Allianz Indonesia Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Pemuda Greol Jatim

Oleh : Herry Barus | Rabu, 09 Januari 2019 - 18:53 WIB

Allianz Indonesia Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Pemuda Greol Jatim (Foto Dok Industry.co.id)
Allianz Indonesia Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Pemuda Greol Jatim (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id -Jakarta- Di penghujung tahun 2018, Allianz Indonesia, melalui Yayasan Allianz Peduli, dan
EDU Foundation meresmikan program pemberdayaan pemuda di desa Greol, Mojokerto, Jawa Timur. Bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto, serta komunitas Pondok Baiturochim, program pemberdayaan ini terdiri dari ragam kegiatan pelatihan, pendampingan, dan pemberian modal untuk budidaya lele organik.

Program pemberdayaan pemuda ini merupakan bentuk komitmen Allianz Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pemuda di desa Greol agar dapat mengembangkan diri dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, sesuai dengan salah satu pilar Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility – CSR) Allianz Indonesia yaitu pilar Pemberdayaan Ekonomi.

“Sepanjang tahun 2018, Allianz Indonesia telah menjalankan beragam program unggulan berkelanjutan yang bertujuan untuk memajukan perekonomian masyarakat. Kami menginisiasi program pemberdayaan pemuda melalui kegiatan pembudidayaan lele organik ini untuk ikut membantu menyejahterakan para pemuda desa Greol dan masyarakat di sekitarnya,” kata Arini S. Bachtiar, Head of Corporate Events & CSR, Allianz Indonesia.

Dalam program ini, selama setahun penuh, sebanyak 25 pemuda binaan Pondok Baiturochim dilatih menjadi pengusaha lele sekaligus social entrepreneur. Pelatihan ini meliputi pelatihan budidaya lele organik aquaculture untuk mengelola, memelihara, memanen hingga memasarkan hasil lele; pelatihan pemasaran digital untuk membantu para pemuda untuk bisa mandiri memanfaatkan media online untuk memasarkan hasil lele mereka; pelatihan akuntansi dasar; pelatihan literasi keuangan dan game bisnis oleh Allianz Indonesia dengan menggunakan metode simulasi yang mudah dipahami; serta pelatihan dasar koperasi sebagai wadah mereka untuk berkembang.

“Dukungan Allianz Indonesia dalam program ini memberi kontribusi yang besar kepada para pemuda di desa Greol untuk maju dan berkembang melalui pelatihan yang menyeluruh, sehingga mereka tidak hanya mendapat pelatihan budidaya lele yang baik dan benar, tetapi juga mendapatkan keahlian mengelola pendapatan secara maksimal,” ujar Zaky Zakaria, perwakilan EDU Foundation.

Selain merupakan wujud dari tanggung jawab sosial perusahaan yang berkelanjutan, program ini juga menjadi salah satu pemenang pada Social Innovation Fund yang diadakan secara global oleh Allianz Group. Social Innovation Fund adalah program yang mendorong tumbuhnya inisiatif-inisiatif CSR yang inovatif, praktis, dan berkelanjutan dari unit usaha Allianz di seluruh dunia, serta mendorong partisipasi karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan.

“Seluruh rangkaian pelatihan pada program ini diharapkan mampu membantu para pemuda untuk maju dan turut meningkatkan kesejahteraan komunitasnya. Sinergi antara Allianz Indonesia, EDU Foundation, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mojokerto, dan komunitas Pondok Baiturochim, diharapkan dapat menjadi katalisator untuk melahirkan pemuda Indonesia yang unggul,” tutup Arini.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto Doc Golkar

Senin, 03 Oktober 2022 - 17:42 WIB

Pengamat: Pengumuman Capres Diharapkan Bisa Kerek Elektabilitas Parpol

Jakarta- Pengamat Politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa mengungkapkan pengumuman kandidat capres diyakini bakal kerek elekabilitas partai politik.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Senin, 03 Oktober 2022 - 16:30 WIB

Menperin Agus: September 2022, PMI Manufaktur RI Lampaui Dunia, ASEAN, Hingga China

Peningkatan produksi dan ekspansi permintaan domestik baru mendorong naiknya Purchasing Managers Index (PMI) Manufaktur Indonesia di bulan September 2022. PMI Manufaktur di bulan tersebut tercatat…

Auraya Suites

Senin, 03 Oktober 2022 - 16:20 WIB

Auraya Suites, Hunian Mewah di Segitiga Emas Alam Sutera Seharga Mulai dari Rp500 Jutaan

Sino Ocean Group, perusahaan manajemen dan pengembang properti internasional bekerjasama dengan Kencana Prima Property Group dan Alas Kusuma Land menghadirkan proyek hunian mewah dan modern…

Wempi Saputra, Staf Ahli Menteri Keuangan RI Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional

Senin, 03 Oktober 2022 - 15:02 WIB

Pertemuan keenam JFHTF G20 Tuntaskan Rangkaian Diskusi Sepanjang Presidensi Indonesia

Pada pertemuan keenam tersebut, bertindak sebagai co-chair dari Indonesia adalah Wempi Saputra, Staf Ahli Menteri Keuangan RI Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional dan Kunta Wibawa,…

Builder Gearhead Monkey Garage Iman Kusumo

Senin, 03 Oktober 2022 - 14:52 WIB

Builder Gearhead Monkey Garage Ini Pamer Moto Guzzi Hasil Kustomisasi di Kustomfest 2022

Builder Gearhead Monkey Garage Iman Kusumo memamerkan Moto Guzzi New V7 Stone hasil kustomisasinya di acara Kustomfest 2022, sebuah acara yang mewadahi semangat kustom kulture di Indonesia.