Ekspansi Bisnis, Dharma Satya Nusantara Akuisisi Dua Perusahaan Kelaap Sawit di Kalimantan Timur

Oleh : Hariyanto | Jumat, 04 Januari 2019 - 15:33 WIB

Pabrik Kelapa sawit (ist)
Pabrik Kelapa sawit (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT. Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) berhasil mengakuisisi PT Bima Palma Nugraha (BPN) dan Bima Agri Sawit (BAS) di Kalimantan Timur dengan persetujuan dari pemegang saham untuk merealisasikan ekspansi bisnis.

Emiten perkebunan tersebut menyelesaikan akuisisi kedua perusahaan kelapa sawit tersebut pada akhir tahun lalu dengan menggelontorkan dana sebesar Rp 1,35 triliun yang diperoleh dari kas internal dan pinjaman bank.

"Akuisisi ini tentu mempengaruhi posisi kas dan pinjaman. Meski begitu, fundamental keuangan perusahaan masih cukup bagus," kata Direktur Utama DSNG, Andrianto Oetomo di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Mengacu laporan keuangan per September 2018, total kas dan setara kas DSNG adalah senilai Rp 243,5 miliar. "Setelah akuisisi, kami akan lakukan pembenahan. Dari akuisisi ini kami berharap bisa membantu meningkatkan kinerja keuangan dalam jangka panjang," ungkap Andrianto.

Untu diketahui, DSNG membeli BPN dan BAS, sekalipun keduanya masih merugi dengan pertimbangan, kedua perusahaan tersebut memiliki aset kebun kelapa sawit dan pabrik yang prospektif di masa depan. Andrianto berharap, pasca akuisisi ada sinergi dengan kinerja operasional DSNG. 

"Pabrik (BPN dan BAS) berada di Kalimantan Timur. Jaraknya dari pabrik kami sekitar 100 km, sehingga diharapkan membantu menggenjot produksi CPO dan kinerja operasional kami," kata Ardianto.

Andrianto menambahkan, setelah akuisisi, produksi CPO meningkat 14% pada 2019. Namun, menurutnya, terkait target pendapatan tahun ini, tergantung pada harga CPO dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.