Hadirkan Inovasi dan Kecanggihan Teknologi, MonotaRo Jepang Siap Segarkan Pasar B2B Indonesia

Oleh : Hariyanto | Jumat, 28 Desember 2018 - 06:03 WIB

Presiden Direktur MonotaRo Indonesia, Daisuke Maeda
Presiden Direktur MonotaRo Indonesia, Daisuke Maeda

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di Indonesia, porsi transaksi e-commerce Business to Business (B2B) masih terbilang rendah. Persaingan pasar B2B masih belum terlalu ketat mengingat masih belum banyaknya pemain di sektor tersebut. 

Melihat kondisi tersebut serta pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) dan kapabilitas produsen di Indonesia, membuat pemain e-commerce B2B paling sukses di Jepang yang bergerak dibidang penjualan produk MRO (maintenance, repair, dan operation), yaitu MonotaRO memasuki pasar Indonesia dengan menghadirkan monotaro.id.

Laman web MonotaRO

Produk yang disediakan MonotaRO meliputi alat keamanan, alat perkakas, kelistrikan, komponen mekanikal, hingga ATK (alat tulis kantor) dan banyak produk lainnya untuk pelanggan bisnis. Perusahaan ini memasok kurang lebih 17 juta produk dengan memanfaatkan rantai pasokan yang kuat di dunia.

Presiden Direktur MonotaRO Indonesia , Daisuke Maeda mengatakan, MonotaRO bukan pasar e-commerce tempat penjual dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi di platform, melainkan retail online yang membawa produknya sendiri.

"Kami adalah retail online yang membawa dan menjual produk sendiri sehingga kami dapat menjamin kualitas produk dan layanan bagi pelanggan serta menyediakan cara pembelian yang paling nyaman bagi pelanggan," ungkap Maeda-san kepada INDUSTRY.co.id, di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Maeda-san mengatakan, monotaro.id merupakan perusahaan joint venture antara MonotaRO Jepang dan Sumitomo Corporation yang memiliki sejarah bisnis 60 tahun sebagai perusahaan perdagangan. MonotaRO Jepang juga terkenal dengan teknologi yang canggih dan dianugerahi sebagai salah satu Most Innovative Growth Company di dunia versi Forbes.

"Kami percaya dapat melayani pelanggan bisnis dalam meningkatkan pengadaan produk. Memanfaatkan teknologi dan inovasi dari MonotaRO Jepang, kami ingin meningkatkan proses pengadaan di Indonesia menjadi lebih dinamis. Kami menyadari bahwa Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, menghadapi berbagai kesulitan dalam proses pengadaan dan karenanya monotaro.id berkeinginan memberikan solusi dengan menawarkan cara yang lebih mudah dan lebih nyaman kepada pelanggan," tambahnya.


Layanan monotaro.id

Ia percaya bahwa penyelesaian masalah pengadaan barang di Indonesia tidak cukup hanya menyediakan produk sebanyak-banyaknya saja, namun juga harus diiringi oleh sarana pencarian yang mudah dan tepat bagi berbagai tipe pelanggan. Dan karenanya monotaro.id menyediakan katalog, brosur maupun product advisor sebagai opsi dalam pembelian produk.

"Di monotaro.id, kami memberikan keleluasaan bagi pelanggan untuk memilih cara yang paling nyaman untuk mencari dan membeli produk dengan harga yang kompetitif," lanjut Maeda-san.

Sama yang terjadi di negara lain, lanjutnya, ia yakin bahwa pengadaan barang di masa depan akan berubah seperti halnya e-commerce B2C dan C2C di Indonesia yang berkembang pesat.

"Kami percaya dengan layanan kami, bisnis UMKM di Indonesia akan berkembang ke arah pengadaan barang dengan cara yang nyaman dan harga produk yang jelas, sesuai dengan layanan yang kami sediakan. Tentu saja kami berharap hal ini akan meningkatkan produktivitas pelanggan bisnis kami yang pada akhirnya akan berkontribusi positif pada lingkungan bisnis di Indonesia," tambahnya.

" Kami optimis, dengan inovasi dan teknologi yang kami miliki, monotaro.id dapat menjadi solusi one stop shoping bagi kebutuhan berbagai jenis industri yang ada. Kami percaya kami dapat menyediakan lebih banyak lagi produk yang dibutuhkan dengan harga yang semakin terjangkau serta layanan yang semakin baik dan nyaman bagi pelanggan kami," tutup Maeda-san.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Noah

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Dua Tahun Digarap, Noah Rilis Album 'Keterkaitan Keterikatan’

Ariel, Lukman, Uki, dan David melakukan serangkaian kegiatan yang diberi nama 7 Days in Paradise.

Fashion show di ajang Jakarta Youth Meet Up.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Jakarta Youth Meet Up Wujudkan Inspirasi dan Selebrasi Anak Muda

Entusiasme anak muda terlihat dari banyaknya pengunjung yang terus berdatangan.

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp di Bangkok, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:57 WIB

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp

Kontribusi SCG di bidang Pendidikan, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara tempatnya beroperasi.

KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:44 WIB

KoinWorks Menangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase

Berhasil mengalahkan lima pesaing utama lainnya yang sebagian besar berasal dari industri fintech dan perbankan.

Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia pada konferensi pers solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:02 WIB

Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Biaya, Acer Perkenalkan Solusi IoT

Membantu perusahaan dan pelaku bisnis meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya melalui konektivitas antar perangkat.