Ekspansi Bisnis, Dharma Satya Nusantara Akuisisi Dua Perusahaan Kelaap Sawit di Kalimantan Timur

Oleh : Hariyanto | Jumat, 04 Januari 2019 - 15:33 WIB

Pabrik Kelapa sawit (ist)
Pabrik Kelapa sawit (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT. Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) berhasil mengakuisisi PT Bima Palma Nugraha (BPN) dan Bima Agri Sawit (BAS) di Kalimantan Timur dengan persetujuan dari pemegang saham untuk merealisasikan ekspansi bisnis.

Emiten perkebunan tersebut menyelesaikan akuisisi kedua perusahaan kelapa sawit tersebut pada akhir tahun lalu dengan menggelontorkan dana sebesar Rp 1,35 triliun yang diperoleh dari kas internal dan pinjaman bank.

"Akuisisi ini tentu mempengaruhi posisi kas dan pinjaman. Meski begitu, fundamental keuangan perusahaan masih cukup bagus," kata Direktur Utama DSNG, Andrianto Oetomo di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Mengacu laporan keuangan per September 2018, total kas dan setara kas DSNG adalah senilai Rp 243,5 miliar. "Setelah akuisisi, kami akan lakukan pembenahan. Dari akuisisi ini kami berharap bisa membantu meningkatkan kinerja keuangan dalam jangka panjang," ungkap Andrianto.

Untu diketahui, DSNG membeli BPN dan BAS, sekalipun keduanya masih merugi dengan pertimbangan, kedua perusahaan tersebut memiliki aset kebun kelapa sawit dan pabrik yang prospektif di masa depan. Andrianto berharap, pasca akuisisi ada sinergi dengan kinerja operasional DSNG. 

"Pabrik (BPN dan BAS) berada di Kalimantan Timur. Jaraknya dari pabrik kami sekitar 100 km, sehingga diharapkan membantu menggenjot produksi CPO dan kinerja operasional kami," kata Ardianto.

Andrianto menambahkan, setelah akuisisi, produksi CPO meningkat 14% pada 2019. Namun, menurutnya, terkait target pendapatan tahun ini, tergantung pada harga CPO dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Keberhasilan Protokol Kesehatan Yonmarhanlan XII Tertibkan Pasar Tradisional

Jumat, 03 Juli 2020 - 04:00 WIB

Dukung Keberhasilan Protokol Kesehatan Yonmarhanlan XII Tertibkan Pasar Tradisional

Tingkatkan disiplin masyarakat terhadap Covid-19, prajurit Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan XII) Pontianak bersama unsur TNI - Polri dan Gugus Tugas Penanganan Percepatan…

Panglima TNI-Purnawirawan Militer Sepakat Tingkatkan Pertahanan

Jumat, 03 Juli 2020 - 03:38 WIB

Panglima TNI-Purnawirawan Militer Sepakat Tingkatkan Pertahanan

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapuskersin TNI Laksma TNI Didik Kurniawan, S.T., M.Si., dan Waasintel Panglima TNI Laksma TNI Drs. I Putu Arya Angga menerima audiensi…

Ketua Kadin Rosan P. Roeslani

Jumat, 03 Juli 2020 - 03:30 WIB

Menghadap OJK, Sejumlah Pengusaha 'Teriak' Pemberian Stimulus Masih Lambat

Otoritas Jas Keuangan memanggil sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia…

 Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani (Foto:jurnas)

Jumat, 03 Juli 2020 - 01:15 WIB

Pengusaha: Berapapun Stimulus yang Diberikan, Kalau Masyarakat Tidak Bergerak, Percuma

Dunia usaha tengah mengalami masalah krusial dalam menumbuhkan permintaan. Hal ini menjadi penting karena berapapun stimulus ekonomi yang disuntikkan tetap percuma jika tidak ada permintaan.

Penerbangan Batik Air Sesuai Protokol Kesehatan

Jumat, 03 Juli 2020 - 00:05 WIB

Gawat! Industri Penerbangan 'Mati Suri', Lion Air Group Rumahkan Ribuan Karyawan

Maskapai Lion Air Group menyampaikan penjelasan sehubungan dengan kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) ribuan karyawan.