Allianz Indonesia Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Pemuda Greol Jatim

Oleh : Herry Barus | Rabu, 09 Januari 2019 - 18:53 WIB

Allianz Indonesia Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Pemuda Greol Jatim (Foto Dok Industry.co.id)
Allianz Indonesia Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Pemuda Greol Jatim (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta- Di penghujung tahun 2018, Allianz Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli, dan
EDU Foundation meresmikan program pemberdayaan pemuda di desa Greol, Mojokerto, Jawa Timur. Bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto, serta komunitas Pondok Baiturochim, program pemberdayaan ini terdiri dari ragam kegiatan pelatihan, pendampingan, dan pemberian modal untuk budidaya lele organik.

Program pemberdayaan pemuda ini merupakan bentuk komitmen Allianz Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pemuda di desa Greol agar dapat mengembangkan diri dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, sesuai dengan salah satu pilar Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility – CSR) Allianz Indonesia yaitu pilar Pemberdayaan Ekonomi.

“Sepanjang tahun 2018, Allianz Indonesia telah menjalankan beragam program unggulan berkelanjutan yang bertujuan untuk memajukan perekonomian masyarakat. Kami menginisiasi program pemberdayaan pemuda melalui kegiatan pembudidayaan lele organik ini untuk ikut membantu menyejahterakan para pemuda desa Greol dan masyarakat di sekitarnya,” kata Arini S. Bachtiar, Head of Corporate Events & CSR, Allianz Indonesia.

Dalam program ini, selama setahun penuh, sebanyak 25 pemuda binaan Pondok Baiturochim dilatih menjadi pengusaha lele sekaligus social entrepreneur. Pelatihan ini meliputi pelatihan budidaya lele organik aquaculture untuk mengelola, memelihara, memanen hingga memasarkan hasil lele; pelatihan pemasaran digital untuk membantu para pemuda untuk bisa mandiri memanfaatkan media online untuk memasarkan hasil lele mereka; pelatihan akuntansi dasar; pelatihan literasi keuangan dan game bisnis oleh Allianz Indonesia dengan menggunakan metode simulasi yang mudah dipahami; serta pelatihan dasar koperasi sebagai wadah mereka untuk berkembang.

“Dukungan Allianz Indonesia dalam program ini memberi kontribusi yang besar kepada para pemuda di desa Greol untuk maju dan berkembang melalui pelatihan yang menyeluruh, sehingga mereka tidak hanya mendapat pelatihan budidaya lele yang baik dan benar, tetapi juga mendapatkan keahlian mengelola pendapatan secara maksimal,” ujar Zaky Zakaria, perwakilan EDU Foundation.

Selain merupakan wujud dari tanggung jawab sosial perusahaan yang berkelanjutan, program ini juga menjadi salah satu pemenang pada Social Innovation Fund yang diadakan secara global oleh Allianz Group. Social Innovation Fund adalah program yang mendorong tumbuhnya inisiatif-inisiatif CSR yang inovatif, praktis, dan berkelanjutan dari unit usaha Allianz di seluruh dunia, serta mendorong partisipasi karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.

“Seluruh rangkaian pelatihan pada program ini diharapkan mampu membantu para pemuda untuk maju dan turut meningkatkan kesejahteraan komunitasnya. Sinergi antara Allianz Indonesia, EDU Foundation, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto, dan komunitas Pondok Baiturochim, diharapkan dapat menjadi katalisator untuk melahirkan pemuda Indonesia yang unggul,” tutup Arini.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa…

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 22 September 2020 - 18:22 WIB

Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilakukannya percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kehadiran pelabuhan utama baru tersebut akan berperan…

Persib Bandung FC

Selasa, 22 September 2020 - 18:00 WIB

PERSIB Siapkan Pemain-Pemain Profesional

Sama seperti Saiful, Ardi Maulana atau Dudung merupakan pemain PERSIB U-20 yang berhasil masuk daftar pemain Pangeran Biru untuk kompetisi Liga 1 2020. Selain mereka, ada Kakang Rudianto dan…