washington pada 30 dan 31 Januari untuk pembicaraan perdagangan lebih lanjut.

Bursa Eropa dibuka menguat mengiringi penguatan mayoritas indeks saham di Asia. Poundsterling terbang seiring politisi inggris terus memperdebatkan kesepakatan Brexit dengan Perdana mentri Theresa May. Mayoritas ekuitas global ditetapkan mengalami keuntungan terbesar minguan ditengah tanda-tanda kemajuan antara kesepakatan perdagangan AS-China. Sentimen selanjutnya pada awal pekan depan diantaranya Data aktifitas export import dan neraca perdagangan di China yang akan menjadi indikator perlambatan perdagangan akibat tensi perdagangan AS-China.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rizal Ramli (dok RMOL)

Kamis, 25 April 2019 - 23:23 WIB

Rizal Ramli: Target Ekonomi Tahun 2020 Mediocre, Ngapain Jadi Presiden Lagi?

Target pertumbuhan ekonomi yang dipatok pemerintah Jokowi sebesar 5,3-5,6% untuk tahun 2020 sangat mengecewakan. Karena, angka itu nyaris sama dengan kinerjanya selama 4,5 tahun terakhir yang…

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita Kordinasi perunggasan

Kamis, 25 April 2019 - 23:08 WIB

Kementan Lakukan Koordinasi Bahas Strategi dan Kebijakan Perunggasan Nasional

Depok, Kementan terus lakukan koordinasi bahas Strategi kebijakan mendukung usaha perunggasan nasional, sejak diberlakukannya Permentan Nomor 32 tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran, dan…

 Lokasi pameran rangkaian sepeda motor Harley-Davidson dalam ajang IIMS 2019

Kamis, 25 April 2019 - 21:42 WIB

Ini Dia Deretan Motor Unggulan Harley Davidson di IIMS 2019

Harley-Davidson Motor Company kembali berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Ini merupakan keikutsertaannya yang kedua dalam dua tahun berturut-turut.

Ilustrasi transaksi bawang putih di pasar. (Foto: Halo Malang)

Kamis, 25 April 2019 - 21:24 WIB

Kemendag Izinkan Delapan Perusahaan Impor Bawang Putih

Kementerian Perdagangan mengeluarkan surat persetujuan impor bawang putih untuk delapan perusahaan seiring melonjaknya harga bawang putih dalam beberapa pekan terakhir ini.

Kapal yang terbakar

Kamis, 25 April 2019 - 19:14 WIB

Kapal MOS Meledak, Kemnaker Tuntut Bayar Hak Korban

Jakarta - Pengawas Ketenagakerjaan masih Selidiki Kecelakaan Kerja di Karimun Kepri, akibat terbakarnya kapal yang terjadi di PT Multi Ocean Shipyard (MOS), Karimun, Kepulauan Riau.