Ekonomi Syariah dan UMKM Dapat Dukungan BI Banten

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Desember 2018 - 15:02 WIB

Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)
Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)

INDUSTRY.co.id - Serang - Bank Indonesia Perwakilan Banten terus mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah untuk dapat menjadi sumber pertumbuhan baru ekonomi Indonesia.

"Selain itu program pemberdayaan usaha pesantren dan pengembangan ekosistem halal 'value chain', khususnya makanan, fesyen dan pariwisata akan terus diperluas," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Rahmat Hernowo di Serang, Senin (10/12/2018)

Berbicara dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia 2018 yang dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Banten, pimpinan lembaga negara yang tergabung dalam Forkompinda serta bupati/wali kota se Provinsi Banten, Hernawan mengatakan di Banten saat ini terdapat empat pesantren yang mengikuti program pemberdayaan usaha pesantren bersama Bank Indonesia.

"Saat ini pemberdayaan yang dilakukan oleh BI baru mencakup proses bisnis dan pemasaran, sementara faktor produksi lainnya diutamakan dimiliki oleh pesantren," katanya seraya menambahkan peningkatan level ekonomi dan kemandirian pesantren menjadi fokus tujuan utama dalam pelaksanaan program tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa program pengembangan klaster UMKM akan diperluas. Klaster UMKM komoditas pangan strategis di berbagai daerah seperti beras, cabai merah, bawang merah dan putih serta sapi berperan penting dalam pengendalian inflasi.

"Klaster UMKM di bidang kerajinan sesuai keunikan budaya daerah diarahkan untuk pasar ekspor dan menunjang pariwisata. Klaster UMKM binaan kami terus diikusertakan dalam berbagai pameran bertaraf nasional dan internasional," kata Hernawan.

Di wilayah Banten saat ini terdapat delapan UMKM binaan Bank Indonesai yang terdiri dari empat UMKM komoditas pangan strategis (cabai merah, bawang merah, dan padi) dan empat klaster kerajinan keunikan budaya daerah.

Kedepan, kata Hernowo, jumlah UMKM binaan akan terus ditingkatkan dalam rangka mendorong ketersediaan stok bahan pangan strategis serta peningkatan jumlah klaster kerjainan berorientasi ekspor di wilayah Provinsi Banten.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban yang hadir pada pertemuan tersebut, seperti dilansir Antara menanggapi apa yang telah dipaparkan oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Banten tentang pertumbuhan ekonomi Banten sangat baik.

Tanto sangat bersyukur di tengah ketidakpastian pertumbuhan ekonomi dunia, pertumbuhan ekonomi Banten masih terjaga.

"Kami berharap sinergitas antara Bank Indonesia dengan pemerintah daerah terus dilakukan dalam mengawal dan memmperkuat struktural perekonomian, menuju Kabupaten Pandeglang yang maju, sejahtera, mandiri dan berdaya saing," kata Tanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Festival Ramadhan Sinar Mas Land

Kamis, 23 Mei 2019 - 18:41 WIB

Sinar Mas Land Gelar Festival Ramadhan di BSD City

Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk., menggelar acara Festival Ramadan 2019 di MTsN 5 Tangerang Cijantra, Pagedangan, Tangerang, Banten. Festival Ramadhan tahun ini merupakan pelaksanaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…

Penampakan Booth Suzuki di PRJ

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:45 WIB

Usung Tema 100% Buat Indonesia, Suzuki Turut Ramaikan Jakarta Fair 2019

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-492, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merk Suzuki di Indonesia turut berpartisipasi pada acara tahunan Jakarta Fair Kemayoran…

Samsung Smart Learning Class

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:19 WIB

Samsung dan IGI Makassar Perluas Manfaat Samsung Smart Learning Class Menjadi Paperless School

PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan.…