Landas Pacu Bandara Kertajati Bisa Didarati Oesawat Boeing 777 atau Airbus 380

Oleh : Herry Barus | Kamis, 10 Januari 2019 - 10:52 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Kertajati- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ditargetkan 2019 sudah bisa melayani penerbangan untuk haji sehingga calon jamaah tidak perlu lagi berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta,  Tangerang, Banten.

"Minggu depan saya akan memanggil sejumlah pihak untuk membicarakan BIJB Kertajati dijadikan bandara haji. Pemerintah pusat khan tidak bisa memutuskan sepihak tapi harus didiskusikan dengan sejumlah pihak," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi awak media saat meninjau BIJB Kertajati, Jawa Barat, Rabu (9/1/2019)

Ikut mendampingi kegiatan itu antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti.

Dikatakan Menhub, pemerintah pusat pada intinya mendukung BIJB Kertajati tahun ini bisa menjadi embarkasi dan debarkasi haji, mengingat bandara itu sudah memenuhi persyaratan sebagai bandara internasional.

Keberadaan bandara terbesar di Jawa Barat itu, memang diperuntukkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dari dan ke Jawa Barat baik untuk haji, umroh, bisnis, hingga pariwisata.

"Landas pacu BIJB Kertajati sudah bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777 atau Airbus 380. Jadi bandara Kertajati sudah bisa disetarakan dengan Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Jika BIJB Kertajati tahun ini bisa digunakan untuk keberangkatan dan kedatangan haji serta umroh, maka akan bisa mengurangi beban trafik di Bandara Soekarno-Hatta yang saat ini sudah padat.

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan pemerintahnya mengiginkan BJIB kertajati bisa digunakan untuk keberangkatan dan kedatangan haji 2019, sehingga calon haji tidak perlu lagi terbang dari Bandara Soekarno-Hatta.

"Jawa Barat sudah memiliki bandara yang bagus dan berskala internasional. Untuk itu saya menginginkan tahun ini keberangkatan haji sudah bisa dilakukan dari BIJB," kata Ridwan Kamil kepada Antara.

Gubernur katakan semua faktor pendukung untuk persiapan haji sudah dilakukan, termasuk mempersiapkan asrama haji.

"Asrama haji ada di sekitar wilayah BJBI Kertajati yang tahun ini bisa digunakan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1

Jumat, 19 Juli 2019 - 21:00 WIB

EKI Dance Company Pentaskan EKI UPDATE 4.1

EKI Dance Company menggelar EKI Update 4.1 yang menyuguhkan tampilan ala Broadway dengan bumbu drama komedi yang dijamin menghibur penonton.

Inovasi dan kreasi tanpa henti merupakan ciri khas Enesis Group

Jumat, 19 Juli 2019 - 20:47 WIB

Matikan Kuman Dalam Empat Detik, Ternyata ini Rahasia Antis Jasmine Tea

Jakarta-Setelah sukses sebagai pelopor hand sanitizer di Indonesia dengan Antis aroma Timun dan Jeruk Nipis, Enesis Group (PT. Herlina Indah) kembali melakukan terobosan dengan meluncurkan varian…

Test Drive Mobil Elektrifikasi Toyota

Jumat, 19 Juli 2019 - 19:30 WIB

Gelar Test Drive, TAM Ajak Awak Media Rasakan Performa Mobil Elektrifikasi

PT Toyota-Astra Motor (TAM) hari ini, Jumat (19/7), menggelar test drive mobil elektrifikasi yang teknologinya telah dikembangkan Toyota Global di Kawasan QBig BSD City, Tangerang.

Keikutsertaan Suzuki di GIIAS 2019

Jumat, 19 Juli 2019 - 19:05 WIB

Usung Tema The Rise of Urban Adventure, Suzuki Hadirkan Suguhan Menarik di GIIAS 2019

Selama penyelenggaraan GIIAS dari 18-28 Juli 2019, Suzuki akan menyapa konsumen otomotif Indonesia lewat booth yang bertemakan The Rise of Urban Adventure.

 Trafik Penggunaan Meningkat Tajam XL Axiata Terus Perluas Jaringan Data di Kalimantan

Jumat, 19 Juli 2019 - 18:00 WIB

Trafik Penggunaan Meningkat Tajam XL Axiata Terus Perluas Jaringan Data di Kalimantan

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun jaringan data 4G LTE di Kalimantan. Langkah strategis ini perlu dilakukan mengingat permintaan masyarakat Kalimantan atas layanan data dari XL Axiata…