Landas Pacu Bandara Kertajati Bisa Didarati Oesawat Boeing 777 atau Airbus 380

Oleh : Herry Barus | Kamis, 10 Januari 2019 - 10:52 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Kertajati- Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati ditargetkan 2019 sudah bisa melayani penerbangan untuk haji sehingga calon jamaah tidak perlu lagi berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta,  Tangerang, Banten.

"Minggu depan saya akan memanggil sejumlah pihak untuk membicarakan BIJB Kertajati dijadikan bandara haji. Pemerintah pusat khan tidak bisa memutuskan sepihak tapi harus didiskusikan dengan sejumlah pihak," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi awak media saat meninjau BIJB Kertajati, Jawa Barat, Rabu (9/1/2019)

Ikut mendampingi kegiatan itu antara lain Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti.

Dikatakan Menhub, pemerintah pusat pada intinya mendukung BIJB Kertajati tahun ini bisa menjadi embarkasi dan debarkasi haji, mengingat bandara itu sudah memenuhi persyaratan sebagai bandara internasional.

Keberadaan bandara terbesar di Jawa Barat itu, memang diperuntukkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dari dan ke Jawa Barat baik untuk haji, umroh, bisnis, hingga pariwisata.

"Landas pacu BIJB Kertajati sudah bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777 atau Airbus 380. Jadi bandara Kertajati sudah bisa disetarakan dengan Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Jika BIJB Kertajati tahun ini bisa digunakan untuk keberangkatan dan kedatangan haji serta umroh, maka akan bisa mengurangi beban trafik di Bandara Soekarno-Hatta yang saat ini sudah padat.

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan pemerintahnya mengiginkan BJIB kertajati bisa digunakan untuk keberangkatan dan kedatangan haji 2019, sehingga calon haji tidak perlu lagi terbang dari Bandara Soekarno-Hatta.

"Jawa Barat sudah memiliki bandara yang bagus dan berskala internasional. Untuk itu saya menginginkan tahun ini keberangkatan haji sudah bisa dilakukan dari BIJB," kata Ridwan Kamil kepada Antara.

Gubernur katakan semua faktor pendukung untuk persiapan haji sudah dilakukan, termasuk mempersiapkan asrama haji.

"Asrama haji ada di sekitar wilayah BJBI Kertajati yang tahun ini bisa digunakan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…