Presiden Jokowi Minta Perum Bulog Jaga Keseimbangan Harga Beras

Oleh : Herry Barus | Kamis, 10 Januari 2019 - 11:20 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo meninjau stok bahan pokok terutama beras di Gudang Perum Bulog Divisi Regional DKI Jakarta,  Kelapa Gading,  Jakarta Utara,  Kamis (10/1/2019)

"Hari ini saya ingin melihat secara langsung stok kebutuhan pokok di Bulog terutama beras," kata Jokowi. 

Dalam peninjauan itu,  Presiden didampingi antara lain oleh Dirut Bulog Budi Waseso,  Mendag Enggartiasto Lukita,  Menko Perekonomian Darmin Nasution,  Mensesneg Pratikno dan Koordinator Staf Khusus Presiden Tetan Masduki.

Presiden mengatakan bahwa dari peninjauan terlihat bahwa stok beras pada akhir tahun 2018 hingga saat ini cukup banyak. 

"Dibandingkan tahun lalu,  stok kita tahum ini memang berlipat," katanya. 

Ia menyebutkan biasanya di akhir atau Desember, stok beras hanya 700.000-800.000 ton,  tetapi di akhir Desember 2018  hingga saat ini sebanyak 2,1 juta ton. 

"Ini memang besar,  dulu kalau sudah Desember segini, ini masih banyal sekali," kata Jokowi sambil menunjuk tumpukan karung beras di belakangnya. 

Menurut dia,  stok beras itu harus dipakai untuk menjaga agar harga bahan pokok terutama beras bisa sedikit turun. 

"Saya dapat info dari Dirut Perum Bulog dan kemarin saya ke cek ke pasar juga sudah turun sekitar Rp50 per kg," katanya kepada awak media.

Ia menyebutkan penurunan itu karena Bulog sudah beberapa hari terakhir ini melakukan operasi pasar secara besar-besaran untuk beras. 

"Ini untuk memberi suplai di pasar dan masyarakat," kata Jokowi.

Presiden  meminta Perum Bulog menjaga keseimbangan antara harga produksi dan harga pasar tercipta stabilitas harga pangan yang tidak memberatkan masyarakat.

"Ya memang stabilitas dibutuhkan, tapi keseimbangan harga produksi dan harga pasar harus dijaga oleh Bulog supaya masyarakat tidak menjerit," kata Presiden

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 18 Juli 2019 - 08:07 WIB

Semester I 2019, KUR BRI Diakses 2,3 Juta Nasabah

Jakarta – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mendorong pemberdayaan pelaku UMKM di Indonesia. Selama periode Januari hingga Juni 2019,…

PT Pupuk Kujang Bangun Pabrik CO2 Cair di Cikampek

Kamis, 18 Juli 2019 - 08:00 WIB

PT Pupuk Kujang Bangun Pabrik CO2 Cair di Cikampek

PT Pupuk Kujang sebagai anak perusahaan dari PT Pupuk Indonesia (Persero) mengembangkan usaha dan bisnisnya dengan membangun pabrik CO2 di Cikampek, Jawa Barat. Dengan menggandeng PT Rekayasa…

Waskita (ist)

Kamis, 18 Juli 2019 - 07:13 WIB

Cegah Korupsi, Waskita Karya Wajibkan Kepala Proyek Lapor LHKPN ke KPK

Jakarta– PT Waskita Karya (Persero) Tbk (kode saham: WSKT) mendukung penuh imbauan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang meminta agar BUMN maupun swasta berkomitmen mencegah terjadinya penyimpangan.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Kamis, 18 Juli 2019 - 07:00 WIB

Menteri Rini: INKA Bangun Pabrik Kereta Api Terbesar se-Asia Tenggara di Banyuwangi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno meninjau progres pembangunan workshop atau pabrik kereta api milik PT Industri Kereta Api (Persero) di Banyuwangi, Jawa Timur. Pembangunan…

Go Work

Kamis, 18 Juli 2019 - 06:37 WIB

Kebahagiaan dalam Bekerja: Sebuah Observasi Atas Peran Dinamis Lingkungan Pekerjaan

Akhir tahun lalu, LinkedIn melakukan survei mendalam terhadap 2.000 karyawan profesional tentang sebuah topik mengenai “kebahagiaan di tempat kerja” (kondisi yang kita perjuangkan, tetapi…