Menperin Airlangga Pastikan Nike Akan Alihkan Pesananya ke Indonesia

Oleh : Ridwan | Selasa, 08 Januari 2019 - 17:15 WIB

Ilustrasi Apparel Nike
Ilustrasi Apparel Nike

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memastikan produsen alas kaki dengan merek "Nike" akan mengalihkan sebagian ordernya ke Indonesia. 

"Saya sudah bertemu dengan Nike dan lainnya, mereka akan alihkan sebagian pemesanannya ke Indonesia," kata Airlangga di Jakarta, Selasa (8/1/2019). 

Ditambahkan Menperin, mereka (Nike) sudah menyampaikan intention untuk mengisi demand. "Untuk itu, Nike akan memberikan kesempatan untuk Indonesia," terangnya. 

Menurut Airlangga, selama ini Nike juga sudah memproduksi sepatu di Indonesia. Namun karena ada peningkatan permintaan jumlah produksi tersebut akan ditambah dari Indonesia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kementerian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono menepis kabar terkait pemberhentian pesanan pakaian olahraga 19 perusahaan garmen atau produsen pakaian jadi di Indonesia oleh Nike. 

"Kami sudah mengonfirmasi langsung ke pihak Nike yang ada di Singapura. Yang jelas kan nggak ada pengurangan order Nike di Indonesia," kata Sigit. 

Selain itu, tambah Sigit, pihaknya memastikan Nike tetap memesan pakaian olahraga dari perusahaan garmen atau produsen pakaian jadi di Indonesia.

"Saya jamin Nike tidak mengurangi pesanan pakaian olahraga dari 19 pabrik tersebut," terang Sigit. 

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu sempat tersiar kabar di media sosial bahwa Nike berhenti memesan pakaian olahraga dari 19 perusahaan garmen atau produsen pakaian jadi di Indonesia. Sebanyak 35.000 karyawan dikabarkan terancam PHK.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Taj Mahal, India (Dennis Jarvis/Flickr)

Senin, 17 Mei 2021 - 16:30 WIB

Taj Mahal Perpanjang Masa Penutupan Wisata Hingga Akhir Mei 2021

Lonjakan kasus harian Covid-19 di India semakin hari kian memburuk. Hal ini mengakibatkan rumah sakit penuh serta alat kesehatan yang dibutuhkan untuk pengobatan pasien pun menjadi terbatas.…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Senin, 17 Mei 2021 - 16:09 WIB

Kementan Pastikan Stok Komoditas Hewani Aman Pasca Lebaran

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menyampaikan stok ketersediaan daging komoditas hewani khususnya ruminansia masih tersedia…

Ekspansi Lucy in The Sky

Senin, 17 Mei 2021 - 16:01 WIB

Raih Dana IPO Sebesar Rp33,7 Miliar, Lucy in The Sky Tancap Gas Lakukan Ekspansi dan Pengembangan Bisnis

PT Lima Dua Lima Tiga Tbk. sebagai pemilik dan pengelola Lucy in The Sky telah resmi melantai di bursa saham pada 5 Mei 2021 lalu. Melalui Initial Public Offering (IPO), perseroan berhasil menghimpun…

Replika Kapal Titanic di Cina (Ist)

Senin, 17 Mei 2021 - 15:30 WIB

Cina Bangun Replika Kapal Titanic Untuk Tempat Wisata

Kapal pesiar mewah nan ikonik Titanic yang diabadikan melalui film layar lebar pada 1997 ini akan dibangun replikanya di Cina. Salah satu tujuan pembangunan ini adalah sebagai daya tarik wistawan…

Pembangunan Bendungan Ameroro

Senin, 17 Mei 2021 - 15:27 WIB

Pemerintah Siapkan Dana Sebesar Rp 1,48 Triliun Bangun Bendungan Ameroro Berkapasitas 43,44 Juta m3 di Sultra

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Bendungan Ameroro di Desa Tamesandi, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang juga masuk dalam daftar…