Apindo Harapkan Pemerintah Kelola Industri 4.0 dengan Baik

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Desember 2018 - 15:14 WIB

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani (ist)
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- CEO Forum mengusulkan kepada pemerintah harus mengelola Industri 4.0 dan mengantisipasinya dengan baik karena hal itu tidak bisa dihindarkan.

"Pertama, kita ingin menyamakan persepsinya dulu bahwa Industri 4.0 adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan," ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Hariyadi B. Sukamdani di Jakarta, Senin (10/12/2018)  terkait dengan Industri 4.0.

CEO Forum tersebut juga mengusulkan dalam rangka meningkatkan daya saing mau tidak mau efisiensi menjadi tujuan utama.

Menurutnya, efisiensi itu dapat terlaksana dan terdukung dengan baik kalau para pelaku usaha dan industri bisa melakukan Industri 4.0.

"Ketiga, kita berharap kita bisa mendirikan semacam Digital Capability Center di Indonesia," kata Hariyadi.

Dia menjelaskan bahwa Digital Capability Center berperan penting dalam membantu proses transformasi menuju Industri 4.0 secara lebih sistematis.

Lebih dari 100 pimpinan perusahaan menghadiri acara CEO dengan tajuk "CEO Forum: Embracing Industry 4.0" yang digelar McKinsey & Company berkolaborasi dengan APINDO.

Dalam kegiatan tersebut, Hariyadi B Sukamdani menegaskan pentingnya pemimpin-pemimpin industri untuk bersatu guna bertukar pikiran dan saling berbagi praktik terbaik terkait penerapan Industri 4.0.

"Industri 4.0 akan memerlukan perusahaan-perusahaan untuk bertransformasi guna mencapai tujuan-tujuan bisnis, termasuk efisiensi biaya operasional dan peningkatan volume produksi," katanya kepada awak media.

Menurut dia, transformasi ini tidak hanya membutuhkan teknologi yang tepat, tetapi juga kemitraan bipartit dan tripartit yang berfokus pada pertukaran pengetahuan tentang bentuk-bentuk baru untuk hubungan Industri.

"Jika berhasil menerapkan Industri 4.0, sektor manufaktur akan mampu terus memainkan perannya sebagai sektor penting yang mendukung ekonomi nasional," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Awal Pekan IHSH Bergerak Terkoreksi

Jakarta - Secara teknikal pergerakan IHSG mengkonfirmasi pola dark cloud cover dengan terkoreksi menguji MA50 kembali yang berad dikisaran 6300. Indikator Stochastic memiliki pola dead-cross…

 founder BeauCell Indah Ludiana Ester Meiliana dan Imelda Willy bersama Para selebritis saat pembukaan Beaucell

Senin, 16 September 2019 - 08:02 WIB

Klinik Kecantikan BeauCell Selaraskan Dengan Teknologi Industri 4.0

Pesatnya kemajuan teknologi di industri 4.0 juga berdampak pada industri kecantikan. Seiring perubahan zaman masyarakat urban mengidamkan kehadiran klinik kecantikan terpadu yang menawarkan…

Fajar Hutomo, Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Senin, 16 September 2019 - 07:42 WIB

Bekraf Sambut Kehadiran Blockchain Bisa Atasi Sejumlah Persoalan Hak Intelektual

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menyambut antusias keberadaaan tekhnologi blockhain di tanah air karena sangat membantu mengatasi sejumlah persoalan Hak Inelektual yang terjadi selama ini. Sejumlah…