Begini Inovasi Pengelolaan Sampah Plastik Danone-Aqua

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 20 Desember 2018 - 21:52 WIB

Danone-AQUA bersama sejumlah Influencer dan media mengeksplorasi siklus daur ulang sampah plastik dalam acara yang bertajuk Circularity Tour yang diselenggarakan pada 18 19 Desember 2018.
Danone-AQUA bersama sejumlah Influencer dan media mengeksplorasi siklus daur ulang sampah plastik dalam acara yang bertajuk Circularity Tour yang diselenggarakan pada 18 19 Desember 2018.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Danone-AQUA bersama sejumlah Influencer dan media mengeksplorasi siklus  daur ulang sampah plastik dalam acara  yang bertajuk Circularity Tour yang diselenggarakan pada 18 – 19 Desember 2018.

Dalam acara ini, peserta mengunjungi beberapa lokasi untuk melihat langsung berbagai inovasi yang dapat dilakukan dalam pengelolaan sampah plastik. Circularity Tour bertujuan untuk menyelaraskan perspektif antara para pemangku kepentingan dalam memahami isu pengelolaan sampah plastik dan pentingnya kolaborasi lintas sektoral.

Kunjungan dimulai dengan mengunjungi Smart Drop Box (SDB) dan Bank Sampah di wilayah Kasablanka, Jakarta Selatan. Dalam kunjungan ini, peserta melihat SDB yang merupakan tempat sampah pintar hasil kerjasama antara Danone-AQUA, Alfamart, Telkomsel dan SMASH. 

SDB ini dilengkapi sistem pemindai barcode botol plastik dan terhubung dengan mySmash, yaitu aplikasi yang membantu penggunanya untuk mencatatkan sampah botol yang dikumpulkan dan mendapatkan imbalan poin yang dapat digunakan sebagai pembayaran online.

Selanjutnya peserta mengunjungi Recycle Bussiness Unit (RBU) di Tangerang yang diinisiasi  Danone-AQUA sejak 2010 untuk memahami lebih dalam mengenai proses daur ulang. Saat ini, RBU mempekerjakan 40 pegawai di mana 60% adalah perempuan.

RBU ini telah menghasilkan cacahan plastik sebanyak 90 ton/bulan dari 100 ton botol plastik yang dikumpulkan dari lapak dan bank sampah di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu, Bogor, dan juga Bekasi. Bersama dengan RBU di Bandung, Bali, dan Lombok yang dibangun oleh mitra Danone-AQUA, keseluruhan RBU di empat kota ini menghasilkan 12.000 Ton plastik cacahan per tahun.

Menutup kegiatan, peserta juga mengunjungi pabrik Danone-AQUA di Babakan Pari dan Legos. Kunjungan ini menunjukkan komitmen Danone-AQUA dalam mengimplementasikan Reduce, Reuse dan Recycle dalam penggunaan plastik. Saat ini, 70% bisnis Danone-AQUA merupakan kemasan galon yang  dapat digunakan kembali.

Terkait berbagai inisiatif yang dilakukan tersebut, Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone-Indonesia menjelaskan, “Danone-AQUA telah mulai untuk melakukan pengelolaan sampah plastik sejak 1993 dimana kami mengembangkan program PEDULI.  Program ini kemudian memelopori perkembangan industri daur ulang di Indonesia.  Kami kemudian semakin menguatkan komitmen untuk pengelolaan sampah plastik dengan meluncurkan Gerakan #BijakBerplastik di tahun ini.”  Jelas Karyanto.

Dalam Gerakan #BijakBerplastik,  Danone-AQUA menginisiasi kolaborasi kepada seluruh pihak untuk melakukan upaya edukasi, pengumpulan infrastruktur pengumpulan sampah plastik dan inovasi produk.  Saat ini, semua botol AQUA adalah 100% (semua kemasan 98%) dapat didaur ulang dan baru saja meluncurkan botol dengan menggunakan kemasan 100% PET daur ulang (100% rPET).”

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jakarta Blues International Festival 2019(Foto Dok Industry.co.id0

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 21:00 WIB

Jakarta Blues International Festival 2019

Apa kabar Blues di Indonesia? …Silahkan jawab versi Anda sendiri… tapi yang pasti para penggemar-nya sedang bersiap-siap berpesta bersama di acara Jakarta Blues International Festival yang…

Deklarasi Teman Juara

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:55 WIB

Deklarasi Teman Juara, Ajak Generasi Milenial Berpartisipasi Kembangkan Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0

Teman Juara akan menumbuhkan semangat juara di berbagai bidang. Misalnya ketika ada yang tidak pahaman tentang bagaimana mempromosikan potensi sebuah daerah dari berbagai aspek sosial ekonomi,…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Bidik 10 Ribu IKM Masuk Pasar Online

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan sebanyak 10 ribu pelaku IKM dari berbagai sektor dapat masuk ke pasar online melalui program e-Smart IKM selama periode tahun 2017-2019. Mereka…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:00 WIB

Para Pemimpin Negeri Harus Berkomitmen Kuat Wujudkan Persatuan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan pasca Pemilu 2019 yang telah menguras banyak tenaga dan pikiran, harus ditindaklanjuti dengan mengisi kembali pembangunan. Tidak bisa dipungkiri,…

Direktur Jenderal IKMA Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 24 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Kemenperin Targetkan 250 Peserta Beradu Inovasi di IGDS 2019

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) kembali melakukan acara sosialisasi Indonesia Good Design Selection (IGDS) 2019. Tahun 2019 ini,…