Sebanyak Lima Blok Migas Masuk Dalam Lelang Tahap I Tahun 2019

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 12 Januari 2019 - 19:55 WIB

Ilustrasi Migas (ist)
Ilustrasi Migas (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mempersiapkan 5 Wilayah Kerja (WK) Minyak dan Gas Bumi (Migas) untuk ditawarkan kepada para investor dalam waktu dekat. Kelima WK tersebut direncanakan akan diikutsertakan dalam lelang tahap I tahun 2019.

"Tahap I ada 5 (lima) blok, yaitu 3 (tiga) eksplorasi dan 2 (dua) eks-produksi. Ya, bulan ini lah (dilelang). Masih sedang didiskusikan Term and Condition (TnC)nya," kata Direktur Jenderal Migas Djoko Siswanto di Kantor Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Tiga blok eksplorasi yang dimaksud adalah Blok Anambas, Blok West Ganal - Makasar Strait dan Blok West Kaimana. Sementara dua blok eks-produksi yaitu West Kampar dan Selat Panjang. 

Nantinya, lanjut Djoko, sebanyak 10 blok migas akan dilelang sepanjang tahun 2019. "Kalau dalam rencana kerja 2019 range-nya ada sepuluh. Tapi, dalam tahap I ada lima dulu. Disusun bertahap," lanjut Djoko.

Sebagai informasi, pemerintah telah menetapkan 9 (sembilan) pemenang lelang dari tiga tahap hasil lelang WK Migas di tahun 2018 untuk mengelola WK Citarum, East Ganal, East Seram, Southeast Jambi, South Jambi B, Banyumas, South Andaman, South Sakakemang dan Maratua.

WK di atas menerapkan pengelolaan migas dengan skema bagi hasil Gross Split. Tercatat, 36 Blok Migas sudah menggunakan skema gross split dengan total capaian bonus tanda tangan (signature bonus) sebesar US$895,4 juta atau sekitar Rp 13,4 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Razer-Visa Sepakat Kembangkan Transformasi Pembayaran di Asia Tenggara

Selasa, 25 Juni 2019 - 15:18 WIB

Razer-Visa Sepakat Kembangkan Transformasi Pembayaran di Asia Tenggara

Razer™, brand gaya hidup terkemuka di dunia untuk para gamer, dan Visa, perusahaan pembayaran digital terdepan di dunia, telah mengumumkan kemitraan untuk pertama kalinya dalam rangka mengembangkan…

Jaringan Internet LinkedIn (Foto Ist)

Selasa, 25 Juni 2019 - 14:29 WIB

Study LinkedIn: Adanya 3 Rising Skills di Indonesia yang Mempengaruhi Inovasi dan Transformasi Perusahaan  

LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, meluncurkanLaporan Future of Skills 2019, yang mengidentifikasi 10 rising skills (peningkatan keterampilan) yang paling tinggi di antara…

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 25 Juni 2019 - 14:18 WIB

Fenomena Suhu Dingin di Wilayah Dieng

Menyikapi kondisi suhu dingin yang menyebabkan terjadinya fenomena embun beku di wilayah dataran tinggi Dieng dalam beberapa waktu belakangan ini, kejadian kondisi suhu dingin tersebut merupakan…

Rizal Ramli (dok RMOL)

Selasa, 25 Juni 2019 - 14:00 WIB

Rizal Ramli Pernah Ingatkan Presiden Jokowi Dampak Kebijakan Austerity Sri Mulyani

Ekonom senior DR. Rizal Ramli telah mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk menolak rencana Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam menerapkan kebijakan austerity atau pengetatan anggaran yang berdampak…

Rumah Mewah (Ist)

Selasa, 25 Juni 2019 - 13:10 WIB

Pemerintah Resmi Pangkas PPh Properti Mewah Jadi 1% dan Mobil di Atas Rp2 M jadi 5%

Pemerintah resmi menurunkan Pajak Penghasilan (PPh) atas penjualan rumah dan apartemen dengan harga di atas Rp30 miliar kendaraan bermotor dengan harga di atas Rp2 miliar menjadi 1 persen.