Landas Pacu Bandara Kertajati Bisa Didarati Oesawat Boeing 777 atau Airbus 380

Oleh : Herry Barus | Kamis, 10 Januari 2019 - 10:52 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Kertajati- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ditargetkan 2019 sudah bisa melayani penerbangan untuk haji sehingga calon jamaah tidak perlu lagi berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta,  Tangerang, Banten.

"Minggu depan saya akan memanggil sejumlah pihak untuk membicarakan BIJB Kertajati dijadikan bandara haji. Pemerintah pusat khan tidak bisa memutuskan sepihak tapi harus didiskusikan dengan sejumlah pihak," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi awak media saat meninjau BIJB Kertajati, Jawa Barat, Rabu (9/1/2019)

Ikut mendampingi kegiatan itu antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti.

Dikatakan Menhub, pemerintah pusat pada intinya mendukung BIJB Kertajati tahun ini bisa menjadi embarkasi dan debarkasi haji, mengingat bandara itu sudah memenuhi persyaratan sebagai bandara internasional.

Keberadaan bandara terbesar di Jawa Barat itu, memang diperuntukkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dari dan ke Jawa Barat baik untuk haji, umroh, bisnis, hingga pariwisata.

"Landas pacu BIJB Kertajati sudah bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777 atau Airbus 380. Jadi bandara Kertajati sudah bisa disetarakan dengan Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Jika BIJB Kertajati tahun ini bisa digunakan untuk keberangkatan dan kedatangan haji serta umroh, maka akan bisa mengurangi beban trafik di Bandara Soekarno-Hatta yang saat ini sudah padat.

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan pemerintahnya mengiginkan BJIB kertajati bisa digunakan untuk keberangkatan dan kedatangan haji 2019, sehingga calon haji tidak perlu lagi terbang dari Bandara Soekarno-Hatta.

"Jawa Barat sudah memiliki bandara yang bagus dan berskala internasional. Untuk itu saya menginginkan tahun ini keberangkatan haji sudah bisa dilakukan dari BIJB," kata Ridwan Kamil kepada Antara.

Gubernur katakan semua faktor pendukung untuk persiapan haji sudah dilakukan, termasuk mempersiapkan asrama haji.

"Asrama haji ada di sekitar wilayah BJBI Kertajati yang tahun ini bisa digunakan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Marinir Panen Sayuran Hidroponik Tingkatkan Ketahanan Pangan

Sabtu, 30 Mei 2020 - 05:00 WIB

Prajurit Marinir Panen Sayuran Hidroponik Tingkatkan Ketahanan Pangan

Segenap Prajurit Batalyon Howitzer 2 Marinir melaksanakan panen perdana tanaman sayur Hidroponik di Batalyon Howitzer 2 Marinir, Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur. Kamis (28/05/2020).

Satgas Yonif 411 Kostrad Bagikan Makanan untuk Tenaga Medis di RSUD Merauke

Sabtu, 30 Mei 2020 - 04:30 WIB

Satgas Yonif 411 Kostrad Bagikan Makanan untuk Tenaga Medis di RSUD Merauke

Sebagai wujud dukungan kepada para pahlawan kesehatan yang berjuang di garda terdepan melawan Virus Corona (Covid-19), Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad membagikan makan siang kepada…

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M.

Sabtu, 30 Mei 2020 - 04:03 WIB

Bakamla RI Tingkatkan Kewaspadaan Selama Pandemi Covid-19 di Laut

Masalah pandemi Covid-19 yang saat ini berlangsung di darat, dapat pula terjadi di wilayah laut. Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., M.M., mengadakan…

Chairman & Founder Jababeka Group, Setyono Djuandi Darmono

Jumat, 29 Mei 2020 - 21:47 WIB

Catat! Ini Solusi Chairman Jababeka Group untuk Pengusaha Properti Keluar dari Situasi Sulit Pandemi Covid-19

Chairman & Founder Jababeka Group, Setyono Djuandi Darmono ikut memberikan solusi untuk keluar dari permasalahan yang dihadapi para pengembang saat ini.

Talenta

Jumat, 29 Mei 2020 - 20:49 WIB

Pentingnya Sistem HRIS Bagi Perusahaan Saat Pemberlakuan New Normal

Mekari, sebagai perusahaan Software as a Service (SaaS) melalui salah satu produknya, Talenta, software HRIS & payroll berbasis cloud, berbagi informasi manfaat apa saja yang dapat diperoleh…