Ekonomi Syariah dan UMKM Dapat Dukungan BI Banten

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Desember 2018 - 15:02 WIB

Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)
Ilustrasi Syariah (Foto:Suaranews)

INDUSTRY.co.id - Serang - Bank Indonesia Perwakilan Banten terus mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah untuk dapat menjadi sumber pertumbuhan baru ekonomi Indonesia.

"Selain itu program pemberdayaan usaha pesantren dan pengembangan ekosistem halal 'value chain', khususnya makanan, fesyen dan pariwisata akan terus diperluas," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Rahmat Hernowo di Serang, Senin (10/12/2018)

Berbicara dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia 2018 yang dihadiri pimpinan dan anggota DPRD Banten, pimpinan lembaga negara yang tergabung dalam Forkompinda serta bupati/wali kota se Provinsi Banten, Hernawan mengatakan di Banten saat ini terdapat empat pesantren yang mengikuti program pemberdayaan usaha pesantren bersama Bank Indonesia.

"Saat ini pemberdayaan yang dilakukan oleh BI baru mencakup proses bisnis dan pemasaran, sementara faktor produksi lainnya diutamakan dimiliki oleh pesantren," katanya seraya menambahkan peningkatan level ekonomi dan kemandirian pesantren menjadi fokus tujuan utama dalam pelaksanaan program tersebut.

Ia juga mengatakan bahwa program pengembangan klaster UMKM akan diperluas. Klaster UMKM komoditas pangan strategis di berbagai daerah seperti beras, cabai merah, bawang merah dan putih serta sapi berperan penting dalam pengendalian inflasi.

"Klaster UMKM di bidang kerajinan sesuai keunikan budaya daerah diarahkan untuk pasar ekspor dan menunjang pariwisata. Klaster UMKM binaan kami terus diikusertakan dalam berbagai pameran bertaraf nasional dan internasional," kata Hernawan.

Di wilayah Banten saat ini terdapat delapan UMKM binaan Bank Indonesai yang terdiri dari empat UMKM komoditas pangan strategis (cabai merah, bawang merah, dan padi) dan empat klaster kerajinan keunikan budaya daerah.

Kedepan, kata Hernowo, jumlah UMKM binaan akan terus ditingkatkan dalam rangka mendorong ketersediaan stok bahan pangan strategis serta peningkatan jumlah klaster kerjainan berorientasi ekspor di wilayah Provinsi Banten.

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban yang hadir pada pertemuan tersebut, seperti dilansir Antara menanggapi apa yang telah dipaparkan oleh Kepala Bank Indonesia Perwakilan Banten tentang pertumbuhan ekonomi Banten sangat baik.

Tanto sangat bersyukur di tengah ketidakpastian pertumbuhan ekonomi dunia, pertumbuhan ekonomi Banten masih terjaga.

"Kami berharap sinergitas antara Bank Indonesia dengan pemerintah daerah terus dilakukan dalam mengawal dan memmperkuat struktural perekonomian, menuju Kabupaten Pandeglang yang maju, sejahtera, mandiri dan berdaya saing," kata Tanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Intiland Mulai Pembangunan Apartemen South Quarter Residence

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:35 WIB

Intiland Mulai Pembangunan Apartemen South Quarter Residence

Pengembang properti PT Intiland Development Tbk (Intiland) memulai pembangunan konstruksi apartemen South Quarter Residence (SQ Res). Tahapan pembangunan ini ditandai dengan pelaksanaan groundbreaking…

Jababeka Eco Park

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:30 WIB

Jababeka Eco Park, Pusat Olahraga dan Komunitas Kota Jababeka

Kota Jababeka yang telah berdiri sejak tahun 1989 tidak hanya sebagai pusat bisnis yang sangat menjanjikan, namun kota mandiri yang memiliki luas 5600 hektar ini telah menjadi destinasi hunian…

Konferensi pers penyelenggaraan Jakarta Coffee Week 2019 di Jakarta, Rabu (21/8).(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:13 WIB

Jakarta Coffee Week 2019 Target 25.000 Pengunjung

Setiap pelaku industri kopi maupun penikmatnya diajak untuk semakin sadar akan ramah lingkungan.

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Kamis, 22 Agustus 2019 - 14:00 WIB

Film 'Naga Bonar Reborn' Siap Tayang Bulan Oktober 2019

Setelah 32 tahun berlalu, kisah Jenderal Naga Bonar kembali hadir ke tengah penonton Indonesia dengan cerita yang lebih lucu, segar dan para pemain terbaru. Kali ini di bawah judul Naga Bonar…

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Kamis, 22 Agustus 2019 - 13:46 WIB

ICSECC 2019: Panggilan Akademisi untuk Menyelamatkan Bumi

Para akademisi setuju untuk mengimplemetasikan penemuan baru untuk mempertahankan lingkungan yang sehat, menyelamatkan bumi dan menggunakan sumber daya alam dengan bijak. Masalah ini diangkat…