Apindo Harapkan Pemerintah Kelola Industri 4.0 dengan Baik

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Desember 2018 - 15:14 WIB

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani (ist)
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- CEO Forum mengusulkan kepada pemerintah harus mengelola Industri 4.0 dan mengantisipasinya dengan baik karena hal itu tidak bisa dihindarkan.

"Pertama, kita ingin menyamakan persepsinya dulu bahwa Industri 4.0 adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan," ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Hariyadi B. Sukamdani di Jakarta, Senin (10/12/2018)  terkait dengan Industri 4.0.

CEO Forum tersebut juga mengusulkan dalam rangka meningkatkan daya saing mau tidak mau efisiensi menjadi tujuan utama.

Menurutnya, efisiensi itu dapat terlaksana dan terdukung dengan baik kalau para pelaku usaha dan industri bisa melakukan Industri 4.0.

"Ketiga, kita berharap kita bisa mendirikan semacam Digital Capability Center di Indonesia," kata Hariyadi.

Dia menjelaskan bahwa Digital Capability Center berperan penting dalam membantu proses transformasi menuju Industri 4.0 secara lebih sistematis.

Lebih dari 100 pimpinan perusahaan menghadiri acara CEO dengan tajuk "CEO Forum: Embracing Industry 4.0" yang digelar McKinsey & Company berkolaborasi dengan APINDO.

Dalam kegiatan tersebut, Hariyadi B Sukamdani menegaskan pentingnya pemimpin-pemimpin industri untuk bersatu guna bertukar pikiran dan saling berbagi praktik terbaik terkait penerapan Industri 4.0.

"Industri 4.0 akan memerlukan perusahaan-perusahaan untuk bertransformasi guna mencapai tujuan-tujuan bisnis, termasuk efisiensi biaya operasional dan peningkatan volume produksi," katanya kepada awak media.

Menurut dia, transformasi ini tidak hanya membutuhkan teknologi yang tepat, tetapi juga kemitraan bipartit dan tripartit yang berfokus pada pertukaran pengetahuan tentang bentuk-bentuk baru untuk hubungan Industri.

"Jika berhasil menerapkan Industri 4.0, sektor manufaktur akan mampu terus memainkan perannya sebagai sektor penting yang mendukung ekonomi nasional," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Para Pengurus Himpunan Pengusaha Online Internasional (HIPO) merayakan milad 1 di Ball Room JIexpo Kemayoran Jakarta.

Selasa, 21 Januari 2020 - 08:40 WIB

Himpunan Pengusaha Online Internasional Targetkan 1 Juta Anggota Di 2020

Himpunan Pengusaha Online Internasional (HIPO) mentargetkan jumlah anggota akan mencapai 1 juta orang hingga akhir tahun 2020 dari jumlah 200 ribu saat ini. Hal ini terungkap dalam Rakernas…

Dermaga IPCC (Foto Istimewa)

Selasa, 21 Januari 2020 - 07:57 WIB

Sepanjang 2019, IPCC Catatkan Pertumbuhan Dobel Digit

Di tengah masih menderunya kondisi perang dagang antara Amerika Serikat dan China hingga maraknya persepsi banyak kalangan pelaku usaha dan bisnis bahwa akan adanya resesi global yang dapat…

Jakarta-Program Jalan-Jalan SiCepat (JJS) merupakan program kerjasama dengan e-commerce Shopee yang diikuti oleh seluruh seller Shopee yang telah memilih layanan SiCepat Ekspres.

Selasa, 21 Januari 2020 - 07:05 WIB

Pengumuman Pemenang Program Jalan-Jalan Sicepat

Jakarta-Program Jalan-Jalan SiCepat (JJS) merupakan program kerjasama dengan e-commerce Shopee yang diikuti oleh seluruh seller Shopee yang telah memilih layanan SiCepat Ekspres.

Presiden Jokowi

Selasa, 21 Januari 2020 - 07:00 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Labuan Bajo Sebagai Destinasi Wisata Premium

Presiden RI Joko Widodo meresmikan proyek Kawasan Marina Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Senin (20/1/2020)

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari (Tengah)

Selasa, 21 Januari 2020 - 05:00 WIB

Ketum PWI Pusat Terima Kunjungan Bikers dan Komunitas Pendaki Gunung

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menerima kunjungan bikers dan pendaki gunung Indonesia Wariani Krishnayanni atau akrab disapa Yanni di Sekretariat PWI Pusat, Senin, (20/1/2020).