Ekspansi Bisnis, Dharma Satya Nusantara Akuisisi Dua Perusahaan Kelaap Sawit di Kalimantan Timur

Oleh : Hariyanto | Jumat, 04 Januari 2019 - 15:33 WIB

Pabrik Kelapa sawit (ist)
Pabrik Kelapa sawit (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT. Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) berhasil mengakuisisi PT Bima Palma Nugraha (BPN) dan Bima Agri Sawit (BAS) di Kalimantan Timur dengan persetujuan dari pemegang saham untuk merealisasikan ekspansi bisnis.

Emiten perkebunan tersebut menyelesaikan akuisisi kedua perusahaan kelapa sawit tersebut pada akhir tahun lalu dengan menggelontorkan dana sebesar Rp 1,35 triliun yang diperoleh dari kas internal dan pinjaman bank.

"Akuisisi ini tentu mempengaruhi posisi kas dan pinjaman. Meski begitu, fundamental keuangan perusahaan masih cukup bagus," kata Direktur Utama DSNG, Andrianto Oetomo di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Mengacu laporan keuangan per September 2018, total kas dan setara kas DSNG adalah senilai Rp 243,5 miliar. "Setelah akuisisi, kami akan lakukan pembenahan. Dari akuisisi ini kami berharap bisa membantu meningkatkan kinerja keuangan dalam jangka panjang," ungkap Andrianto.

Untu diketahui, DSNG membeli BPN dan BAS, sekalipun keduanya masih merugi dengan pertimbangan, kedua perusahaan tersebut memiliki aset kebun kelapa sawit dan pabrik yang prospektif di masa depan. Andrianto berharap, pasca akuisisi ada sinergi dengan kinerja operasional DSNG. 

"Pabrik (BPN dan BAS) berada di Kalimantan Timur. Jaraknya dari pabrik kami sekitar 100 km, sehingga diharapkan membantu menggenjot produksi CPO dan kinerja operasional kami," kata Ardianto.

Andrianto menambahkan, setelah akuisisi, produksi CPO meningkat 14% pada 2019. Namun, menurutnya, terkait target pendapatan tahun ini, tergantung pada harga CPO dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Industri 4.0

Sabtu, 14 Desember 2019 - 17:05 WIB

Pacu Implementasi Industri 4.0, RI Bakal Diguyur Dana Senilai USD 50 Juta oleh Dewan Riset Korsel

Indonesia dan Korea Selatan semakin menguatkan kerja sama di sektor manufaktur, terutama dalam kesiapan implementasi industri 4.0.

Lars Wittig, VP Sales ASEAN, S.Korea, IWG

Sabtu, 14 Desember 2019 - 17:00 WIB

Menghadapi Ketergantunan Teknologi di Ruang Kerja

Seperti yang kita ketahui, kantor-kantor dulunya dipenuhi oleh lautan dokumen, slip biaya perjalanan, mesin faks, ponsel berukuran batu bata hingga mesin tik. Namun, evolusi teknologi modern…

Didi Kempot Sebagai Brand Ambassador Shopee

Sabtu, 14 Desember 2019 - 16:00 WIB

Shopee Catatkan Pencapaian Rp1,3 Triliun GMV dalam 24 Jam

Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, mencatatkan rekor terbaru di Indonesia dengan raihan 1,3 Triliun Rupiah GMV dalam 24 jam pada puncak kampanye Shopee 12.12 Birthday…

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin RI, Harjanto pada acara The 2nd Indonesia Japan Automotive Dialogue di Bali.

Sabtu, 14 Desember 2019 - 16:00 WIB

RI-Jepang Perkuat Kerja Sama Pengembangan Kendaraan Listrik

Indonesia dan Jepang terus menjalin kerja sama dalam upaya pengembangan industri otomotif, termasuk mendorong percepatan produksi kendaraan yang ramah lingkungan. Langkah strategis ini diwujudkan…

League Luncurkan 8 Koleksi Eksklusif Apparel Cycling

Sabtu, 14 Desember 2019 - 15:38 WIB

Dukung Timnas Balap Sepeda ke Sea Games 2019, League Luncurkan 8 Koleksi Eksklusif Apparel Cycling

Memiliki detail khas nasionalisme, apparel special edition yang didesain atas inspirasi semangat bersepeda dari ICF (Indonesian Cycling Federation) atau yang juga dikenal dengan ISSI (Ikatan…