Ekonomi Syariah dan UMKM Dapat Dukungan BI Banten

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Desember 2018 - 15:02 WIB

Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)
Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)

INDUSTRY.co.id - Serang - Bank Indonesia Perwakilan Banten terus mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah untuk dapat menjadi sumber pertumbuhan baru ekonomi Indonesia.

"Selain itu program pemberdayaan usaha pesantren dan pengembangan ekosistem halal 'value chain', khususnya makanan, fesyen dan pariwisata akan terus diperluas," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Rahmat Hernowo di Serang, Senin (10/12/2018)

Berbicara dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia 2018 yang dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Banten, pimpinan lembaga negara yang tergabung dalam Forkompinda serta bupati/wali kota se Provinsi Banten, Hernawan mengatakan di Banten saat ini terdapat empat pesantren yang mengikuti program pemberdayaan usaha pesantren bersama Bank Indonesia.

"Saat ini pemberdayaan yang dilakukan oleh BI baru mencakup proses bisnis dan pemasaran, sementara faktor produksi lainnya diutamakan dimiliki oleh pesantren," katanya seraya menambahkan peningkatan level ekonomi dan kemandirian pesantren menjadi fokus tujuan utama dalam pelaksanaan program tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa program pengembangan klaster UMKM akan diperluas. Klaster UMKM komoditas pangan strategis di berbagai daerah seperti beras, cabai merah, bawang merah dan putih serta sapi berperan penting dalam pengendalian inflasi.

"Klaster UMKM di bidang kerajinan sesuai keunikan budaya daerah diarahkan untuk pasar ekspor dan menunjang pariwisata. Klaster UMKM binaan kami terus diikusertakan dalam berbagai pameran bertaraf nasional dan internasional," kata Hernawan.

Di wilayah Banten saat ini terdapat delapan UMKM binaan Bank Indonesai yang terdiri dari empat UMKM komoditas pangan strategis (cabai merah, bawang merah, dan padi) dan empat klaster kerajinan keunikan budaya daerah.

Kedepan, kata Hernowo, jumlah UMKM binaan akan terus ditingkatkan dalam rangka mendorong ketersediaan stok bahan pangan strategis serta peningkatan jumlah klaster kerjainan berorientasi ekspor di wilayah Provinsi Banten.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban yang hadir pada pertemuan tersebut, seperti dilansir Antara menanggapi apa yang telah dipaparkan oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Banten tentang pertumbuhan ekonomi Banten sangat baik.

Tanto sangat bersyukur di tengah ketidakpastian pertumbuhan ekonomi dunia, pertumbuhan ekonomi Banten masih terjaga.

"Kami berharap sinergitas antara Bank Indonesia dengan pemerintah daerah terus dilakukan dalam mengawal dan memmperkuat struktural perekonomian, menuju Kabupaten Pandeglang yang maju, sejahtera, mandiri dan berdaya saing," kata Tanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gerbang Tol

Senin, 27 Mei 2019 - 15:00 WIB

Tarif Tol Jakarta-Merak Diskon 15 Persen saat Libur Lebaran

Pengelola jalan tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandalasakti akan memberi potongan (diskon) tarif sebesar 15 persen yang akan diberlakukan 27 - 29 Mei sebelum puncak arus mudik dan 10-12 Juni…

Apacer AC633 USB 3.1

Senin, 27 Mei 2019 - 14:01 WIB

Pamerkan Portofolionya, Apacer Resmikan Program Terbaru di Computex Taipei 2019

Apacer, produsen storage kelas industri terkemuka di dunia hadir di COMPUTEX TAIPEI 2019 dan meresmikan program terbarunya “Welcoming Intelligent Connectivity” (Menyambut Konektivitas…

Penyanyi Pendatang Baru Gabriella Larasati membawakan Ost Dont Run Away

Senin, 27 Mei 2019 - 14:00 WIB

Gabriella Larasati Jadi Debutan Super Media Music

PT Super Media Produksi, sebuah rumah produksi Film yang didirikan pada mei 2018, oleh Unchu Viejay dan Adi Garing, yang dikenal, dengan karya perdana film horror berjudul don’t run away.…

Kolaborasi Alodokter dan Century

Senin, 27 Mei 2019 - 13:42 WIB

Alodokter Gandeng Century Ciptakan Sinergi Layanan Kesehatan

Kolaborasi ini memiliki visi untuk menciptakan sinergi layanan kesehatan terbaik yang memberikan banyak keuntungan bagi keluarga muda modern Indonesia.

Gelaran Unlock Your Creativity

Senin, 27 Mei 2019 - 12:19 WIB

Segera Meluncur di Indonesia, OPPO Ajak Konsumen Cicipi Smartphone Teranyar Reno Series

OPPO menggelar acara “Unlock Your Creativity” untuk memberikan kesempatan awal kepada konsumen dalam mencoba produk terbaru OPPO Reno Series, sebelum resmi diluncurkan di Indonesia.