Bea Cukai Siap Lakukan Implementasi Pertukaran Data Elektronik

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 Desember 2018 - 07:00 WIB

Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi (ist)
Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengharapkan implementasi pertukaran data elektronik melalui internet bisa berlaku secara penuh sebelum 1 Januari 2019 di seluruh kantor pelayanan.

"Kami harapkan sebelum libur panjang tanggal 25 (Desember), layanan PDE internet bisa 100 persen," kata Heru dalam jumpa awak mediadi Jakarta, Senin (17/12/2018)

Heru menyatakan otomasi sistem pelayanan merupakan hal yang tidak bisa ditunda, apalagi pelaksanaan revolusi industri 4.0 akan mengedepankan otomasi sistem dalam berbagai kegiatan, termasuk bidang kepabeanan dan cukai.

Untuk itu, layanan pertukaran data elektronik melalui internet ini harus diupayakan di berbagai kantor pelayanan bea dan cukai karena dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas bagi pengguna jasa ekspor dan impor di seluruh Indonesia.

"Intinya pelayanan ini akan lebih mudah dan lebih murah dari segi biaya," kata Heru. Penerapan pertukaran data elektronik melalui internet atau lazim disebut PDE Internet akan diterapkan secara penuh kepada 13 kantor pelayanan serta lima kantor pelayanan pendukung pada 2019 dan kegiatan sosialisasi sudah dilakukan kepada pemangku kepentingan terkait sejak Agustus 2018.

Pengembangan sistem PDE internet sudah dilaksanakan sejak 2016, meski secara terbatas hanya dirasakan di 70 kantor pengawasan dan pelayanan untuk memproses dokumen Pemberitahuan Impor Barang (PIB) dan Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB).

Dengan pembaruan sistem ini, maka diharapkan terjadi peningkatan pelayanan ekspor dan impor, tercipta perlakuan setara kepada pengguna aplikasi ekpsor, impor serta manifes, serta cakupan sistem yang lebih luas sehingga waktu dan tempat tidak terbatas untuk pengiriman data.

Otoritas kepabeanan dan cukai mengharapkan pengguna jasa dapat menyediakan layanan internet dengan bandwidth yang memadai untuk mendukung kelancaran pertukaran data serta mencegah komputer terjangkit virus agar tidak terjadi perlambatan proses.

Sebelumnya, selama tidak ada fasilitas PDE Internet pada kantor pelayanan, maka pengajuan dokumen kepabeanan harus dilakukan dengan mendatangi kantor pelayanan di tiap daerah yang berarti merugikan dari sisi waktu dan biaya.

Pengguna jasa yang berada di wilayah timur Indonesia dapat terbantu dengan layanan digital ini karena tidak perlu lagi membutuhkan waktu lama untuk menjangkau kantor kepabeanan dan cukai, hanya sekedar untuk menyerahkan dokumen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…