Hadirkan Inovasi dan Kecanggihan Teknologi, MonotaRo Jepang Siap Segarkan Pasar B2B Indonesia

Oleh : Hariyanto | Jumat, 28 Desember 2018 - 06:03 WIB

Presiden Direktur MonotaRo Indonesia, Daisuke Maeda
Presiden Direktur MonotaRo Indonesia, Daisuke Maeda

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di Indonesia, porsi transaksi e-commerce Business to Business (B2B) masih terbilang rendah. Persaingan pasar B2B masih belum terlalu ketat mengingat masih belum banyaknya pemain di sektor tersebut. 

Melihat kondisi tersebut serta pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) dan kapabilitas produsen di Indonesia, membuat pemain e-commerce B2B paling sukses di Jepang yang bergerak dibidang penjualan produk MRO (maintenance, repair, dan operation), yaitu MonotaRO memasuki pasar Indonesia dengan menghadirkan monotaro.id.

Laman web MonotaRO

Produk yang disediakan MonotaRO meliputi alat keamanan, alat perkakas, kelistrikan, komponen mekanikal, hingga ATK (alat tulis kantor) dan banyak produk lainnya untuk pelanggan bisnis. Perusahaan ini memasok kurang lebih 17 juta produk dengan memanfaatkan rantai pasokan yang kuat di dunia.

Presiden Direktur MonotaRO Indonesia , Daisuke Maeda mengatakan, MonotaRO bukan pasar e-commerce tempat penjual dan pembeli bertemu dan melakukan transaksi di platform, melainkan retail online yang membawa produknya sendiri.

"Kami adalah retail online yang membawa dan menjual produk sendiri sehingga kami dapat menjamin kualitas produk dan layanan bagi pelanggan serta menyediakan cara pembelian yang paling nyaman bagi pelanggan," ungkap Maeda-san kepada INDUSTRY.co.id, di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Maeda-san mengatakan, monotaro.id merupakan perusahaan joint venture antara MonotaRO Jepang dan Sumitomo Corporation yang memiliki sejarah bisnis 60 tahun sebagai perusahaan perdagangan. MonotaRO Jepang juga terkenal dengan teknologi yang canggih dan dianugerahi sebagai salah satu Most Innovative Growth Company di dunia versi Forbes.

"Kami percaya dapat melayani pelanggan bisnis dalam meningkatkan pengadaan produk. Memanfaatkan teknologi dan inovasi dari MonotaRO Jepang, kami ingin meningkatkan proses pengadaan di Indonesia menjadi lebih dinamis. Kami menyadari bahwa Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, menghadapi berbagai kesulitan dalam proses pengadaan dan karenanya monotaro.id berkeinginan memberikan solusi dengan menawarkan cara yang lebih mudah dan lebih nyaman kepada pelanggan," tambahnya.


Layanan monotaro.id

Ia percaya bahwa penyelesaian masalah pengadaan barang di Indonesia tidak cukup hanya menyediakan produk sebanyak-banyaknya saja, namun juga harus diiringi oleh sarana pencarian yang mudah dan tepat bagi berbagai tipe pelanggan. Dan karenanya monotaro.id menyediakan katalog, brosur maupun product advisor sebagai opsi dalam pembelian produk.

"Di monotaro.id, kami memberikan keleluasaan bagi pelanggan untuk memilih cara yang paling nyaman untuk mencari dan membeli produk dengan harga yang kompetitif," lanjut Maeda-san.

Sama yang terjadi di negara lain, lanjutnya, ia yakin bahwa pengadaan barang di masa depan akan berubah seperti halnya e-commerce B2C dan C2C di Indonesia yang berkembang pesat.

"Kami percaya dengan layanan kami, bisnis UMKM di Indonesia akan berkembang ke arah pengadaan barang dengan cara yang nyaman dan harga produk yang jelas, sesuai dengan layanan yang kami sediakan. Tentu saja kami berharap hal ini akan meningkatkan produktivitas pelanggan bisnis kami yang pada akhirnya akan berkontribusi positif pada lingkungan bisnis di Indonesia," tambahnya.

" Kami optimis, dengan inovasi dan teknologi yang kami miliki, monotaro.id dapat menjadi solusi one stop shoping bagi kebutuhan berbagai jenis industri yang ada. Kami percaya kami dapat menyediakan lebih banyak lagi produk yang dibutuhkan dengan harga yang semakin terjangkau serta layanan yang semakin baik dan nyaman bagi pelanggan kami," tutup Maeda-san.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…

Penampakan Booth Suzuki di PRJ

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:45 WIB

Usung Tema 100% Buat Indonesia, Suzuki Turut Ramaikan Jakarta Fair 2019

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-492, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merk Suzuki di Indonesia turut berpartisipasi pada acara tahunan Jakarta Fair Kemayoran…

Samsung Smart Learning Class

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:19 WIB

Samsung dan IGI Makassar Perluas Manfaat Samsung Smart Learning Class Menjadi Paperless School

PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan.…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:15 WIB

Industri Manufaktur Sumbang Signifikan ke PMDN dan PMA

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong realisiasi dari komitmen para investor sektor industri yang telah menyatakan minatnya untuk menanamkan modal di Indonesia.