Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi. 

"Kementerian ingin agar ini lebih dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil nasional, atau industri kecil menengah (IKM)," ujar Airlangga dalam pembukaan Semarak Festival IKM di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Airlangga optimistis hal itu bisa terwujud, apalagi Indonesia memiliki bonus demografi di mana rasio populasi angkatan kerja meningkat dibandingkan non-angkatan kerja. "Kita butuh sekitar 17 juta pekerja yang bergerak di sektor industri manufaktur dan jasa untuk mendorong sektor digital. Kalau bonus demografi bisa dimanfaatkan dengan baik, bisa kasih tambahan kontribusi 1-2 persen untuk pertumbuhan ekonomi," tambah dia.

Dijelaskan Airlangga, industri digital seperti startup memiliki peran penting dalam membawa Indonesia lebih cepat menuju revolusi industri 4.0. Selain itu, industri digital juga dapat dimanfaatkan pelaku ekonomi kecil menengah dan pemangku kepentingan untuk dapat belajar mengenai materi-materi seputar pengembangan produk dengan lebih mudah.

"Startup yang sudah ada diharapkan dapat memberi solusi bagi industri dan masyarakat dalam mengadopsi teknologi menjadi lebih efisien dalam hal biaya, energi, dan waktu," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…

Neta S Pane, IPW (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:56 WIB

Lima Alasan IPW Desak Polri Segera Menahan Komjen Purn Sofyan Jacob

Ind Police Watch (IPW) mendesak Polri segera menahan Sofyan Jacob. Jika Sofyan tidak hadir, Polri harus melakukan upaya jemput paksa dan segera menjebloskannya ke tahanan.

Harry Hikmat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:45 WIB

Korban Bencana Alam Yang Jatuh Miskin Berpeluang Dapat PKH

Korban bencana alam yang jatuh miskin berpeluang menjadi penerima program keluarga harapan (PKH) baru . Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat menjelaskan korban bencana…

Shabrina Evaswantry Binti Novizar Swantry ( Nana) (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:36 WIB

Surat-Surat Wasiat Mendiang Nana ( Obituari Penderita Kanker)

“ For Everyone. PS : Sayang, tolong dibacakan setelah kuburku ditutup. Bacakan dengan ikhlas dan penuh syukur. Dont be sad,” itu tulisan pengantar dari surat “wasiat” almarhumah Shabrina…

Festival cabai

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:19 WIB

Menduniakan Cabai Melalui Festival Cabai

Tangerang - Pada perayaan acara Pehcun atau lomba perahu naga di Tangerang 15-16 Juni ini Kementerian Pertanian yang bekerja sama dengan Museum Tanah dan Pertanian Bogor dan Museum Benteng Heritage…