BMKG Ingatkan Waspada Gelombang Tinggi Dampak Silikon Kenanga

Oleh : Herry Barus | Minggu, 16 Desember 2018 - 11:26 WIB

Ilustrasi gelombang tinggi (Foto Ist)
Ilustrasi gelombang tinggi (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat waspada terhadap gelombang tinggi sebagai dampak siklon tropis Kenanga di wilayah Samudra Hindia barat daya Bengkulu.

Informasi dari Humas BMKG yang diterima di Jakarta, Minggu (16/12/2018) siklon tropis Kenanga yang terpantau tumbuh pada Sabtu (15/12) bergerak menjauhi wilayah Indonesia dengan kecepatan 7 tujuh knots (13 km/jam) dengan tekanan terendah 990 mb dan kekuatan 50 knots (95 km/jam).

Siklon tropis Kenanga berdampak terhadap peningkatan tinggi gelombang laut mencapai 2,5 meter hingga empat meter di sejumlah wilayah.

Sejumlah wilayah itu, seperti perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano, Samudra Hindia barat Mentawai hingga selatan Banten, Laut Natuna Utara.

Gelombang laut dengan ketinggian 4-6 meter diperkirakan terjadi di perairan barat Kepulauan Mentawai, Perairan Enggano, Samudra Hindia barat Mentawai hingga selatan Banten, Laut Natuna Utara.

BMKG seperti diberitakan Antara memantau pertumbuhan siklon tropis Kenanga pada Sabtu (15/12) pukul 19.00 WIB di wilayah Samudra Hindia barat daya Bengkulu 8,7 Lintang Selatan, 92,0 Bujur Timur atau sekitar 1.240 km sebelah barat daya Kerinci.

Siklon bergerak ke timur tenggara dan kecepatan enam knots (11 km/jam) dan kekuatannya 35 knots (65 km/jam).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…