Kembali Erupsi, Gunung Agung Dinyatakan Siaga III

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 31 Desember 2018 - 06:11 WIB

Aktivitas Vulkanik Gunung Agung (ist)
Aktivitas Vulkanik Gunung Agung (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan Gunung Agung, Bali, kembali mengalami erupsi pada pukul 04.09 WITA, Ahad, 30 Desember. PVMBG menyatakan kini status Gunung Agung pada Level III (Siaga).

PVMBG mengimbau agar tidak ada wisatawan yang melakukan pendakian. Warga di sekitar Gunung Agung juga diimbau beraktivitas dalam radius 4 Kilometer dari kawah puncak. Zona perkiraan bahaya ini pun bersifat dinamis, dapat terus dievaluasi dan dapat berubah suatu waktu mengikuti perkembangan data pengamatan terbaru.

Menurut Kepala PVMBG Kasbani, saat ini Gunung Agung masih berstatus sama dan imbauannya tetao. "Gunung Agung masih tetap level III, jangkauannya masih 4 Kilometer dari pusat, dan tadi pagi kan ada erupsi tapi ketinggian kita tidak tahu karena tertutup kabut," kata Kasbani, Ahad, 30 Desember 2018.

PVMBG juga menyarankan kepada warga yang bermukim dan beraktivitas di sekitar Gunung Agung serta aliran sungai yang berhulu di gunung itu, mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang dapat terjadi. Sebab, kata dia, area landaan aliran lahar hujan, akan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.


Adapun sampai saat ini sebaran hujan abu dari Gunung Agung sudah sampai ke beberapa tempat ini, seperti Banjar Dinas Uma Anyar Ababi bagian barat; Wilayah Kota Amlapura; Desa Seraya Barat; Banjar Dinas Ujung Pesisi; Lingkungan Pesagi dan Lingkungan Pebukit; Desa Tenggalinggah; Kantor BPBD, di Jalan D.I Panjaitan No.6, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Muchyar Yara

Selasa, 20 Oktober 2020 - 07:00 WIB

Gerakan Kritisi terhadap Pemerintahan Meningkat

Gerakan mengkritisi pemerintahan Presiden Jokowi nampaknya semakin membesar, ditambah lagi yang terakhir dengan disahkannya UU Cipta Kerja

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Selasa, 20 Oktober 2020 - 06:30 WIB

Revisi UU Otonomi Khusus Harus Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Papua

Revisi UU Otsus yang dilakukan pemerintah bersama DPR RI dilakukan untuk memastikan Papua dan Papua Barat tetap mendapatkan dana otonomi khusus. Sekaligus memastikan pembangunan tetap meningkat.…

Satgas TMMD Reguler ke-109 Sintang Kerjakan Infrastruktur Jalan Raya

Selasa, 20 Oktober 2020 - 04:00 WIB

Satgas TMMD Reguler ke-109 Sintang Kerjakan Infrastruktur Jalan Raya

Dalam kesempatan tersebut, Pasiter Kodim Sambas Kapten Inf Sigit Edi S menyampaikan bahwa sasaran fisik berupa pengecoran jalan yang dikerjakan Satgas TMMD merupakan Jalan utama bagi masyarakat,…

Midea Meluncurkan Fitur Xtreme Dura dan Tambahan Garansi pada AC terbarunya

Selasa, 20 Oktober 2020 - 01:41 WIB

Produsen Peralatan Konsumen Nomor Satu Dunia Midea Luncurkan Fitur Xtreme Dura dan Tambahan Garansi pada AC terbarunya

Jakarta– Midea sebagai produsen peralatan konsumen nomor satu di dunia [1] dan sudah berkembang selama 10 tahun terakhir di Indonesia tak lantas meregangkan penetrasinya.

Pelabunan Patimban Jawa Barat (Foto Ist)

Senin, 19 Oktober 2020 - 19:25 WIB

Konsorsium Samudera - Jababeka Ikut Serta Dalam Pra-Kualifikasi Patimban Port

Pada tanggal 15 Oktober 2020, Konsorsium PT Jababeka Tbk (Perseroan) bersama dengan PT Samudera Indonesia Tangguh (SIT) telah menyampaikan dokumen prakualifikasi pengadaan Badan Usaha Pelaksana…